vina kusdiyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

dari membaca, saya tahu segalanya

Dari membaca, saya jadi tahu segalanya

Karya : Vina Kusdiyanti

Apa sih yang kalian tahu tentang literasi?

Literasi penting ngga sih untuk kita?

Seperti yang kita tahu literasi atau kemelekan adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung , dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dari pengertian literasi saja kita sudah tahu jawaban dari pertanyaan kita diatas. Yang pasti literasi sangatlah penting bagi kaum muda seperti kita, karena generasi seperti kita ini sangat minim pemahaman kalau tidak di barengi dengan literasi. Contohnya saat kita menemukan berita-berita hoax yang beredar dimana-mana, tanpa adanya pencarian informasi atau membaca lebih lanjut, pasti kita akan termakan informasi hoax yang kita dapat diawal.

Namun sangat disayangkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Progress International Reading Literacy Study, prestasi membaca siswa kelas 4 di Indonesia berada di posisi 41 dari 45 negara yang menjadi peserta. Dan masih banyak lagi fakta tentang rendahnya literasi di Indonesia terutama dikalangan remaja. Coba saja kalian bayangkan, ilmu minimalis, malas baca buku, tapi sangat suka menatap layar gadget berjam-jam, ditambah paling cerewet di media social pula. Walaupun dengan melalui gadget kita dapat menemukan banyak informasi fakta yang beredar. Sayangnya informasi yang kita dapatkan juga bukan berasal dari media social yang lebih banyak dipenuhi oleh opini, bukan fakta. Jadi jangan heran jika Indonesia jadi sasaran empuk untuk info provokasi, hoax, dan fitnah. Terutama pada kalangan remaja seperti kita yang memang lebih cenderung emosional dan memiliki rasa ingin tahu yang amat besar.

Pernyataan tentang “dari membaca, saya jadi tahu segalanya” itu adalah pernyataan yang nyata adanya. Itu adalah pernyataan yang saya buat dari pengalaman saya sendiri. Karena walaupun kita melakukannya dengan memaksakan diri sendiri, setidaknya kita menambah pengetahuan baru yang mungkin kita belum dapatkan. Kalian tahu ngga sih kalo membaca itu menguntungkan untuk kita sendiri, dan bahkan banyak orang. Banyak hal yang kita dapat cuma dari satu buku saja, apalagi kalau kita membaca dari berbagai buku. Simpelnya banyak buku yang kita baca, maka lebih banyak juga hal baru yang kita dapat.

Jadi tunggu apalagi, ayo membaca. Kalian pasti sudah tahu kan seberapa pentingnya literasi. Jangan sia-siakan masa mudamu, hanya untuk menelan mentah-mentah berita diluaran sana yang minim bukti nyata. Jadikanlah membaca sebagai kunci kesuksesan, karena pengetahuan yang kita dapatkan dapat menjadi petunjuk dalam menjalani kehidupan. Kalian pasti bisa, kebiasaan baik tidak akan menghianati hasil. Membacalah untuk hidup, bukan hidup untuk membaca [Owen Meredith].

Profil penulis

Namaku Vina Kusdiyanti. Aku dilahirkan di ciamis pada hari sabtu, 11 maret pada tahun 2006. Aku bersekolah di SMAN 2 Banjar. Dan sekarang aku duduk di bangku kelas 11 Bahasa. Rumahku berada di dusun Cikawung, desa Cintaratu, kecamatan Lakbok, kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau di nomor wa ku 083116723345.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post