Tsania Ramadani Syuvi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pempek Khas Pantura Madura

Desaku itu unik.”Apa kalian tau keunikannya?” terletak di ujung utara Kabupaten Pamekasan. Sering dianggap sebagai desa terbelakang padahal banyak potensi yang bisa di manfaatkan salah satunya adalah kulinernya.

Rumahku terletak di dekat laut dan laut itu adalah laut jawa. Bila rumahku dekat laut dan menceritakan tentang kuliner, pasti kalian tak asing dengan bahan dasar makanannya. Dan pasti kalian akan menjawab ikan/hewan laut lainnya bukan? ya pasti kalian menjawab ikan. Dan kali ini aku akan menceritakan kuliner nusantara yang terbuat dari ikan.

Rumahku terletak di pesisir laut jawa dan aku tinggal di Madura. Jika terletek di dekat laut, pasti kebanyakan pekerjaan warganya di bidang perikanan. Saat aku pergi ke pasar aku melihat banyak sekali ikan segar, termasuk ikan tongkol. Aku sangat menyukai ikan, apa lagi orang Madura itu kreatif dan unik. Mereka suka mengolah ikan menjadi makanan enak. Contohnya ikan tongkol yang bisa di kreasikan menjadi pentol ikan, sempol ikan, pattek ikan, pentol gipek, dan yang paling aku suka adalah pempek Madura. Bila kalian mendengar kata pempek pasti kalian pikir pempek Palembang. Akan tetapi yang ini berbeda yang kuceritakan adalah pempek ikan khas Madura.

Nah, pempek Madura sering disebut sebagai makanan khas pantura. pempek terbuat dari tepung tapioka dengan bumbu khas Madura dan yang paling penting adalah ikan tongkol, yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi berbagai varian olahan pempek. Biasanya pempek ini lebih sering dibuat menjadi pempek basah yang di cocol dengan sambal kacang, akan tetapi orang Madura suka mengkreasikan sebuah makanan menjadi olahan baru contohnya pempek kering dan rujak pempek yang rasanya sangat mantul mantap betul, Sebenarnya masih banyak olahan pempek lainnya akan tetapi yang aku tau hanya pempek kering dan rujak pempek saja.

Sekarang aku akan menjelaskan yang dimaksud dengan pempek kering. Mungkin ada yang mengira bahwa pempek kering itu adalah pempek yang dikeringkan. Hayo, siapa yang juga mengira seperti itu? awalnya aku juga sama mengira bahwa pempek kering adalah pempek yang di keringkan juga, tapi sekarang aku baru tau bahwa pempek kering bukan pempek yang di keringkan akan tetapi pempek yang terbuat dari campuran tepung dan ikan tongkol baru setelah itu di goreng hingga kering. Aku tak terlalu tau resep pempek kering tapi aku suka memakannya rasanya itu gurih, renyah, dan uwenak poll. Aku suka memakannya bila di taburi dengan bumbu tabur, apalagi bumbu rasa balado. Beh beh beh rasanya enak banget jadi pedes gurih gitu bikin ngiler.

Sekarang setelah menjelaskan tentang pempek kering yang rasanya pedas gurih dan bikin ngiler ,sekarang aku akan memberi tau menu pempek yang terakhir yaitu rujak pempek, “hah rujak pempek? Gak salah denger nih. Iya beneran rujak pempek. Mungkin kalian juga kebingungan bila mendengar kata rujak pempek apakah itu ada? Memangnya ada rujak tapi diberi pempek. Sebenarnya aku tidak tau bahwa ada rujak pempek. Aku hanya mengira bahwa ibuku makan rujak dan diberi pempek karena aku tahu hal itu setelah diceritakan oleh ibuku. Tapi setelah aku mencari tahu tentang rujak pempek, ternyata dan ternyata memang benar ada lho rujak pempek itu. Wah siapa sangka makanan yang nyeleneh ini benar-benar ada, lalu aku menayakan kepada ibuku tentang makanan itu, dan makanan ini terdiri dari pempek basah, mangga, nanas, jeruk, timun dan buah lainnya, kemudian semua bahan itu diberi bumbu rujak khas Madura yg terbuat dari petis Madura plus bumbu rempah lainnya.

Aku sebagai anak Indonesia berharap semoga makanan khas pantura bisa terkenal ke seluruh Indonesia. Eh bukan cuma nusantara tapi ke seluruh dunia. Untuk kalian yang sudah membaca cerita ini, jadi kepengen gak makan pempek Madura? Yuk, cobain deh cemilan daerahku.

PROFIL PENULIS

Lahir saat bulan Ramadhan, gadis kecil ini diberi nama Tsania Ramadani Syuvi. Dia lahir di Pamekasan, 23 Juli 2012. Rani panggilan akrabnya merupakan anak kedua dari pasangan Abdus Syukur dan Novista Pambekti. Pendidikan TK di Desa Kapong, lalu melanjutkan ke SDN Kapong 1 Batumarmar Pamekasan sampai saat ini. Hobinya menulis dan melukis. Cita-citanya ingin menjadi menjadi ballerina. Alamat emailnya: [email protected]. Nomor wa: 085331073518

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post