Syahida Amalina A'la

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Cerita yang Menarik || Full Episode!!!

Tips Membuat Cerita yang Menarik || Full Episode!!!

Assalamualaikum, semua!

Pernah gak sih, kalian iseng-iseng buka medsos terus gak sengaja nemuin postingan tulisan temen kalian yang menurut kalian bagus banget? Setelah membaca tulisan itu pernah gak kalian mikir, "Kira-kira aku bisa gak ya, buat tulisan seperti dia?"

Hmm... Bikin Cerita yang bagus itu gampang gak sih? Kenapa tulisan orang lain bagus sedangkan tulisanku biasa-biasa aja? Udahlah... Gak perlu overtingking dan insecure. Kali ini aku akan kasih tips Bikin Cerita yang Menarik untuk pembaca sasisabu yang mau membaca artikel ini ><

Sebelum membuat cerita, kalian harus tau perbedaan menulis cerita karena Allah dan bukan karena Allah. Hah? Maksudnya apa tuh, dah?

Jadi gini. Kalau dengan tulisan kalian itu kalian hanya ingin mendapatkan balasan dari Allah, maka Insya Allah tulisan kalian itu akan mendapatkan pahala. Bahkan mungkin bisa jadi Pahala jariyyah loo. Tapi kalau niat kalian hanya karena ingin dipuji, atau di bilang cerdas dan lain sebagainya, hati kalian akan terbelenggu pada akhirnya. Kalian akan menemukan titik terberat saat membuat cerita tersebut. Kalian akan merasa malas dan enggan untuk melanjutkan tulisan kalian.

Okey, setelah kalian menata niat kalian bisa lanjut ke tips membuat ceritanya. Yang pertama tentunya mencari ide dari cerita yang akan kalian buat. Mencari ide ini untuk sebagian orang merupakan suatu proses yang sulit. Tapi sebenarnya, ide gak perlu terlalu susah dicari loo. Semisal kalian punya adik yang lucuuu banget. Kalian bisa jadikan itu sebagai ide cerita. Atau kalau kalian mau menjadi kan virus corona sebagai ide cerita juga bisa loo. Kalian bisa Membuat Cerita tentang suka duka corona, tentang Tenaga Kesehatan yang berjuang di garda depan, dan lain sebagainya.

Kalau untuk aku sendiri, kalau boleh jujur, aku sama sekali gak pernah nyari ide sampai berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Aku pernah membaca artikel tentang penelitian yang bilang kalau ide akan lebih sering muncul saat otak kita sedang relaks dan tidak tertekan. Seperti saat di kamar mandi, saat di kasur sebelum tidur, atau di waktu-waktu yang kita bebas dari tugas. Jadi aku seringnya kalau lagi niat cari ide untuk membuat cerita atau membuat konten youtube, Aku akan menunggu sampai malam hari. Nanti saat sudah berbaring di kasur, aku akan mulai memikirkan tentang kejadian yang aku alami hari itu. Atau tentang kenangan di masa lalu baik kenangan indah ataupun kenangan buruk, persahabatan, atau tentang kehidupan yang sudaj aku jalani selama ini.

Kalau aku sudah menemukan ide tersebut, aku akan mulai merangkai kata-kata yang menggambarkan keseluruhan ideku. Contohnya tentang perpisahan dua orang sahabat. Aku akan mulai merangkai kalimat bernada sedih. Contohnya :

Hari masih pagi

Saat aku tau sahabatku telah pergi

Tanpa sepatah katapun yang terucap

Dan tanpa mampu kudekap

Aku menyaksikan kepergiannya dalam diam

Dan dalam bungkam

Persahabatan ini semanis madu

Dan seputih susu

Aku ingin kita masih bisa bersama

Dalam canda dan tawa

Kini hanya doa yang bisa terpanjat

Biarlah Allah yang mencatat

Kerinduan yang kugoreskan di hati

Dan tentang persahabatan sejati

Saat merangkai kata tersebut, kalian bisa menggunakan 2 cara. Bisa tanpa mencatat ataupun sambil dicatat. Kalau aku adalah tipe yang lebih mudah saat tidak mencatat. Jadi aku hanya membiarkan hatiku menyuarakan kata-kata yang menggambarkan keseluruhan ideku. Seperti saat kita sedang mendeklamasikan sesuatu. Aku lebih suka pakai cara pertama. Karena kalau aku sambil memcatat, aku hanya akan membuang-buang waktuku untuk menemukam kata yang tepat.

