BAB 2
SOAL HOTS BAB 2
1. Cerpen
Paragraf Literasi:
Setiap sore, Rara duduk di beranda rumah sambil membaca cerpen favoritnya. Baginya, cerpen mampu menghadirkan dunia baru hanya dalam beberapa halaman. Ia suka bagaimana cerpen memusatkan cerita pada satu peristiwa sehingga mudah dipahami namun tetap meninggalkan kesan mendalam.
Soal:
Ciri utama cerpen berdasarkan paragraf di atas adalah….
A. Tokohnya sangat banyak
B. Ceritanya berfokus pada satu peristiwa
C. Menggunakan alur yang sangat panjang
D. Terdiri atas beberapa bab
2. Tempat Berdiri TBM
Paragraf Literasi:
Sebuah kelompok pemuda di desa memutuskan mendirikan TBM di balai warga. Mereka ingin menyediakan ruang belajar yang mudah diakses semua orang. TBM itu akhirnya menjadi pusat kegiatan literasi, mulai dari membaca hingga diskusi mingguan.
Soal:
Tempat yang dipilih pemuda tersebut untuk mendirikan TBM adalah….
A. Rumah ketua RT
B. Balai warga
C. Perpustakaan sekolah
D. Warung kopi
3. Langkah-Langkah Teks Prosedur
Paragraf Literasi:
Saat mengikuti lomba memasak, peserta diminta menuliskan langkah-langkah pembuatan makanan dalam bentuk teks prosedur. Juri menilai ketepatan urutan karena langkah yang tidak teratur dapat menyebabkan pembaca gagal mengikuti instruksi.
Soal:
Ciri utama langkah dalam teks prosedur adalah….
A. Ditulis secara acak
B. Ditulis berdasarkan urutan kronologis
C. Harus menggunakan bahasa figuratif
D. Berisi dialog antar tokoh
4. Alat dalam Prosedur Wawancara
Paragraf Literasi:
Sebelum melakukan wawancara dengan tokoh masyarakat, Dina menyiapkan perekam suara, buku catatan, dan daftar pertanyaan. Alat-alat itu membantunya memastikan tidak ada informasi penting yang terlewat.
Soal:
Alat yang bukan termasuk perlengkapan wawancara adalah….
A. Perekam suara
B. Buku catatan
C. Daftar pertanyaan
D. Penghapus papan tulis
5. Tujuan Teks Prosedur
Paragraf Literasi:
Ketika sekolah mengadakan lomba membuat kerajinan, panitia memberikan teks prosedur agar semua peserta dapat mengikuti proses dengan benar. Teks itu dibuat untuk memastikan hasil akhir tidak menyimpang dari aturan dan mudah dilakukan siapa pun.
Soal:
Tujuan utama teks prosedur adalah….
A. Memberikan hiburan
B. Menyampaikan pendapat
C. Menjelaskan langkah melakukan sesuatu
D. Menceritakan pengalaman pribadi
6. Ciri-Ciri Teks Prosedur
Paragraf Literasi:
Dalam pelajaran bahasa Indonesia, guru meminta siswa menganalisis teks prosedur membuat teh. Siswa menemukan penggunaan kata kerja perintah seperti “tuang”, “aduk”, dan “seduh” yang menjadi penanda khas teks tersebut.
Soal:
Ciri kebahasaan yang muncul dalam teks prosedur adalah penggunaan….
A. Kata sifat
B. Kata kerja perintah
C. Kata penghubung waktu lampau
D. Majas hiperbola
7. Jenis-Jenis Teks Prosedur
Paragraf Literasi:
Di perpustakaan, Edo menemukan tiga macam teks prosedur: cara membuat sesuatu, cara menggunakan alat, dan cara melakukan kegiatan tertentu. Ketiganya memiliki struktur yang mirip, tetapi kontennya berbeda.
Soal:
Berikut ini merupakan jenis teks prosedur, kecuali….
A. Prosedur membuat
B. Prosedur melakukan
C. Prosedur menggunakan
D. Prosedur menganalisis novel
8. Infografik
Paragraf Literasi:
Saat presentasi, Lila menggunakan infografik untuk memudahkan teman-temannya memahami data angka. Gambar dan teks ringkas dalam infografik membuat informasi yang rumit menjadi lebih sederhana.
Soal:
Kelebihan infografik adalah….
A. Menyajikan informasi dalam paragraf panjang
B. Menyederhanakan data melalui visual
C. Menghilangkan semua unsur teks
D. Hanya berisi tabel
9. Kekhasan Bahasa Teks Prosedur
Paragraf Literasi:
Pada buku resep, Dodi melihat penggunaan kalimat yang bersifat langsung dan jelas. Tidak ada kalimat bertele-tele karena setiap instruksi harus mudah dipahami pembaca.
Soal:
Kekhasan bahasa teks prosedur adalah….
A. Kalimatnya bersifat ambigu
B. Bahasanya tidak baku
C. Instruksinya lugas dan jelas
D. Mengutamakan majas puitis
10. TBM (Taman Bacaan Masyarakat)
Paragraf Literasi:
Di ujung desa, sebuah TBM menyediakan buku-buku gratis untuk anak-anak. Selain membaca, warga sering mengikuti kelas menulis dan diskusi rutin yang membuat suasana desa menjadi lebih aktif secara literasi.
Soal:
Fungsi utama TBM adalah….
A. Tempat bermain anak
B. Pusat kegiatan literasi warga
C. Tempat rapat pemerintah
D. Tempat berjualan makanan
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan

Komentar