Syafa Dwi Almeera Asis

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tanamkan Kebiasaan Membaca, Raihlah Masa Depan Cerah

Tanamkan Kebiasaan Membaca, Raihlah Masa Depan Cerah

Tanamkan Kebiasaan Membaca, Raihlah Masa Depan Cerah

By : Syafa Dwi Almeera Asis

Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan atau proses memahami isi teks dengan bersuara mau pun dalam hati, yang mempunyai tujuan utama yaitu untuk memahami seluruh informasi yang ada pada suatu teks bacaan. Membaca termasuk salah satu kegiatan yang sangat penting dan bermanfaat bagi seorang individu. Dengan membaca kita bisa mengembangkan atau meningkatkan sisi intelektual yang ada dalam diri kita.

Seperti yang kita tahu, survei UNESCO menunjukkan bahwa minat baca masyarakat paling rendah di ASEAN adalah Indonesia. Karena pada dasarnya sebagian orang pada zaman sekarang ini menganggap kegiatan membaca adalah kegiatan yang membosankan. Padahal, terdapat banyak manfaat saat kita membaca.

Kebanyakan orang tua menerapkan kegiatan membaca kepada anak – anaknya dimulai pada umur 5 tahun atau bisa disebut sejak dini. Yang biasa diawali dengan pengenalan huruf, angka, dan kata – kata atau kalimat sederhana yang mudah untuk diingat, dipelajari dan dipahami. Dan kami tentunya sebagai anak mengikuti arahan dari orang tua, karena kami tahu bahwa orang tua pastinya menginginkan masa depan anaknya menjadi baik.

Di masa remaja seperti kita saat ini, pasti sebagian teman – teman kita ada yang suka membaca. Mau itu membaca secara langsung yang berarti terlihat wujud bendanya contohnya komik, novel, majalah dan lain – lain. Dan juga membaca secara tidak langsung yang berarti lewat teknologi / handphone contohnya dari beberapa aplikasi misalnya wattpad, webtoon, fizzonovel, dan masih banyak aplikasi lainnya. Dari beberapa contoh aplikasi – aplikasi tersebut pastinya terdapat sisi negatif dan sisi posistifnya.

Pertama , kita bahas sisi negatifnya. Saat kita membaca teks dari aplikasi – aplikasi tersebut tentunya lewat handpone yang kita tahu juga bahwa handphone ini memiliki radiasi yang tidak baik dan sangat berbahaya jika kita menggunakannya secara berlebihan atau secara terus menerus. Terlebih lagi kebiasaan orang saat ini menggunakan handphone dalam keadaan ruangan gelap, yang berarti tidak ada cahaya lagi selain dari handphone tersebut. Dari kebiasaan tadi, terdapat dampak yang sangat tidak baik untuk tubuh terutama mata kita. Karena radiasi dari handphone tersebut hanya akan mengarah ke penglihatan kita, dan bisa merusak organ mata kita. Selain itu jika kita menggunakan aplikasi handpohne tadi secara berlebihan juga dapat mengubah pola hidup kita, mengapa? Karena kita ketagihan dan akan lupa dengan waktu, sehingga kegiatan atau pola hidup yang biasa kita lakukan secara baik akan terlupaka dan terlewatkan karna kita terlalu sibuk dengan handphone. Dan juga, jika kita menggunakan secara berlebihan maka berdampak pula dengan mental tubuh kita, dikarenakan berhalusinasi yang berlebihan.

Dari beberapa contoh sisi negatif, terdapat banyak pula sisi positifnya. Dengan adanya atau munculnya aplikasi tersebut pastinya kita sebagai remaja sekaligus pelajar merasa senang karena kita bisa membaca suatu teks tidak harus dari wujud bukunya langsung, melainkan secara praktis yaitu membaca dari handphone. Kita ambil contoh, semisal kita sedang berpergian jauh dan kita lupa atau malas membawa buku lalu yang kita hanya membawa handphone, maka kita bisa menggunakan handphone tersebut untuk membaca lewat aplikasi – aplikasi yang tersedia atau aplikasi yang sudah kita download sebelumnya. Dan dari kegiatan tersebut pula kita bisa menggunakan waktu luang untuk menambah kosa kata bahasa yang kita miliki, mengembangkan imajinasi yang kita punya dan dengan seringnya kita melakukan kegiatan tadi berarti kita juga mengasah kemampuan membaca yang kita menjadi lebih baik lagi.

Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa pastinya harus belajar mencintai kegiatan membaca ini karena sangat penting untuk masa depan kita nantinya. Tetapi kita harus mengerti juga dengan waktu mana yang tepat untuk kita gunakan. Buang sikap malasmu dan terapkan kebiasaan baikmu !!! Dari kebiasaan baik tersebut kita bisa mencapai impian atau cita – cita kita nantinya, termasuk membanggakan kedua orang tua beserta keluarga kita.

Dengan aku membaca pula, masa depanku menjadi cerah!!!

Biodata penulis

Assalamualaikum annyeoonggg yeorobunn !!! Perkenalkan nama saya Syafa Dwi Almeera Asis. Kebanyakan orang memanggil saya Syafa / meera . Saya lahir di Bali pada tanggal 1 Desember 2008, tetapi saya besar di Jember, Jawa Timur. Sekarang saya berumur 14 tahun, saya duduk di bangku SMP MTS Negeri 1 Jember dikelas 8. Saya berharap dengan teks di atas bisa memotivasi teman – teman semua yaa,

Jika kalian ingin kenal lebih dekat dengan saya silahkan hubungi nomer 081336915824 atau bisa ke email saya [email protected], dan juga bisa mampir ke instagram saya @syflyrae. Sekian dari saya terima kasih Wassalamu’alaikum Wr. Wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post