Aku akan kasih tau rahasia ide cerita yang terbaik. Jadi ide cerita yang terbaik adalah dari pengalaman kita sendiri. Aku akan jelasin dari bagaimana caraku mendapatkan ide saat menulis cerita "Antara Qonita dan Adiba" Kalian udah pada baca kan?

Kalian tau masalah apa yang dihadapi oleh Adiba? Yak! Bener! Adiba merasa pundung dan tidak percaya diri dengan nilai yang selama ini dia dapatkan. Adiba juga menaruh kagum pada Qonita yang selama ini menjadi pusat perhatian karena kecerdasannya.

Dulu, saat aku masih duduk di sekolah dasar, aku memiliki nasib yang sama seperti Qonita. Aku selalu jadi pusat perhatian, galak, tegas, dan terkadang terlalu tajam pada orang yang berbuat jahat padaku atau pada sahabatku. Aku juga dikagumi teman-temanku dan guru-guru di sekolah. Tapi setelah aku masuk SMP, posisi itu di gantikan sama Fanisa. Kalian tau kan? Fanisa sekelas dengan aku di Pondok Pesantren Ma'had Syaraful Haramain. Fanisa itu rajin, pinter, dan sangat disukai teman-teman di kelas. Aku yang emang suka jadi pusat perhatian, agak kecewa waktu itu. Tapi aku jadi sadar kalau duli saat aku masih Jadi pusat perhatian, mungkin juga ada orang yang menaruh kecewa padaku. Terus aku tiba-tiba keingetan, kira-kira kalau pengalamanku ini di jadikan cerita, akan menyenangkan tentunya. Jadi akupun menuliskannya.

Jadi pada intinya ide terbaik adalah dari pengalaman kita sendiri.

Lalu yang kedua, kalian harus memberikan si tokoh di Cerita yang kalian buat satu atau beberapa masalah. Masalah-masalah itu disebut konflik dari cerita. Contohnya gimana? Contohnya adalah seperti ini :

Nia punya sebuah boneka yang sangat dia sukai. Kemanapun dia pergi, Nia selalu membawa bonekanya. Tapi suatu hari bonekanya hilang karena dicuri oleh seseorang yang tidak Nia kenal. Karenanya, Nia berusaha untuk mencari bonekanya yang hilang...

Saat Nia kehilangan bonekanya, itulah salah satu konflik yang bisa kalian tambahkan ke Cerita. Contoh di atas hanyalah sebuah contoh sederhana. Kalian bisa pakai alur konflik yang lain yang mungkin saja lebih bagus dari yang aku contoh kan di atas.

Tips dari aku agar bisa membuat konflik yang menarik adalah usahakan agar konflik yang akan kita buat itu sama sekali tidak terduga oleh pembaca. Contohnya seperti bencana, kematian, perpisahan, dan masih banyak lagi. Tapi itu semua tergantung dari cerita yang akan kalian buat yah.

Konflik yang tak terduga bisa membuat cerita kalian menjadi menarik dan enak untuk dibaca. Sebagai contoh, aku akan contohkan dengan sebuah serial novel karangan salah satu Penulis Paling terkenal dan paling bergengsi di Abad ke 20. Yaitu Seri Pasukan Mau Tahu karangan Enid Mary Blyton. Kalian gak mesti ke toko buku untuk membeli bukunya. Kalian bisa cari di internat contoh e-book nya yang bisa kalian akses secara gratis. Linknya ini dia : https://daniskun.blogspot.com/2020/12/download-novel-enid-blyton-pasukan-mau.html?m=1

( Kalian bisa copy paste aja yah )

Bagaimana cara aku membuat konflik untuk cerita yang akan aku buat? Kalau aku sih, dengan cara mengamati kehidupan sosial di sekitarku. Atau dengan menonton film dan video. Sebelum membuat cerita "Kebaikan Dalam Kejahatan" yang mungkin udah kalian baca, aku terinspirasi oleh konflik yang aku ambil dari 2 buah film. Film sedih sih. Kayak perpisahan adik dan kakak lalu mereka di pertemukan kembali dengan cara yang tidak terduga. Yang satunya lagi bukan film sih. Tapi lebih enak disebut video. Aku terinspirasi dari salah satu video yang ada di channel Sisi Terang tentang Bagaimana Kalau Ada yang membuntuti kita dari belakang. Kalau kalian tertarik nonton, bisa cek disini : https://youtu.be/ILe2Pk73Yhg

( Copy Paste aja yah )

Terkadang, konflik yang sederhana juga bisa menjadi sebuah cerita yang luar biasa. Banyak masalah-masalah sederhana di sekitar kita yang bisa kita jadikan ide cerita lhoo. Yang harus kalian lakukan hanyalah meningkatkan rasa kepedulian kalian akan lingkungan sekitar. Dengan begitu, kalian akan bisa dengan mudah menemukan ide untuk konflik cerita tanpa harus mencarinya.

