Zahra Aulia Humaidah

Saya Zahra Aulia Humaidah Saya adalah siswi MTsN 2 Jember yang dikenal sebagai madrasah model literasi Di sinilah saya mengalirkan ide dan karya untuk meraih ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KEBAIKAN MEMBACA AL-QURAN

KEBAIKAN MEMBACA AL-QURAN

Sebagai umat islam kita memiliki pedoman hidup yaitu Al-Qur’anul karim. Al-Qur’an merupakan sebuah kitab suci utama dalam agama Islam. Yang di imani oleh umat muslim bahwa kitab ini di turunkan oleh Allah SWT. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab ini memiliki 114 surah. Setiap surah terbagi ke dalam beberapa ayat. Kitab suci ini ‎merupakan wahyu dari Allah SWT. Yang di turunkan pada malam Lailatul Qadar yaitu dari ‎dua puluh dua tahun, dua bulan, dua puluh dua hari, yaitu mulai dari malam 17 ‎Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi, sampai 9 Dzulhijjah Haji Wada` tahun-tahun 63 ‎dari kelahiran Nabi atau tahun 10 Hijriah. Ini merupakan kitab utama umat islam dan ‎mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.‎

Membaca Al-Qur'an juga merupakan salah satu ibadah yang paling utama. Seperti yang di jelaskan dalam hadits berikut :

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ

Artinya: Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR. al-Baihaqi).

Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapat syafaat di hari kiamat. Adapun orang yang istiqomah membaca surah Al-Mulk setiap malam bahkan menghafalnya dia akan mendapatkan pertolongan ketika hendak di beri pertanyaan oleh malaikat Munkar dan Nakir di alam Barzah. Adapun ketika seorang anak rajin membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya maka akan di pakaikan sebuah mahkota bercahaya kepada kedua orang tuanya. Membaca Al-Qur’an beserta maknanya juga bisa menjadi obat penyembuh hati dan penyakit. Al-Qur’an juga merupakan cahaya yang menerangi kegelapan dan Ahlul Qur’an adalah keluarga Allah SWT. Serta masih banyak keutamaan membaca Al-Qur’an yang mulia ini.

‎ Ada pula besarnya pahala seorang muslim ketika membaca Al-Qur’an yang di ‎jelaskan dalam hadits berikut ini :‎

‎ ‎عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا ‏أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ‎ ‎

Artinya: Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‎‎“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu ‎kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak ‎mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm ‎satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).‎

Jika membaca satu huruf saja dari ayat Al-Qur’an tanpa wudhu’ maka akan di balas ‎dengan sepuluh kebaikan. Jika membaca dengan keadaan sudah berwudhu’ maka akan ‎di balas dengan dua puluh lima kebaikan. Ada pula ketika membaca satu huruf dalam Al-‎Qur’an saat duduk dalam salat maka akan di balas dengan lima puluh kebaikan. Adapun ketika ‎membaca satu huruf dalam Al-Qur’an saat berdiri dalam salat maka akan di balas ‎dengan ‎seratus kebaikan.

SubhanAllah, MasyaAllah. Sungguh besarnya pahala orang yang membaca Al-Qur’an. Di bulan Ramadhan ini sebaiknya kita rajin membaca Al-Qur’an dan melaksanakan tadarus. Karena pahala di lipat gandakan pada bulan mulia ini. terutama di malam-malam ganjil di mana terdapat malam Lailatul Qadar yang pahalanya di lipat gandakan sebanyak seribu bulan.

Karena itu, kita harus rajin dan istiqomah membaca Al-Qur’an walaupun terbata-bata. Karena sesungguhnya orang yang lancar membaca Al-Qur’an mendapatkan surga bersama para utusan dan malaikat dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an mendapatkan dua kebaikan. Maka dari itu istiqomahlah membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya agar mendapatkan Syafaat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala beserta rasulNya .

Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat beserta syafaat untuk hambanya,

Wallahu a'lam bishawab.

Karya : Zahra Aulia Humaidah

Tempa/Tanggal Lahir : Serang, 28 Mei 2010

Sekolah : MTsN 2 Jember

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post