vina kusdiyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SDM Yang Maju, Berawal Dari Perpustakaan

SDM Yang Maju, Berawal Dari Perpustakaan

SDM Yang Maju, Berawal dari Perpustakaan

Sebagai negara maritim, idealnya Indonesia menjadi negara yang maju dan berdaya saing. Nyatanya, kualitas sumber daya manusia (SDM) belum menunjukkan hal tersebut. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat dengan menunjang pendidikan yang mapan yang memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif dan produktif. Pengembangan Sumber Daya Manusia adalah suatu proses peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas dari semua penduduk suatu masyarakat.

Dan salah satu cara negara untuk meningkatkan SDM yang maju, kreatif, berkompeten dan produktif adalah dengan membangun sarana edukatif, informatif untuk masyarakat di Indonesia. Yaitu Perpustakaan, bagi yang belum tahu apa itu perpustakaan?. Perpustakaan memiliki banyak arti, salah satunya menurut Pasal l ayat (1) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dijelaskan bahwa perpustakaan adalah suatu institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam, secara profesional dengan sistem yang baku dengan guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. Ada juga arti perpustakaan menurut saya adalah sebuah rumah buku yang menjadi ruang lingkup manusia untuk mengetahui banyak informasi, dan ilmu pendidikan yang tersebar di dunia.

Namun masih banyak orang yang mengartikan atau menganggap bahwa perpustakaan adalah sekedar tempat buku. Bahkan tidak sedikit pula yang menilai bahwa perpustakaan itu adalah gudang buku-buku tak terpakai, buku kuno dan lusuh.

Padahal kenyataannya arti perpustakaan lebih dari pada itu. Perpustakaan merupakan wadah bagi setiap individu untuk berkembang. Tempat untuk mencari informasi yang terbaru, ilmu yang bermanfaat, serta banyak lagi manfat yang kita dapat. Tanpa adanya perpustakaan pendidikan di dunia pasti akan menurun drastis dari yang diharapkan, karena bahwasanya perpustakaan merupakan jantungnya dunia. Dan karena itu Walau dengan maraknya perkembangan teknologi, perpustakaan tidak akan pernah hilang. Perpustakaan akan terus ada bagi pengunjungnya. Bahkan mereka bisa mengimbangi perkembangan teknologi dengan menjadikan teknologi sebagai wadah transaksi seorang yang haus literture tanpa harus mengunjungi perpustakaan dan Selain itu perpustakaan telah memanfaatkan teknologi informasi seperti CD-ROM, jaringan komputer, dan internet. Khusus internet dapat digunakan untuk penelusuran informasi secara online. Informasi terhubung dengan basis data atau pangkalan data dari jarak jauh sehingga data bisa diakses dari tempat lain dengan jaringan komputer.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari pembahasan di atas adalah bagaimana kita bisa berkembang dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Hanya dengan berserakan sarana yang di bangun, tidak akan berfungsi bila SDM itu sendiri tidak punya kesadaran untuk maju. Maka dari itu jadikan perpustakaan menjadi sarana untuk kita maju, manfaatkan perpustakaan semaksimal mungkin. Karena banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari tempat itu. Mungkin saat kita sudah menginjaki dunia pekerjaan kita akan sulit untuk mengunjungi perpustakaan. Jadilah generasi yang sukses melalu perpustakaan.

Namaku Vina Kusdiyanti. Aku dilahirkan di Ciamis pada hari Sabtu, 11 Maret pada tahun 2006. Aku bersekolah di SMAN 2 Banjar. Dan sekarang aku duduk di bangku kelas 11 Bahasa. Rumahku berada di dusun Cikawung, desa Cintaratu, kecamatan Lakbok, kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau di nomor wa ku 083116723345.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post