Keyla Zhafirah

Navigasi Web

Kesimpulan Diskusi dari kelompok 5&6

Kelompok 5 ( Etika berbicara)

 

Bhs. Yunani : ETHOS (kebiasaan)

 

Artinya Etika berbicara -> cara pandang manusia tentang tingkah laku baik dan buruk dari berbagai cara pandang kemudian dijadiakan sebagai tolak ukur suatu tindakan dengan pendekatan secara rasional dan filosofis.

 

Etika berbicara diantaranya yaitu :

- berbicara harus menatap lawan bicara,

- suara harus terdengar jelas, gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar, 

- dan jangan menggunakan nada yang tinggi.

 

15 perilaku yang dinilai sopan dalam berbicara. Perilaku tersebut ialah:

adanya kesabaran, tidak menunjukkan rasa jemu, tidak berbicara terus menerus, tidak membicarakan diri sendiri, tidak menceritakan keburukan orang lain, tidak baik mengolok-olok orang lain dalam pembicaraan, tidak berbicara untuk satu orang saja, tidak bersenda gurau pada teman karib di depan umum, tidak menggunakan bahasa daerah atau bahasa asing, tidak berbicara tentang kecabulan, mengambil topik pembicaraan yang disukai oleh sebagian besar peserta percakapan, tidak menyebutkan budi baik kita, tidak bergaya sok tau, tidak membicarakan paham politik atau agama didepan pembicaraan yang pesertanya berbeda paham dan agama, tidak bersikeras dengan pendapat sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post