Contohnya seperti yang terjadi padaku tadi malam. Adikku yang paling kecil sedang mengambil boneka dari lemari boneka. Tapi tiba-tiba pintu lemari terlepas. Aku menghampiri adikku. Aku bertanya kenapa pintunya bisa sampai terlepas. Dia bilang "Bonekanya kebanyakan sih. Jadi susah ditutup. Jadinya pintunya lepas"

Saat aku lihat boneka yang bertumpuk di lemari, aku jadi kepikiran hal yang sama dengan adikku. Bonekanya memang kebanyakan sih. Lalu tiba-tiba otakku mulai memproses kejadian yang baru aku alami dengan sebuah konflik Cerita yang bisa aku buat. Jadi aku membuatnya menjadi cerita yang sederhana. Ini diaa...

Fira sangat senang bermain boneka. Setiap minggu, ayahnya membelikannya satu boneka baru. Paman dan bibinya juga sering memberikannya hadiah boneka. Karena boneka Fira yang semakin hari semakin banyak, Bunda membelikan Fira sebuah lemari untuk menyimpan boneka-bonekanya. Tapi suati pagi saat Fira ingin mengambil bonekanua di lemari, Fira tertimpa boneka-boneka nya yang terjejal di tumpukan atas. Bunda yang melihat kejadian itu membantu Fira bangun. Bunda mengamati boneka-boneka Fira. Ternyata memang sangat banyak. Bunda mengusulkan untuk memberikan sebagian boneka-boneka Fira pada teman-teman yang membutuhkan. Ternyata teman-teman Fira sangat senang saat menerimanya. Fira pun menjadi ikut senang.

Begitulah kira-kira cerita yang aku buat berdasarkan sebuah masalah kecil yang terjadi di sekitarku. Dan percaya atau tidak, aku sama sekali tidak perlu memikirkan cerita yang akan aku buat ini sampai berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Dengan kata lain, aku menuliskannya tanpa berpikir dulu. Jadi kata yang terlintas di pikiranku langsung aku tulis. Dan ternyata hasilnya lumayan juga. Hehe ><

Lanjut gak yah? Lanjut dong..

Jadi yang ke tiga, kalian harus memperbanyak kosakata kalian. Maksudnya gimana? Maksudnya adalah kalian harus mencari agar bisa memdapatkan kosakata baru yang mungkin belum kalian ketahui. Caranya, bisa dengan sering membaca buku, buka-buka kamus, atau membaca koran dan majalah. Biasanya buku, koran, dan majalah punya banyak tulisan dan cerita yang bisa kita baca. Dan di cerita atau tulisan itu kalian akan bisa menemukan kosakata baru. Supaya kalian gak lupa sama kosakata baru itu, tulis di kertas atau buku. Setelah itu kaliam bisa cari di kamus arti dari kosakata baru itu.

Oh iya!

Kamus juga bisa memberi kita kosakata baru lhoo! Mau coba? Buktiin aja sendiri. Hehe ><.

Dengan menambah kosakata, kalian tidak hanya bisa menggunakannya dalam tulisan kalian saja. Tapi bisa kaliam praktikkan di kehidupan sehari-hari. Aku pernah loo ngalamin. Kira-kira 9 bulan yang lalu. Saat aku masih kelas 6 semester pertama. Aku ceritain dikit aja ya...

Jadi cerita nya gini. Waktu itu aku lagi zoom untuk persiapan Leadchamps ( Salah satu kegiatan wajib di penghujung sekolah dasar di Insantama ). Aku masuk di Tim Dokumentasi yang bertugas menyampaikan reportase, merekam video, memotret kegiatan, dan lain-lain. Waktu itu ada sebuah PPT yang ditampilkan di layar yang membahas tentang Apa yang dimaksud dengan Tim Dokumentasi.

"Kita, Tim Dokumentasi itu adalah orang yang... Yang.. Apa yah namanya yah?" Kata guruku kebingungan mencari kata.

Aku yang udah gatel pengen buka microfon, langsung aja menjawab "meng-abadikan".

"Ya, betul. Meng-abadikan. Lalu apa tugas kita? Tugas kita adalah menyusuri setiap kegiatan yang akan di... Di..."

"Skenariokan" Aku menjawab.

"Oke lah. Di skenariokan dalam kegiatan Leadchamps. Nanti kalian akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan dibagi menjadi 2 orang. Nah, kelompok itu nanti harus bekerja sama atau... Atau..."

"Berkolaborasi." Kataku lagi.

"Berkolaborasi. Bagus juga. Ada calon penulis nih disini."

Dalem hati aku ketawa sendiri. Mencari kata yang tepat kadang emang agak susah yah. Tapi itu semua bisa kita latih dengan cara terus menambah kosakata baru. Kalau aku bisa, kalian juga pasti bisa! Semangat yah.

Oh iya. Kalian tentunya pernah mendengar dengan kalimat ini : "Supaya tidak lupa, caranya adalah dengan mencatatnya di Buku catatan." setidaknya sekali kan? Tapi emangnya bener yah, kalimat itu? Jawabannya tentu saja benat dong. Karena "Ikatlah Ilmu dengan Menulis". Begitu kan? Tapi memang ada beberapa orang yang justru kalau ditulis itu malah menyulitkan mereka untuk mengerti. Atau kalau kalian tipe orang yang males nyatet atau males nulis, kalian gak perlu nulis setiap kosakata baru yang kalian dapat. Aku juga begitu. Asalkan kosakata itu diulang dalam satu konteks kalimat yang sejenis, aku akan bisa mengerti maksud atau arti dari kosakata tersebut.

Selain dengan menambah kosakata, kita juga bisa memakai tips dan trik sederhana lainnya. Semisal, kalian akan membuat sebuah Cerita. Kalian udah punya sebagian besar idenya. Hanya tinggal di kembangkan saja sedikit. Hal pertama yang harus kalian rancang dan tulis bukanlah Judul cerita kalian. Tapi justru akhir dari cerita yang akan kalian buat itu. Bisa berakhiran bahagia seperti cerita-cerita pada umumnya, misterius, sedih, mengecewakan, yang bikin gregetan, dan masih banyak lagi.

Contohnya kalian akan menulis tentang "Kado Ulang Tahun Bunda". Pertama kalian harus buat dulu akhiran dari keseluruhan cerita yang akan kalian buat. Contoh yang berakhiran bahagia :

"Neima memutuskan untuk mencari dompetnya di Toko yang kemarin ia kunjungi. Setelah ia bertanya pada penjaga kasir, penjaga itu menyerahkan sebuah dompet kecil berwarna merah marun sambil bertanya apakah ini milik Neima. Neima sangat senang bisa menemukan dompetnya kembali. Neima mengeluarkan sejumlah uang dari dompetnya dan berlari ke Toko Kado. Disana Neima membeli seikat bunga mawar dan gaun yang sudah lama Bunda inginkan. Sesampainya di Rumah, Neima menyerahkannya pada Bunda. Bunda sangat senang dengan hadiah pemberian Neima. Bunda lalu memasak Nasi Goreng Kambing special untuk Neima."

Contoh yang berakhiran mengecewakan :

"Putri Meisa dan Nenek Susan mengucapkan selamat tinggal pada Aini dan Laila. Dan mereka memberikan kenangan berupa sebuah buku yang memberikan penjelasan tentang rahasia sebenarnya Negeri Katsuri. Tentu saja Aini dan Laila merasa heraan dengan apa yang dikatakan oleh Nenek Susan dan Putri Meisa. Tapi Nenek Susan menjelaskan bahwa dikemudian hari rahasia Negeri Katsuri akan menjadi legenda yang dilupakan banyak orang. Aini dan Laila mengerti dan langsung masuk ke dalam portal dan menghilang dari pandangan Nenek Susan dan Putri Meisa.

Akhirnya Aini dan Laila dapat kembali ke Perpustakaan, tempat mereka berada sebelumnya.

"Laila, sebenarnya kita percuma membawa buku ini karena legenda Negeri Katsuri memang sudah dilupakan orang.", kata Aini dengan nada menyesal."

( Cerita lengkapnya bisa kalian lihat di link ini : http://syahidaamalinaala.sasisabu.id/article/menyibak-rahasia-misteri-legenda-katsuri-4090520 ).

Contoh yang berakhiran sedih :

"Alya tak mampu lagi bertahan dari komanya. Setelah seminggu lamanya ia terbaring di ranjang Rumah Sakit, ia mengucapkan Kata-kata terakhirnya untuk sahabat setianya, Dalila. Dalila mendengarkan dengan air mata menganak sungai. Baginya, Alya adalah saudara dan bukan hanya sebatas sahabat.

"Aku harus pergi. Terimakasih untuk segala kenangan dan kebaikanmu selama ini, Dalila. Aku menyayangimu seperti kamu menyayangiku. Doakan lah aku. Semoga kelas kita bisa berkumpul lagi si Surga..." Kata Alya dengan nafas mulai tersengal.

"Tidak, Alya! Jangan pergi. Kita bukan sahabat! Kita saudara seiman. Aku membutuhkanmu dan kamu membutuhkan aku untuk saling menguatkan. Bangkitlah, dan kau akan baik-baik saja." Kata Dalila lirih.

Mata Alya sedikit demi sedikit mulai terpejam. Dilantunkannya dua kalimat syahadat. Jasadnya terbaring terbalut selimut hijau Rumah Sakit. Matanya yang indah terpejam dan bibirnya menyunggingkan seutas senyuman. Dalila hanya bisa memandang kematian sahabatnya dengan air mata berderai..."

Contoh yang berakhiran misterius :

"Arya melangkah ke kamarnya dan bersiap tidur. Matanya yang mengantuk langsung terpejam begitu ia berbaring. Tapi keesokan harinya, Arya mendapati dirinya tengah berada di kursi sofa Ruang Tamu. Padahal pintu kamarnya terkunci dari dalam dan kuncinya ia simpan di atas lemari yang hanya bisa di jangkau dengan kursi. Ayah dan Bunda sedang di luar kota. Jadi tak mungkin memindahkan dia ke Sofa. Kakak Arya, Zahra yang melihat adiknya terlihat bingung datang menghampiri. Arya menceritakan keanehan itu pada kakaknya. Kak Zahra tertawa.

"Kemarin malam kakak masih belum tidur, kakak sedang mengerjakan tugas di sini, Di Ruang Tamu. Lalu kakak lihat kamu berjalan sambil menutup mata. Ketika kakak cek, ternyata kamu berjalan sambil tertidur dan langsung merebahkan diri ke Sofa. Jadi kakak tak ingin membangunkan kamu."

Arya ikut tertawa dan menjawab, "Oh jadi gitu. Aku malah gak sadar sedang tidur sambil berjalan."

Setelah itu Kak Zahra pergi ke Dapur karena sedang memasak. Tapi tiba-tiba Arya malah merinding sendiri. Pintu kamarnya kan terkunci? Arya berjalan ke pintu kamarnya. Oh tidak! Pintunya masih terkunci! Kalau begitu, siapa yang memindahkan Arya ke sofa?"

( Terinspirasi dari salah satu cermis Majalah Bobo ).

Itu tadi adalah beberapa contohnya. Kalian bisa berkreasi sendiri karena aku yakin hasil karya kalian akan lebih bagus daripada yang aku contoh kan tadi. Selamat Mencoba!!

Yang berikutnya adalah inspirasi. Kalian busa mendapat inspirasi ini dari mana-mana. Contohnya dari buku, video, film, cerita temen, dan masih banyak lagi. Aku kasih contoh nyata yaah...

Kalian sudah baca cerita ku yang "Antara Qonita dan Adiba" ke 6 yang judulnya Fakta yang Mengejutkan? Dibagian akhir cerita, Tante Nia tak sengaja menumpahkan Cairan dalam botol yang didapat Qonita di tas Lala. Lalu setelah melihat reaksi cairan tersebut di atas novel, Tante Nia langsung menyadari itu adalah Cairan Penghilang Tinta.

Sebenarnya, Cairan Penghilang Tinta itu ada gak sih? Aku juga gak tau ><. Sewaktu aku sedang membuat cerutanya, aku gak sengaja teringat pada e-book yang pernah aku baca. Serial Pasukan Mau Tahu : Misteri Kamar Tersembunyi ( Kalo mau baca ini linknya : https://daniskun.blogspot.com/2020/12/download-novel-enid-blyton-pasukan-mau.html?m=1 ). Disitu ada kejadian yaitu Fatty, salah satu tokoh utama di cerita tersebut membeli sebuah Cairan yang memungkinkan kita untuk menulis surat Rahasia. Sebut saja Tinta Rahasia. Jadi cara memakainya, kita mesti menyelupkan pensil ke dalam botol cairan tersebut. Kalau sudah, kita bisa langsung menulis hal apa yang kita ingin tulis. Karena suratnya tak bisa dilihat, harus menggunakan sebuak trik agar kita bisa membaca tulisan tak terlihat itu. Yaitu dengan menyetrika kertas yang berisi surat rahasia dengan Setrika Listrik. Nanti tulisan yang ada di kertas akan terlihat dan akan bisa dibaca.

