Belajar Dan Mendengarkan Materi Melalui Presentasi
Hari Senin kemarin kelas IX-D mengadakan presentasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, kelompok presentasi tersebut terdiri atas 6 kelompok; termasuk kelompok saya yaitu kelompok 3. Pada penampilan kelompok 1 kemarin saya merasa tidak terlalu puas dengan hasil presentasi kelompok tersebut, di karena kan kebanyakan dari para anggota kelompok tersebut lebih memilih membaca daripada menghafal atau memahami materi tersebut. Saya juga merasa tidak terlalu paham dengan apa yang di sampaikan oleh kelompok tersebut, lantaran suara dari anggota kelompok tersebut sangat lah pelan seperti angin yang menghempas secara lembut dan halus. Setelah kelompok 1 selesai presentasi, mereka memberikan sedikit soal agar para audiens mengerti dengan apa yang di sampaikan oleh kelompok tersebut.
Selanjutnya presentasi di susul oleh kelompok 2, menurut saya kelompok 2 ini agak terlihat lebih buruk saat presentasi kemarin, karena anggota kelompok mereka sama sekali tidak memahami isi materi yang mereka buat, kebanyakan dari anggota kelompok acuh tak acuh dengan apa yang mereka sampaikan di depan. Padahal materi kelompok ini sudah tertulis di buku paket Bahasa Indonesia; jadi mereka tinggal memahami isi - isi dari materi tersebut.
Tapi saya merasa bangga karena anggota kelompok mereka sudah tampil dengan maksimal. Sama seperti kelompok 1, setelah selesai presentasi mereka memberikan sedikit soal untuk menguji kemampuan fokus kita terhadap apa yang mereka sampaikan di depan.
Setelah kelompok 2 selesai, kelompok 3 dan 4 di lanjutkan di hari selasa pada pembelajaran jam ke 2. Hari yang saya dan anggota kelompok saya tunggu - tunggu pun akhirnya tiba, kelompok kami yaitu kelompok 3 akhirnya maju untuk mempresentasikan hasil diskusi kami di depan para audiens, saya merasa agak sedikit gugup lantaran saya takut para audiens tidak mau mendengarkan materi yang saya sampaikan di depan; karena mereka sibuk bermain dan mengobrol dengan satu sama lain.
Setelah sedikit kondusif akhirnya kelompok saya menampilkan materi yang sudah di buat di depan mereka semua, mereka mendengarkan dan fokus terhadap apa yang kami sampaikan di depan. Setelah kurang lebih 12 menit kelompok kami tampil, kelompok kami memberikan 5 soal essai kepada para audiens untuk di kerjakan secara individu.
Ternyata presentasi bersama teman-teman sangat lah menyenangkan karena bisa mendengarkan dan belajar bersama-sama melalui hasil diskusi kami. Menurut saya ini adalah salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif karena bisa mengajak teman yang malas menjadi ikut serta dalam pembelajaran tersebut.
Senin, 1 September 2025
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar