VINCENTIUS SEPTIAN ALETIARNO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka Bergaya Menghasilkan Karya

Pramuka Bergaya Menghasilkan Karya

Oleh : Vincentius Septian Aletiarno

Dari : SMPN 161 Jakarta

No.Gudep : 07-069 – 07-070

SALAM PRAMUKA!!! Halo semuanya, para kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman semua, baik siaga, penggalang, penegak, maupun pandega! Kami berharap, keadaan kakak-kakak dan adik-adik semua sehat selalu dan selalu di dalam lindungan Tuhan ya, Amin! Pertama-tama, marilah kita haturkan puji dan syukur kepada Tuhan, atas kesempatan yang telah diberikan-Nya untuk kita saat ini.

Pramuka itu adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang merupakan organsisasi kepanduan nonformal untuk melatih tanggung jawab, kedisiplinan, dan keterampilan anggota. Praja Muda Karana sendiri, memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Organisasi ini diciptakan oleh seorang letnan satu umum tentara, bernama Robert Stephenson Smyth Baden Powell. Beliau sering disebut sebagai bapak pandu dunia, karena beliau lah yang membuat organisasi pramuka menjadi berkembang pesat ke seluruh wilayah di dunia.

Camping/berkemah adalah aktifitas di luar ruangan. Tujuan utama dari berkemah ini adalah untuk melatih kemandirian dan kedisiplinan karakter. Pengalaman aku saat berkemah di Rumah Kebun Astuti di Sawangan, Bogor, sudah banyak. Selama disana, kami diajarkan untuk membangun karakter menjadi seorang pemimpin yang mandiri dan juga disiplin. Motivasi dan materi tidak lupa diberikan oleh kakak – kakak pelatih yang berguna untuk meningkatkan literasi serta pengetahuan. Disana kami juga menampilkan karya kami pada saat kegiatan api unggun. Tidak hanya itu, untuk beristirahat, kami juga melakukan games. Disana, kami juga melakukan pemilihan pratama yang baru untuk jabatan 2022-2023. Syukur kepada Tuhan, saya yang terpilih menjadi pratama putra, dan saya juga diajarkan untuk menjadi seorang pratama yang tegas dan konsekuen dalam memimpin. Setelah camping, saya semakin mahir dalam penguasaan materi terutama pada materi morse. Pada akhirnya saya merasa bahwa diri saya memiliki potensi yang cukup dalam mengambil bagian dari materi morse. Untuk mengikuti ajang perlombaan pun, saya sudah siap berkarya di materi morse.

Pemimpin yang tegas adalah pemimpin yang mampu mengkoordinir anggota dan anak buahnya dengan serius dan konsisten. Kedisiplinan dan kesigapan menjadi pratama adalah hal utama dalam menanggapi berbagai panggilan. Kemandirian juga dilatih pada saat saya menjabat sebagai pratama. Pratama juga memiliki tanggung jawab yang besar, yaitu mengatur kinerja para anak buahnya supaya visi/tujuan daripada program kerja itu sendiri berjalan dan bisa tercapai. Di Rumah Kebun Astuti, saya juga diberi penjelasan oleh kakak – kakak pelatih mengenai tugas seorang pratama. Pratama juga bertugas untuk mengubah karakter para anggotanya melalui sikap kesopanan, sehingga terwujudnya attitude di dalam jiwa para anggota pramuka. Pratama juga harus bisa menjaga sikap, karena pratama adalah contoh dan panutan dalam bersikap. Organisasi yang baik dan teratur, dimulai dari arahan pemimpin dan kesigapan anak buah merespon arahan yang diberikan. Di dalam organisasi, tidak hanya pratama yang bekerja. Semua bidang saling bekerjasama dalam mewujudkan visi yang diinginkan. Lalu pratama? Pratama bertugas memantau, mengkritik, dan menilai hasil kinerja para anggota dan bidang lainnya. Pemantauan ini, akan menjadi bahan laporan pratama kepada pembina, yang menandakan bahwa semua bidang sudah saling kerjasama dan membuahkan sebuah hasil.

Di dalam organisasi pramuka, kita juga dibimbing untuk membiasakan diri dalam bertutur kata dan memiliki pola pikir dan pola sikap yang baik. Di zaman modern seperti ini, dunia tidak lepas dari pergaulan terutama pergaulan remaja. Pergaulan saat ini, ada pergaulan yang membawa manfaat dan dampak yang baik, ada juga yang tidak seperti pergaulan bebas. Maka dari itu, di dalam pramuka, kita diajarkan untuk bisa mengembangkan pola pikir dan perbuatan ke arah yang baik. Hal ini sesuai dengan Dasadharma pramuka ke-10 yang berbunyi “Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan”.

Sebagai anggota pramuka, sekarang aku mau memperkenalkan diri aku nih. Perkenalkan, namaku adalah Vincentius Septian Aletiarno. Asal sekolah adalah dari SMPN 161 Jakarta. Aku lahir di Jakarta, 26 September 2008. Alamat emailku adalah [email protected]. Nomor WA ku adalah 085780536431. Ini adalah foto biodataku ya:

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post