Dari situ aku agak rubah sedikit. Kalau di Cerita Pasukan Mau Tahu itu Cairan yang membuat kita bisa menulis surat tak terlihat, kalau aku Cairan yang bisa menghilangkan tinta apapun di kertas. Kalau di Pasukan Mau Tahu harus menggunakan Setrika liktrik untuk membaca tulisan tak terlihat, kalau aku dengan menggunakan semprotan alkohol. Yaah... Mirip-mirip lah yah. Hehe :)

Lalu ada satu contoh lagi. Yaitu di cerita "Kebaikan Dalam Kejahatan" ke 3 yang judulnya Penculikan!. ( Ini linknya : http://syahidaamalinaala.sasisabu.id/article/kebaikan-dalam-kejahatan-3-penculikan-4112780 ) Asma diculik oleh kakaknya sendiri. Iya kan?

Jadi aku dapet inspirasi kayak gitu dari video di channel sisi terang yang tentang "Bagaimana Jika Ada Seseorang yang Mengikuti Kita dari Belakang?" Di video tersebut ada salah satu tips yaitu "Berteriak lah dan buat kegaduhan. Jatuhkan barang-barang mu yang berat dan berusaha menghindar dari penguntitmu!" Nah dari situ aku jadi kepikiran Kayaknya bakalan seru deh kalau di buat cerita. Terlebih setelah aku lihat thumbnail dari salah sati Film di youtube. Di Thumbnail itu ada judul "Kebaikan Dalam Kejahatan". Kayaknya bagus tuh dijadikan Judul cerita. Aku juga udah lihat filmnya. Agak sedih sih. Tentang adik dan kakak yang saling berpisah selama belasan tahun. Lalu mereka dipertemukan lagi untuk saling melindungi dam berjuang untuk agama Islam. Iya. Itu film Islam. Tapi agak greget pas aku tonton ><

Atau bisa juga kalian dapat inspirasi setelah melihat suatu gambar atau objek benda. Contohnya lihat-lihat postingan Room Dekor di Pinterest. Kalian bisa kembangkan menjadi sebuah Cerita yang utuh. Contoh nya seperti ini :

"Ara sudah lama ingin mendekorasi kamarnya menjadi terlihat lebih indah. Tapi ia yakin barang-barang seperti itu akan mahal harganya. Jadi Ara berusaha mencari jalan keluarnya. Ara mendatangi kakaknya dan mengutarakan keinginannya.

"Kenapa tidak kita buat dari barang bekas? Barang bekas bisa lo membuat kamar jadi terlihat lebih indah." Kata Kakak Ara mengusulkan.

"Setuju, Kak! Ayah punya banyak kardus bekas di gudang. Bunda punya banyak botol bekas air mineral di dapur. Sedangkan kakak punya banyak kertas yang tidak terpakai, kan?" Kata Ara bersemangat.

"Iya. Ada di meja kakak. Cari barang bekas lain ya. Ara masih punya cat air yang waktu itu kakak beri?" Tanya Kakaknya lagi.

"Masih kak. Ada di kamarku. Sebentar kuambilkan dulu semua yang kita butuhkan." Jawab Ara.

Ara dan kakaknya mulai membuat hiasan dinding, poster buatan sendiri, dan berbagai hiasan kamar lainnya. Kakak Ara pandai membuat pot dari botol bekas. Kakak membuatkan lima buah untuk Ara. Setelah dipasang di kamar Ara, hasilnya bagus banget. Ara jadi senang. Ternyata benar kata kakak. Maskipun dari barang bekas, hasilnya tetap keren. Selain itu kita juga bisa mengurangi sampah yang terbuang. Dengan kata lain, kita bisa membantu menjaga kebersihan."

Yaah... Begitulah kira-kira. Hehe. Sekarang kalian yang coba yah. Aku yakin kalian pasti bisa!!!

Kalian pernah gak sih, udah capek-capek bikin cerita yang bahkan sampai berlembar-lembar tapi pas dibaca ulang, kok cerita nya gak nyambung sama judulnya ya? Wah... Kalo aku sih dulu sering banget. Kalau kalian gimana nih?

Kalian tau gak, kenapa tulisan yang udah buat bisa gak nyambung sama judulnya? Hal itu disebabkan karena kalian membuat judul terlebih dahulu. Tips dari aku supaya jalan cerita kalian bisa nyambung dan sesuai dengan judulnya, pertama-tama yang harus kalian buat bukanlah judulnya terlebih dahulu. Tapi keseluruhan cerita kalian. Apalagi kalau semisal kalian emang lagi bingung nentuin judul yang tepat untuk tulisan kalian nanti.

