Sofiya Angraini

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka membuatku menjadi luar biasa

Pramuka membuatku menjadi luar biasa

Oleh: Sofiya Angraini

Waktu saya masih duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, awalnya, saya tidak tahu tentang Pramuka. saya berpikir "Pramuka itu seperti apa? Pramuka itu kegiatannya apa saja? Lalu, saya bertanya kepada kakak-kakak pelatih Pramuka untuk mencari tahu jawabannya. Ternyata, Pramuka adalah singkatan dari "Praja Muda Karana." Pramuka merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Kakak-kakak pelatih juga menceritakan tentang asyiknya saat berkemah di pinggir pantai. Lalu, saya berinisiatif untuk mengikuti kegiatan Pramuka. Selanjutnya, kedua orang tua saya sangat mendukungku untuk mengikuti Pramuka tersebut.

Keesokan harinya tepat pada hari Jum'at waktu itu, guru saya memanggilku dan menyuruh untuk mengikuti lomba-lomba Pramuka dan berkemah di pinggir pantai. Saat itu, saya sangat senang karena bisa ikut berkemah bersama teman-teman. Dalam kesempatan itu, kakak-kakak pelatih Pramuka memanggil dan mengajari saya cara membuat tenda dan tali-temali yang benar. Dari kegiatan itu, saya sangat bahagia karena bisa belajar dan mendapatkan banyak teman serta membuat saya menjadi lebih percaya diri.

Kegiatan pramuka memberi banyak manfaat bagi anggotanya. Pramuka juga dapat melatih kita agar dalam kehidupan sehari-hari lebih disiplin. Pramuka sangat dikenal dengan kedisiplinan dan ketertibannya dalam hal tata tertib tata tertib yang ketat. Semua anggota harus mematuhi peraturan yang telah dibuat. Karakter yang dapat dikembangkan melalui kegiatan kepramukaan antara lain sifat jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air.

Apa yang saya lakukan dalam kegiatan pramuka? Saya banyak belajar dan berlatih dan dilatih sampai bisa oleh kakak-kakak pembina. Kegiatan itu meliputi bagaimana cara membuat tiang bendera dari tongkat Pramuka dengan diberi waktu selama 5 menit. Kemudian, saya menyambungkan tongkat itu dengan melilitkannya dan mengikat menggunakan simpul pangkal. Pada akhirnya, waktu sudah habis dan saya bisa melakukannya secara mandiri. Selain itu, saya disuruh membuat yel-yel secara berkelompok. Pada waktu itu, nama kelompok Pramuka kita adalah Regu Mawar. Aku masih teringat dengan yel-yel yang sudah dibuat bersama kelompokku. Yel-yel itu berbunyi:

"Kita regu mawar!

Mawar! Mawar!

Kita pasti bisa!

Berjuang menang!

Regu mawar hebat!

Jempolan terbaik

Regu mawar! Yes 3x!"

Setelah selesai membuat yel-yel, kita semua pulang latihan.

Tiba saatnya berkemah, kita semua berkumpul di sekolah dan menaiki mobil pick up untuk menuju ke pantai. Sesampainya di pantai, kita mencari tempat dan membuat tenda untuk berteduh. Dalam acara perkemahan itu, saya menemukan sahabat saya dari SD lainnya dan kita bermain bersama sambil bercerita tentang keseruannya ikut berkemah bersama di pantai.

Bagaimana keseruannya saat aku berkemah di pantai? Banyak kegiatan lomba yang aku ikuti bersama teman anggota yang lain. Pada saat lomba baris-berbaris, kita dituntut tampil atau mampu berbaris di depan panggung. Bagaimana kita bisa berbaris dengan tertib dan rapi. Selanjutnya, kita bersiap-siap untuk mengikuti lomba membuat tiang bendera dari tongkat. Para juri hanya memberikan waktu selama 5 menit. Pada waktu itu, regu kami belum bisa tampil maksimal. Karena regu kami tidak siap, akhirnya kalah. Tapi, dari kekalahan tersebut, hal itu tidak membuat saya berputus asa. Yang terakhir adalah saya juga mengikuti lomba melempar bola dan menjatuhkan botol. Syukur alhamdulillah, saya mendapat juara 2. Pada saat pembagian hadiah, saya maju tampil ke depan panggung dan mengambil hadiah tersebut serta mengucapkan terima kasih. Itulah beberapa manfaat yang saya peroleh dari kegiatan pramuka. Saya sangat senang karena usaha saya tidak sia-sia begitu saja. Itulah keseluruhan ku dalam mengikuti Pramuka. Senang bukan? Pramuka memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada dalam dirinya, baik itu spiritual, sosial, dan fisik. Dengan ikut Pramuka, kita bisa berkarya dan maju bersama. Salam Pramuka! Pramuka is the best!

Biodata siswa:

Nama: Sofiya Angraini

TTL: Situbondo,02-04-2008

Sekolah: SMPN 1 Suboh - Situbondo

Email: [email protected]

No. HP: 089670153827

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post