Veni Noviana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Bijak Berteknologi, Ciptakan Generasi Penerus Bangsa Yang Berprestasi

Bijak Berteknologi

Ciptakan Generasi Penerus Bangsa Yang Berprestasi

Hidup pada era yang serba modern ini tentunya memiliki banyak dampak bagi kita semua. Salah satu dampaknya yaitu, mempermudah kehidupan karena semangkin berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi bukanlah hal yang bisa kita hindari terutama di era yang serba modern ini. Teknologi semangkin berkembang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan juga zaman, setiap terciptanya teknologi baru tentunya akan menghadirkan sesuatu yang baru, baik dalam bidang komunikasi, perekonomian, pendidikan dan industri. Perkembangan teknologi juga memengaruhi gaya hidup masyarakat, salah satunya yaitu banyak anak – anak bahkan balita yang sudah mengenal dan menggunakan teknologi seperti handphone dan tablet sebagai sarana hiburan yang seharusnya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan kecaduan gadget dan kerusakan mata pada usia dini. Pandemi Covid-19 juga membawakan perubahan besar bagi kehidupan masyarakat dan teknologi. Pandemi Covid-19 yang semangkin mewabah membuat masyarakat tidak bisa beraktivitas diluar rumah sehingga membuat para masyarakat menggunakan teknologi untuk berinteraksi antara satu sama lain secara online.

Setelah melewati pandemi Covid-19 selama kurang lebih 2 tahun di Indonesia tentunya membawa perubahan yang sangat besar terutama di sektor perekonomian, pendidikan, dan kesehatan. Selama pandemi Covid menyebabkan semua kegiatan di luar rumah menjadi terbatas karena salah satu kebijakan Pemerintah Republik Indonesia yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan tujuan untuk memerangi pandemi Covid-19. Meskipun di terapkannya berbagai kebijakan yang membuat banyak kegiatan menjadi terbatas, teknologi menjadi salah satu sarana untuk bisa berinterasi. Pandemi juga membuat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lakukan secara luring, tetapi itu semua bukanlah penghalang selama pandemi Covid-19, karena para pelajar maupun guru bisa memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi satu sama lain melalui aplikasi Google Classroom, Zoom dan masih banyak aplikasi lainya. Teknologi ini juga bisa di manfaatkan untuk menjadi sarana untuk berdagang, belajar dan lain – lainya.

Pandemi membuat banyak orang yang tidak bisa lepas dengan teknologi hingga saat ini, peran teknologi sangatlah penting terutama di bidang pendidikan karena selama pandemi membuat para pelajar – pelajar menggunakan handphone ataupun laptop sebagai sarana belajar, pada zaman sekarang sudah banyak media - media yang bisa digunakan untuk belajar. Banyak pelajar – pelajar yang melakukan pembelajaran dengan cara menonton video edukasi di platform YouTube, RuangGuru dan lain lainya.

Teknologi ini sangat berpengaruh terutama di sektor pendidikan, teknologi ini bisa dijadikan sarana untuk menoreh prestasi bagi para pelajar – pelajar. Berprestasi bukan hanya di bidang akademik saja, melainkan dibidang non akademik seperti olahraga, seni, organisasi dan masih banyak bidang – bidang lainya. Namun, terdapat permasalahan yang sangat umum bagi para pelajar yaitu, banyak pelajar – pelajar yang bingung apa yang harus di lakukan di usia remajanya ini, kebanyakan remaja sudah terbiasa untuk berdiam diri di dalam rumah karena sudah terbiasa akibat pandemi Covid-19, hal tersebut mengakibatkan banyak pelajar sulit untuk produktif dan malas untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Maka dari itu hal pertama yang harus di lakukan adalah tumbuhkan rasa semangat dan rasa kemauan dalam diri sendiri untuk bisa menjadi produktif dan aktif. Memanfaatkan teknologi yang ada adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai mengubah kebiasaan hidup bagi para pelajar atau para remaja. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu, memanfaatkan teknologi dengan bijak

Pada zaman sekarang terdapat banyak jenis teknologi yang bisa digunakan oleh masyarakat, salah satu jenis teknologi yang umum digunakan oleh masyarakat adalah handphone. Handphone adalah salah satu jenis teknologi yang bisa digunakan oleh pelajar sebagai sarana untuk belajar dan berprestasi. Pada internet dan media sosial terdapat banyak jenis – jenis perlombaan yang diselengarakan oleh lembaga – lembaga dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan kesempatan yang sebesar – besarnya bagi para pelajar yang berminat untuk mengikuti perlombaan tersebut. Media sosial juga bisa menjadi sarana untuk belajar berorganisasi, karena pada zaman sekarang terdapat banyak organisasi – organisasi yang bisa kita ikuti secara online. Teknologi juga bisa digunakan sebagai sarana pembangun semangat bagi para pelajar – pelajar untuk terus mengembangkan prestasinya. Namun, tidak sedikit juga pelajar – pelajar yang menyalahgunakan teknologi ini dengan cara menyebar berita palsu atau hoax, membuka situs – situs dewasa, melalukan judi online dan masih banyak lainya. Sehingga, sebelum mengembangkan dan menciptakan teknologi harus di dasarkan dengan tujuan yang positif dan bermanfaat. Karena tidak sedikit orang – orang yang menciptakan sebuah teknologi dengan tujuan yang menyimpang dari kebenaran dan inilah penyebab awal munculnya banyak dampak – dampak negatif dari teknologi ini.

Berprestasi tidak harus dimulai dari langkah yang besar, mulailah dari langkah kecil terlebih dahulu. Maka dari itu, tumbuhkanlah rasa semangat dan kemanuan dalam diri sendiri untuk selalu produktif, haus akan ilmu, serta tetap bijak dalam menggunakan teknologi, dan jadikan teknologi sebagai sarana untuk merubah pola hidup anda menjadi lebih berkualitas dan bermanfaat.

Perkenalkan nama saya Veni Noviana. Saya lahir di Kabupaten Belitung, Kec. Tanjung Pandan pada tanggal 3 November 2009. Sekarang saya tinggal di Manggar, Kec. Belitung Timur. Sekarang saya bersekolah di SMP Negeri 1 Manggar dan duduk di kelas 8. Saya bisa dihubungi melalui email [email protected] atau Whatsapp 0819-5812-2169.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post