Syahida Amalina A'la

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Cerita yang Menarik #4 || Menentukan Ending Sebuah Cerita

Tips Membuat Cerita yang Menarik #4 || Menentukan Ending Sebuah Cerita

Selain dengan menambah kosakata, kita juga bisa memakai tips dan trik sederhana lainnya. Semisal, kalian akan membuat sebuah Cerita. Kalian udah punya sebagian besar idenya. Hanya tinggal di kembangkan saja sedikit. Hal pertama yang harus kalian rancang dan tulis bukanlah Judul cerita kalian. Tapi justru akhir dari cerita yang akan kalian buat itu. Bisa berakhiran bahagia seperti cerita-cerita pada umumnya, misterius, sedih, mengecewakan, yang bikin gregetan, dan masih banyak lagi.

Contohnya kalian akan menulis tentang "Kado Ulang Tahun Bunda". Pertama kalian harus buat dulu akhiran dari keseluruhan cerita yang akan kalian buat. Contoh yang berakhiran bahagia :

"Neima memutuskan untuk mencari dompetnya di Toko yang kemarin ia kunjungi. Setelah ia bertanya pada penjaga kasir, penjaga itu menyerahkan sebuah dompet kecil berwarna merah marun sambil bertanya apakah ini milik Neima. Neima sangat senang bisa menemukan dompetnya kembali. Neima mengeluarkan sejumlah uang dari dompetnya dan berlari ke Toko Kado. Disana Neima membeli seikat bunga mawar dan gaun yang sudah lama Bunda inginkan. Sesampainya di Rumah, Neima menyerahkannya pada Bunda. Bunda sangat senang dengan hadiah pemberian Neima. Bunda lalu memasak Nasi Goreng Kambing special untuk Neima."

Contoh yang berakhiran mengecewakan :

"Putri Meisa dan Nenek Susan mengucapkan selamat tinggal pada Aini dan Laila. Dan mereka memberikan kenangan berupa sebuah buku yang memberikan penjelasan tentang rahasia sebenarnya Negeri Katsuri. Tentu saja Aini dan Laila merasa heraan dengan apa yang dikatakan oleh Nenek Susan dan Putri Meisa. Tapi Nenek Susan menjelaskan bahwa dikemudian hari rahasia Negeri Katsuri akan menjadi legenda yang dilupakan banyak orang. Aini dan Laila mengerti dan langsung masuk ke dalam portal dan menghilang dari pandangan Nenek Susan dan Putri Meisa.

Akhirnya Aini dan Laila dapat kembali ke Perpustakaan, tempat mereka berada sebelumnya.

"Laila, sebenarnya kita percuma membawa buku ini karena legenda Negeri Katsuri memang sudah dilupakan orang.", kata Aini dengan nada menyesal."

( Cerita lengkapnya bisa kalian lihat di link ini : http://syahidaamalinaala.sasisabu.id/article/menyibak-rahasia-misteri-legenda-katsuri-4090520 ).

Contoh yang berakhiran sedih :

"Alya tak mampu lagi bertahan dari komanya. Setelah seminggu lamanya ia terbaring di ranjang Rumah Sakit, ia mengucapkan Kata-kata terakhirnya untuk sahabat setianya, Dalila. Dalila mendengarkan dengan air mata menganak sungai. Baginya, Alya adalah saudara dan bukan hanya sebatas sahabat.

"Aku harus pergi. Terimakasih untuk segala kenangan dan kebaikanmu selama ini, Dalila. Aku menyayangimu seperti kamu menyayangiku. Doakan lah aku. Semoga kelas kita bisa berkumpul lagi si Surga..." Kata Alya dengan nafas mulai tersengal.

"Tidak, Alya! Jangan pergi. Kita bukan sahabat! Kita saudara seiman. Aku membutuhkanmu dan kamu membutuhkan aku untuk saling menguatkan. Bangkitlah, dan kau akan baik-baik saja." Kata Dalila lirih.

Mata Alya sedikit demi sedikit mulai terpejam. Dilantunkannya dua kalimat syahadat. Jasadnya terbaring terbalut selimut hijau Rumah Sakit. Matanya yang indah terpejam dan bibirnya menyunggingkan seutas senyuman. Dalila hanya bisa memandang kematian sahabatnya dengan air mata berderai..."

Contoh yang berakhiran misterius :

"Arya melangkah ke kamarnya dan bersiap tidur. Matanya yang mengantuk langsung terpejam begitu ia berbaring. Tapi keesokan harinya, Arya mendapati dirinya tengah berada di kursi sofa Ruang Tamu. Padahal pintu kamarnya terkunci dari dalam dan kuncinya ia simpan di atas lemari yang hanya bisa di jangkau dengan kursi. Ayah dan Bunda sedang di luar kota. Jadi tak mungkin memindahkan dia ke Sofa. Kakak Arya, Zahra yang melihat adiknya terlihat bingung datang menghampiri. Arya menceritakan keanehan itu pada kakaknya. Kak Zahra tertawa.

"Kemarin malam kakak masih belum tidur, kakak sedang mengerjakan tugas di sini, Di Ruang Tamu. Lalu kakak lihat kamu berjalan sambil menutup mata. Ketika kakak cek, ternyata kamu berjalan sambil tertidur dan langsung merebahkan diri ke Sofa. Jadi kakak tak ingin membangunkan kamu."

Arya ikut tertawa dan menjawab, "Oh jadi gitu. Aku malah gak sadar sedang tidur sambil berjalan."

Setelah itu Kak Zahra pergi ke Dapur karena sedang memasak. Tapi tiba-tiba Arya malah merinding sendiri. Pintu kamarnya kan terkunci? Arya berjalan ke pintu kamarnya. Oh tidak! Pintunya masih terkunci! Kalau begitu, siapa yang memindahkan Arya ke sofa?"

( Terinspirasi dari salah satu cermis Majalah Bobo ).

Itu tadi adalah beberapa contohnya. Kalian bisa berkreasi sendiri karena aku yakin hasil karya kalian akan lebih bagus daripada yang aku contoh kan tadi. Selamat Mencoba!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih kakkk infonya!,Jadi penasaran sama yang misterius yang trinspirasi sama majalah bobo hehehe

25 Aug
Balas

Iyah. Aku juga lupa itu edisi ke berapa

25 Aug



search

New Post