Vania Salsabila

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Benda Canggih, Sang Pengubah Dunia

Benda Canggih, Sang Pengubah Dunia

Benda Canggih, Sang Pengubah Dunia

Penulis : Vania Salsabila

Pada zaman sekarang ini sudah banyak bahkan hampir seluruh manusia menggunakan teknologi canggih, contohnya seperti smartphone, laptop, komputer, dan masih banyak lagi teknologi canggih lainnya. Teknologi inilah yang mampu untuk mengubah seluruh perilaku, sifat, dan perasaan manusia. Dalam karya ini saya akan membahas salah satu teknologi canggih yang sangat digemari oleh semua kalangan orang yaitu smartphone. Apakah kalian sudah tau arti dari teknologi?. Dan mengapa teknologi ini sangat berpengaruh bagi seluruh kehidupan manusia yang ada di dunia? Dan juga apakah kalian sudah tahu pengertian smartphone itu apa?.

Jadi pengertian teknologi adalah bentuk kreasi dari manusia yang diwujudkan dengan alat dan teknik tertentu sehingga dapat mempermudah suatu pekerjaan dalam menghasilkan sesuatu. Teknologi juga dapat didefinisikan sebagai penggunaan dan penerapan pengetahuan tentang alat-alat, teknik, metode atau sistem organisasi, atau pun produk sebagai hasil akhir.

Teknologi bisa menjadi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia dikarenakan Teknologi mampu membantu memudahkan kita melakukan segala hal, seperti mendekatkan yang jauh, menambah ikatan dalam persaudaraan, dan berkat teknologi juga kita mampu menambah pengetahuan dan wawasan. Kita juga dapat berkenalan dengan siapapun dan mendapatkan teman baru di seluruh dunia tanpa ada hambatan melalui berbagai cara komunikasi seperti salah satunya panggilan video yang terdapat dalam smartphone.

Smartphone adalah sebuah telepon genggam dengan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa kemana-mana (portabel/mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Dalam penggunaan teknologi canggih seperti smartphone ada peraturan yang harus kita terapkan dan kita lakukan supaya kita tidak mudah terjerumus dalam hal-hal yang buruk dan dapat menggunakan smartphone untuk meningkatkan prestasi atau bakat yang kita punya. Mengapa harus demikian?, Karena ketika smartphone telah disalahgunakan oleh tangan yang tidak bertanggungjawab, maka akibatnya bisa menjadi sangat fatal, oleh karena itu kita sebagai remaja yang hidup di zaman modern ini harus tahu bahkan bisa menerapkan peraturan dalam menggunakan smartphone.

Ada banyak aturan yang harus diterapkan ketika kita menggunakan smartphone. Berikut beberapa peraturan ketika menggunakan smartphone yaitu; tidak menggunakan smartphone untuk hal keburukan, menggunakan smartphone untuk keperluan penting saja, selalu berpikir sebelum bertindak dalam menggunakan smartphone. Jadi itu saja peraturan penggunaan smartphone yang bisa saya tuliskan dalam karya ini, daripada kita melakukan hal-hal yang tidak berguna dan sia-sia ketika menggunakan smartphone, sebaiknya kita melakukan hal yang mengarah kepada kebaikan seperti, mencari materi yang belum kita pahami di sekolah, melihat sebuah tutorial (cara) dalam memasak, menjahit, atau membuat karya yang indah dan kreatif, saling membagi informasi penting yang kita dapatkan dari berbagai sumber, membuka bisnis online sebagai sumber penghasilan supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup, dan banyak lagi kegiatan positif lainnya yang dapat kita lakukan ketika kita menggunakan sebuah smartphone.

Meningkatkan prestasi atau bakat juga menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh kalangan pelajar ketika menggunakan smartphone. Para pelajar bisa melakukan dari mencari informasi tentang lomba-lomba di media sosial yang ingin kita ikuti, atau kita bisa meminta bantuan guru ketika kita ingin mengikuti suatu lomba. Ketika kita telah mengikuti suatu lomba, dan kita mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, medali, atau piala kemenangan kita bisa menggunakannya untuk menambah nilai kebaikan sebagai seorang siswa dan juga bisa menjadi pengalaman yang terbaik semasa kita menjadi pelajar. Dari situlah smartphone bisa berguna untuk kita sebagai seorang pelajar.