Emang kenapa sih bisa kayak gitu? Bisa dong! Contohnya nih, kalian lagi buat cerita seperti ini :

"Wawa adalah setetes air hujan yang jatuh ke sungai. Di sungai, Wawa bertemu dengan teman-teman sesama tetesan air lainnya. Wawa berkenalan dengan Fafa, Cici, dan Lala. Tapi pada suatu ketika, sungai yang sedang mereka arungi terbagi menjadi 4 cabang. Wawa, Fafa, Cici, dan Lala pun terpisah. Wawa Jadi kesepian. Ia tak begitu akrab dengan teman-teman lainnya. Tapi akhirnya Wawa mempunyai seorang teman yang sangat baik. Ia adalah Gaga. Wawa dan Gaga pun terus berteman baik. Sampai suatu ketika sungai sampai ke sebuah dataran air yang sangaaaatttt luas. Itu adalah laut. Di Laut, secara tidak sengaja Wawa bertemu kembali dengan sahabat lamanya. Yaitu Fafa, Cici, dan Lala. Wawa memperkenalkam Gaga pada mereka. Akhirnya kelima tetesan air itupun berteman semakin akrab."

Dari cerita tersebut, kita bisa mendapatkan beberapa judul cerita yang mungkin bisa kita pakai. Antara lain :

- Persahabat Wawa

- Petualangan Wawa

- Kisah 5 tetes Air

- Persahabatan Wawa, Fafa, Cici, Lala, dan Gaga

- Wawa si tetes Air

Dari beberapa judul cerita itu, tinggal dipilih saja judul yang dirasa paling cocok dengan cerita yang kalian buat.

Terakhir nih, mungkin yang paling susah. Yaitu buat agar cerita kalian itu tidak terduga ujungnya. Dibutuhkan latihan untuk bisa membuat Cerita yang alurnya sama sekali tidak terduga. Aku sendiripun kadang masih kesusahan kalau mau buat cerita yang kayak gini. Tapi gak papa kok. Asalkan kita berusaha, kita pasti bisa!!!

Disini aku gak bisa kasih contoh yang mendetail yah. Tapi aku akan kasih tau salah satu judul buku yang menurutku alur cerita nya susah ditebak.

Nama judulnya adalah Bowl Of Happiness ( Mangkuk Kebahagiaan ). Buku ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Helen yang sangat ingin dan berbakat menjadi seorang penyanyi. Tapi mama dan papa nya tidak memperbolehkan Helen untuk menggapai impiannya menjadi penyanyi. Berhubung Mama dan Papa Helen adalah dokter hebat dan terkenal, mereka ingin agar Helen juga menjadi dokter. Suatu ketika, Helen melarikan diri dari Les Kedokterannya dan pergi ke salah satu stasiun TV terkenal di kota itu. Helen berkompetisi menjadi penyanyi dengan sangat baik. Para juri yang menilai juga terkagum-kagum. Helen juga sangat senang Karena mendapatkan tiket emas untuk tampil di acara TV dan panggung ternama.

Tapi sayangnya, Mama dan Papa Helen berhasil menemukan keberadaan Helen. Saat Helen menunjukkan tiket emasnya dengan bangga, Mama merampasnya daru tangan kecil Helen dan merobeknya menjadi potongan-potongan kecil yang berserakan di lantai. Helen menjerit karena sedih dan kecewa. Dikumpulkannya potongan-potongan tiket emasnya dengan tangan gemetar. Sejak saat itu, Helen menjadi trauma menjadi penyanyi. Tapi impian dan cita-citanya masih kuat terpendam. Helen disekolahkan di sekolah kedokteran. Tapi ia tidak bisa lanjut ke jenjang pendidikan yang lebib tinggi karena nilainya yang kurang dari rata-rata. Alhasil, Mama sangat marah dan mencarikan sekolah lain untuk memlerbaiki nilai Helen. Tante Helen, adik kandung Mama menawarkan untuk menyekolahkan Helen di sekolah yang dikelolanya. Mama mengiyakan.

Di sekolah barunya, Helen menjadi sangat tertutup. Tapi pada suatu ketika, Helen berkenalan dengan Lulu. Gadis yang sudah 2 kali tidak naik kelas. Lulu sangat baik dan periang. Lulu berusaha membuat Helen menjadi senang. Helen juga diperkenalkan pada sahabat karib Lulu dengan cara yang unik. Lulu adalah pemimpin anggota klub mangkuk kebahagiaan. Cara kerja klub ini adalah meletakkan 4 buah mangkuk kecil setiap pagi di depan sekolah. Murid yang melihatnya, akan memasukkan sebagian uang jajan merema kesitu. Uang yang nanti sudah terkumpul, akan disumbangkan ke acara-acara amal.

