Syahida Amalina A'la

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Cerita yang Menarik #5 || Inspirasi itu Keren!!

Tips Membuat Cerita yang Menarik #5 || Inspirasi itu Keren!!

Yang berikutnya adalah inspirasi. Kalian busa mendapat inspirasi ini dari mana-mana. Contohnya dari buku, video, film, cerita temen, dan masih banyak lagi. Aku kasih contoh nyata yaah...

Kalian sudah baca cerita ku yang "Antara Qonita dan Adiba" ke 6 yang judulnya Fakta yang Mengejutkan? Dibagian akhir cerita, Tante Nia tak sengaja menumpahkan Cairan dalam botol yang didapat Qonita di tas Lala. Lalu setelah melihat reaksi cairan tersebut di atas novel, Tante Nia langsung menyadari itu adalah Cairan Penghilang Tinta.

Sebenarnya, Cairan Penghilang Tinta itu ada gak sih? Aku juga gak tau ><. Sewaktu aku sedang membuat cerutanya, aku gak sengaja teringat pada e-book yang pernah aku baca. Serial Pasukan Mau Tahu : Misteri Kamar Tersembunyi ( Kalo mau baca ini linknya : https://daniskun.blogspot.com/2020/12/download-novel-enid-blyton-pasukan-mau.html?m=1 ). Disitu ada kejadian yaitu Fatty, salah satu tokoh utama di cerita tersebut membeli sebuah Cairan yang memungkinkan kita untuk menulis surat Rahasia. Sebut saja Tinta Rahasia. Jadi cara memakainya, kita mesti menyelupkan pensil ke dalam botol cairan tersebut. Kalau sudah, kita bisa langsung menulis hal apa yang kita ingin tulis. Karena suratnya tak bisa dilihat, harus menggunakan sebuak trik agar kita bisa membaca tulisan tak terlihat itu. Yaitu dengan menyetrika kertas yang berisi surat rahasia dengan Setrika Listrik. Nanti tulisan yang ada di kertas akan terlihat dan akan bisa dibaca.

Dari situ aku agak rubah sedikit. Kalau di Cerita Pasukan Mau Tahu itu Cairan yang membuat kita bisa menulis surat tak terlihat, kalau aku Cairan yang bisa menghilangkan tinta apapun di kertas. Kalau di Pasukan Mau Tahu harus menggunakan Setrika liktrik untuk membaca tulisan tak terlihat, kalau aku dengan menggunakan semprotan alkohol. Yaah... Mirip-mirip lah yah. Hehe :)

Lalu ada satu contoh lagi. Yaitu di cerita "Kebaikan Dalam Kejahatan" ke 3 yang judulnya Penculikan!. ( Ini linknya : http://syahidaamalinaala.sasisabu.id/article/kebaikan-dalam-kejahatan-3-penculikan-4112780 ) Asma diculik oleh kakaknya sendiri. Iya kan?

Jadi aku dapet inspirasi kayak gitu dari video di channel sisi terang yang tentang "Bagaimana Jika Ada Seseorang yang Mengikuti Kita dari Belakang?" Di video tersebut ada salah satu tips yaitu "Berteriak lah dan buat kegaduhan. Jatuhkan barang-barang mu yang berat dan berusaha menghindar dari penguntitmu!" Nah dari situ aku jadi kepikiran Kayaknya bakalan seru deh kalau di buat cerita. Terlebih setelah aku lihat thumbnail dari salah sati Film di youtube. Di Thumbnail itu ada judul "Kebaikan Dalam Kejahatan". Kayaknya bagus tuh dijadikan Judul cerita. Aku juga udah lihat filmnya. Agak sedih sih. Tentang adik dan kakak yang saling berpisah selama belasan tahun. Lalu mereka dipertemukan lagi untuk saling melindungi dam berjuang untuk agama Islam. Iya. Itu film Islam. Tapi agak greget pas aku tonton ><

Atau bisa juga kalian dapat inspirasi setelah melihat suatu gambar atau objek benda. Contohnya lihat-lihat postingan Room Dekor di Pinterest. Kalian bisa kembangkan menjadi sebuah Cerita yang utuh. Contoh nya seperti ini :

"Ara sudah lama ingin mendekorasi kamarnya menjadi terlihat lebih indah. Tapi ia yakin barang-barang seperti itu akan mahal harganya. Jadi Ara berusaha mencari jalan keluarnya. Ara mendatangi kakaknya dan mengutarakan keinginannya.

"Kenapa tidak kita buat dari barang bekas? Barang bekas bisa lo membuat kamar jadi terlihat lebih indah." Kata Kakak Ara mengusulkan.

"Setuju, Kak! Ayah punya banyak kardus bekas di gudang. Bunda punya banyak botol bekas air mineral di dapur. Sedangkan kakak punya banyak kertas yang tidak terpakai, kan?" Kata Ara bersemangat.

"Iya. Ada di meja kakak. Cari barang bekas lain ya. Ara masih punya cat air yang waktu itu kakak beri?" Tanya Kakaknya lagi.

"Masih kak. Ada di kamarku. Sebentar kuambilkan dulu semua yang kita butuhkan." Jawab Ara.

Ara dan kakaknya mulai membuat hiasan dinding, poster buatan sendiri, dan berbagai hiasan kamar lainnya. Kakak Ara pandai membuat pot dari botol bekas. Kakak membuatkan lima buah untuk Ara. Setelah dipasang di kamar Ara, hasilnya bagus banget. Ara jadi senang. Ternyata benar kata kakak. Maskipun dari barang bekas, hasilnya tetap keren. Selain itu kita juga bisa mengurangi sampah yang terbuang. Dengan kata lain, kita bisa membantu menjaga kebersihan."

Yaah... Begitulah kira-kira. Hehe. Sekarang kalian yang coba yah. Aku yakin kalian pasti bisa!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus!,Kak Syahida....,Kalau aku trinspirasi dari cerita kakak boleh nggak,ada kayak tinta kayak gituan?

25 Aug
Balas

Boleh doong~. Tapu usahakan agak dirubah sedikit yah ♥

25 Aug

Ok,tapi untuk cara melihat tulisannya aku nggak pake alchol,tapi pakai sesuatu,ada 2 cara,hehehe,Jazakillah kak udh diperbolehkan

25 Aug



search

New Post