Tiara Ridwanussalam

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Aktivitas di Bulan Ramadan

Aktivitas di Bulan Ramadan

Aktivitas di Bulan Ramadan

Oleh:Tiara Ridwanussalam

Siswa SMP Negeri 197 Jakarta

Ramadan adalah bulan ke sembilan dalam kalender hijriyah. Kehadiran bulan ramadan sangat ditunggu-tunggu semua orang karena terdapat banyak makna dan keberkahan di dalamnya. Saat bulan ramadan, umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Puasa adalah menahan lapar, haus, dan hawa nafsu dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Puasa harus diawali dengan membaca niat pada malam hari, biasanya niat puasa dibaca seusai shalat tarawih.

Dua minggu sebelum ramadan datang biasanya umat muslim mengadakan nisfu sya`ban, yaitu membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Bacaan surat Yasin pertama untuk memohon panjang umur, bacaan surat Yasin kedua untuk memohon dimurahkan rezeki, dan bacaan surat Yasin ketiga untuk memohon tetap diberikan iman.

Setiap malam di bulan ramadan seluruh umat muslim melaksanakan shalat sunah tarawih. Kemudian di sepertiga malam bangun untuk sahur, semakin mendekati azan subuh kita melaksanakan sahur, semakin banyak pahala yang kita peroleh. Seusai sahur umat muslim melaksanakan kewajiban shalat subuh, dan biasanya dilanjutkan dengan bertadarus al qur`an.

Siang harinya, umat muslim menjalankan aktivitas seperti biasa dan menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa. Menjelang sore hari, biasanya para ibu mulai memasak untuk menu berbuka puasa. Azan magrib berkumandang, menandakan sudah boleh berbuka puasa dan disunahkan berbuka dengan makanan yang rasanya manis. Setelah berbuka puasa, tak lupa umat muslim menjalankan ibadah shalat magrib, kemudian memakan makanan berat seperti nasi, bihun, mie, dan lainnya. Namun, saat makan tidak boleh terlalu kenyang agar tidak mengantuk saat tibanya waktu isya, jika mengantuk otomatis kita tidak bisa menjalankan ibadah shalat isya dan shalat tarawih.

Di hari ke lima belas dalam bulan ramadan, sebagian umat muslim membuat ketupat untuk dijadikan menu berbuka puasa dan dibagikan kepada para tetangga atau orang yang membutuhkan, karena memberi makanan kepada orang lain untuk berbuka puasa akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Tradisi ini disebut dengan Qunud.

Diakhir bulan ramadan umat muslim diwajibkan membayar zakat fitrah. Zakat fitrah menurut bahasa ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat yang ditetapkan. Tujuannya adalah untuk menyucikan jiwa. Zakat fitrah dibayar dengan makanan pokok disuatu daerah contohnya beras, gandum, jagung, dan sebagainya. Besaran yang harus dibayarkan seberat 2.5 kg per jiwa

Saat hari terakhir di bulan ramadan tiba, seusai melaksanakan sholat isya mayoritas umat muslim mengumandangkan takbir hingga pagi hari sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri. Pagi harinya, umat muslim berkumpul di lapangan terbuka ataupun masjid untuk melaksanakan shalat sunah Idul Fitri. Kemudian berkeliling kampung untuk bersilahturahmi dan saling meminta maaf satu sama lain. Namun ada pula yang merayakannya di rumah orang yang paling tua dalam sebuah keluarga. Jika semua tetangga, dan sanak saudara sudah dikunjungi lalu sebagian umat muslim ramai berdatangan ke pemakaman untuk menziarahi orang terkasih yang sudah tiada.

Dari awal bulan ramadan hingga menjelang syawal kita dianjurkan untuk berlomba-lomba mengerjakan kebaikan dan menjauhi maksiat, karena pahala yang kita dapatkan jika berbuat kebaikan di bulan ramadan sebesar sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat dari bulan biasa. Maka dari itu berlomba lomba lah dalam berbuat kebaikan karena selain pahala, kita juga akan mendapatkan keberkahan, pertolongan saat kita kesulitan, dan kita dapat memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Karena orang yang paling bahagia adalah orang yang membahagiakan orang lain.

Profil Penulis

Perkenalkan, nama saya Tiara Ridwanussalam. Saya lahir di Jakarta, 19 April 2006. Saya bersekolah di SMP Negeri 197 Jakarta. Hobi saya membaca, menulis, dan bercerita. Saya tinggal di Pesing Koneng, yaitu suatu perkampungan di tengah keramaian kota Jakarta. Jika ingin mengenal saya lebih dekat silahkan hubungi saya melalui Email: [email protected], FB: Tiara Ridwanussalam, IG: @tiacv19, SASISABU: Tiara Ridwanussalam, WhatsApp: 088211076145.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah kereeen kak. Salam kenal dan jangan lupa follow akun saya. Hehee

05 Apr
Balas

Iya, salam kenal juga.

06 Apr

bagus kak, sukses terus ya.. semoga menang lomba

05 Apr
Balas

Aamiin... Terima kasih

05 Apr

sama sama kak

05 Apr



search

New Post