Helen mengikuti salah satunya. Ia ikut dengan Lulu ke sebuah panti yang akan diberikan sumbangan. Helen menyanyikan lagu untuk anak-anak disana. Suaranya indah dan merdu. Mengalir bagaikan air yang menganak sungai. Suaranya juga jernih dan enaj di dengar. Semua kagum dengan bakat Helen yang telah lama ia pendam. Tapi Helen merasa ada yang aneh dengan Lulu. Ia seperti menyembunyikan sesuatu. Sampai akhirnya Helen tau kalau Lulu mengidap pengakit kanker yang sangat parah dan masih berjuang melawan kematian. Helen jadi sedih. Diceritakannya perasaannya itu pada Tantenya. Tapi, Mama tak mengizinkan Helen berteman dengab Lulu dengan alasan karena Lulu tidak naik kelas 2 kali.

Suatu hari, anggota Klub mangkuk kebahagiaan berkumpul di ruangan mereka. Helen membuat sebuah pesawat kertas. Lulu juga ikut membuat sama baiknya dengan Helen. Saat Lulu sudah tidak bisa lagi ke sekolah karena kanker yang dideritanya, Helen menghadiahinya pesawat kertas. Lulu mengaku ia juga senang membuat pesawat kertas. Lalu pada suatu hari, Lulu mengirimkan sebuah album yang membuat ia bisa berjuang melawan kankernya. Semua anggota klub mangkuk kebahagiaan berkumpul dan membuka album itu. Tak lama, mengalunlah sebuah nada yang terurai indah dari bibir seorang gadis kecil. Gadis itu adalah, Helen!

Lulu sangat terkesan dengan suara Helen yang indah. Lagu yang Helen nyanyikan menceritakan tentang pesawat kertas dan impiannya menjelajah dunia. Sejak saat itu, Lulu jadi termotivasi dan senang membuat Pesawat kertas. Lulu ingin agar Helen bisa bersekolah di sekolah penyanyi ternama. Bukan di sebuah sekolah kec di pinggiran kota.

Mama menjadi semakin marah saat mengetahui hubungan pertemanan Helen dengan Lulu yang kian hari kian akrab. Mama manampar Helen dengan keras. Tante berusaha membela Helen. Tapi ia sendiripun tak mampu melawan kemarahan kakaknya. Jadi pada suatu siang, Tante menceritakan kisah Lulu yang paling tersembunyi. Lulu tidak naik kelas bukan karena ia bodoh. Melainkan karena ia sering tak masuk kelas karena kanker yang dideritanya. Bunda Lulu sangat sayang pada Lulu sehingga mau mengabulkan permintaan Lulu untuk bersekolah sebagaimana anak-anak lainnya. Karena mendengar lagu Helen di hari ketika tiket emasnya di sobek, Lulu menjadi semangat melawan kankernya. Padahal para dokter telah memvonisnya tidak akan selamat. Tapi ternyata Lulu berjuang sangat keras. Para dokter pun menjadi keheranan. San sejak itu, Lulu sangat ingin berteman dengan Helen. Lulu juga mengajak Helen dan semua anggota Klub mangkuk kebahagiaan untuk mengikuti panggung penyanyi terkenal.

Setelah mama mendengar semuanya, akhirnya ia mengizinkan Helen untuk menjadi penyanyi dan tidak memaksanya lagi untuk menjadi dokter atau bersekolah di sekolah dokter. Helen diizinkan untuk mengikuti kontes penyanyi yang manapun juga. Helen juga diizinkan untuk menuruti keinginan Lulu membawanya ke sebuah Panggung terkenal dan menyinyi untuk semua penonton yang hadir. Kontesnya berjalan lancar dan kini Helen sudah diterima sebagai seorang Penyanyi.

Yaah... Kira-kira begitulah yah. Kalian udah pernah baca bukunya? Kasih tau aku yaah.

Bonus nih. Kalau kalian mau buat tokoh untuk cerita kalian, buatlah tokoh unik yang akan terus terngiang di benak para pembaca. Contohnya seperti karakter Upin dan Ipin, Tayo The Little Bus, Nussa Rarra, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Okey, segitu aja tips yang bisa aku bagikan buat kalian. Aku harap dengan ini bisa membantu kalian yaah... Dadaaahh~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post