Memang untuk sekarang ini saya belum bisa mendapatkan suatu prestasi dalam hal apapun, tapi suatu saat nanti saya mungkin bisa mendapatkan suatu prestasi melalui penggunaan smartphone ini. Karena saya belum mendapatkan prestasi, maka saya sebagai remaja atau pelajar pengguna smartphone, saya juga menggunakannya untuk kegiatan positif lainnya yaitu mengembangkan bakat yang saya punya, seperti dalam kegiatan masak-memasak. Dari kecil saya sudah di suguhkan kegiatan masak-memasak oleh ibu saya, dari situlah saya mulai tertarik dalam segala hal yang berkaitan dengan masak-memasak. Saya mengembangkan ketertarikan dalam masak-memasak ini menjadi sebuah bakat dengan memanfaatkan smartphone sebagai penunjang bakat memasak saya. Saya melakukannya dengan melihat berbagai resep masakan yang ingin saya masak atau melihat video cara memasak sebuah makanan yang ingin saya buat. Tak hanya melihat berbagai resep makanan atau cara memasak di smartphone saja, terkadang saya melihat acara masak-memasak di televisi dan terkadang juga saya melihat ibu saya ketika sedang memasak. Hal itu juga berguna dalam mengembangkan bakat yang kita punya.

Saat ini hampir semua kalangan manusia dari berbagai umur sangat gemar dalam menggunakan teknologi canggih, tak tanggung-tanggung bahkan balita saat ini sudah menggemari teknologi canggih yang diberikan oleh orang tuanya. Hal itu bisa berdampak kepada sifat dan sikap anak seperti menjadi lebih tertutup kepada orang tuanya, kurang suka dalam berinteraksi sosial dengan teman sebayanya, kurangnya sikap saling menghargai sesama teman, dan cenderung menjadi anak yang introvert (pendiam). Supaya sifat dan sikap diatas tidak terjadi kepada anak-anak penerus bangsa di zaman modern ini ada beberapa hal yang harus orang tua lakukan seperti, membatasi waktu dalam bermain smartphone, selalu mengajarkan hal-hal positif kepada anak-anak, mulai mengajarkan ajaran religius sejak dini supaya anak dibentengi dengan iman yang kuat agar tak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang buruk, dan menjelaskan kepada anak bahwa interaksi sosial itu sangat menyenangkan.

Penerus bangsa yang berkualitas merupakan hal yang sangat berharga dan sangat dibutuhkan bagi suatu bangsa yang ingin menjadi bangsa yang maju, maka dari itu kita harus tau bagaimana caranya agar menjadi penerus bangsa yang berkualitas. Salah satu bukti bahwa penerus bangsa itu berkualitas adalah dengan adanya prestasi, baik prestasi dalam sekolah maupun prestasi di luar sekolah. Presatasi adalah suatu hal yang sangat diinginkan oleh semua orang, terlebih lagi oleh para pelajar, tapi beberapa diantaranya belum bisa mendapatkan prestasi tersebut karena terhalang oleh beberapa kesulitan. Jadi bagi kalian yang masih bisa untuk mencoba mendapatkan prestasi maka lakukanlah semua usaha yang kalian bisa supaya mendapatkan prestasi tersebut. Sedangkan bagi yang belum bisa untuk mendapatkan prestasi, teruslah mencoba dan jangan pantang menyerah, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha. Dibalik kerasnya kalian berusaha untuk mendapatkan suatu prestasi pasti akan membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Dengan bantuan smartphone di zaman modern ini, untuk mendapatkan prestasi pasti akan lebih mudah karena banyaknya internet yang dapat diakses, sehingga kita bisa mencari kemudian mengikuti lomba-lomba yang bisa menjadi prestasi yang kita inginkan itu. Dengan begitu kita harus bisa memanfaatkan smartphone dengan sebaik-baiknya supaya kita bisa mendapatkan dampak yang positif dari penggunaan smartphone tersebut. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan benda canggih seperti smartphone oleh manusia di zaman modern ini sangat berguna bahkan dalam segala hal, asalkan smartphone digunakkan untuk melakukan kegiatan yang baik dan positif.

Biodata Penulis :

Nama saya adalah Vania Salsabila , saya lahir di kota Jember pada tanggal 20 Januari tahun 2008, saya bersekolah di MTsN 1 Jember,alamat e-mail saya adalah [email protected], dan nomor WA saya yang aktif adalah 085330160401.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post