Sofi Marshella Djuned

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

My Favorite Lesson

Assalamualaikum, perkenalkan namaku Sofi Marshella Djuned. Ini ada sedikit cerita tentang pengalaman saya yang berhubungan dengan tema, yaitu "PENDIDIKAN: Jalan Terang Mencapai Kesuksesan". Pendidikan diajarkan kepada anak anak semenjak kecil, entah itu dari tindakan kita cara mendidik, ataupun secara lisan atau penjelasan. Coba bayangkan, jika sejak kecil kita tidak diajarkan cara membaca dan menulis, kira kira saat ini kita akan menjadi bayi besar yang tidak tahu apapun.

Banyak para remaja ataupun orang dewasa yang berusaha mendidik anak anak mereka, terutama orang-orang yang bekerja menjadi guru, mereka rela mengesampingkan pekerjaan rumah demi mendidik murid murid mereka disekolah. Namun sebaliknya, para murid mengharapkan para guru tidak hadir dan menikmati jamkos (jam kosong) mereka, tapi untungnya masih ada beberapa murid yang menghargai perjuangan guru untuk mendidik mereka.

Bicara tentang pendidikan. Saat kecil aku suka mengeluh untuk belajar, kenapa? "Karena belajar itu hal yang membosankan..." Pikirku.Tapi ketika aku menduduki sekolah dasar (SD), aku mulai paham... Alasan aku tidak suka belajar adalah karena aku tidak tertarik pada pelajaran yang disampaikan, hingga pada akhirnya saya mengenali pelajaran yang bernama Bahasa Indonesia, Seni Budaya, Matematika, dan bahasa Inggris. Pada awalnya saya memang tidak tertarik pada matematika karna menghitung akan menguras tenaga pikiran ku, tapi semenjak menduduki kelas delapan akhirnya ketertarikan atau rasa cinta pada matematika mulai tumbuh perlahan.

"Ternyata matematika itu menyenangkan... Selama aku paham rumus dan tau cara menghitung, itu semua akan mudah!" Pikirku.

Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, mungkin saya menyukai pelajaran bahasa Indonesia karena penjelasan tentang teks ataupun puisi seru, terkadang saya suka bagian merangkum walaupun cara saya menulis ataupun penulisan saya dibuku tidak terlalu rapi seperti yang lain. Bahasa Inggris? Saya memahami bahasa Inggris, terkadang saya berbicara bahasa Indonesia dengan campuran bahasa Inggris, contohnya "I know that place, cuman aku jarang ke sana, hanya melewati cafe itu kok", "That's cute, ins't it? Jelas dongg, kucing ku gitu lho~", dll. Saya tau itu sedikit... Weird (aneh), bahasa Inggris saya masih tidak terlalu bagus, jadi saya ingin mempelajari nya lebih dalam. Saya tau bahasa Inggris karena sering mendengar lagu Inggris. Lagu favoritku berjudul "Golden Hour", terutama saat lagu tersebut bergabung dengan suara "Fujii Kaze", selain lagi Inggris saya juga sering mendengar lagu Korea ataupun Jepang. U

Untuk lagu Jepang aku tidak mengetahuinya lebih dalam, namun untuk lagu Korea terkadang lebih fokus pada penari pada rekaman, contohnya lagu "Candy-NCT", "Devil by The Window-TXT", dll. Sejujurnya saya lebih sering mendengar lagu NCT dibanding yang lain, saat menduduki kelas tujuh juga suka mendengarkan lagu BTS, namun sekarang berganti menuju NCT. Walau saya tidak terlalu pandai dalam menari, terkadang aku meniru tarian tarian yang dilakukan oleh member NCT, namun saya menirunya di ruang tertutup. Untuk lagu Jepang mungkin hanya menyukai beberapa lagu dari game karakter game, salah satu game tersebut adalah "obey me", game Jepang yang terdapat tujuh karakter iblis, saya lebih tertarik dengan lagu yang dibuat oleh masing masing karakter.

Matematika? Sejak kecil saya berpikir matematika hanyalah masalah perhitungan angka, namun saat menduduki kelas tujuh saya mulai membenci matematika karna munculnya materi aljabar yang membuatku kebingungan. Anehnya saat itu aku bisa mengerjakan semua soal dengan baik walau saya tidak suka berhitung. Saat menduduki kelas delapan saat ini perlahan mulai menyukai matematika karna saya merasa itu pelajaran mudah dan mulai tertarik dengan perhitungan angka.

Seni Budaya? Mungkin karna semenjak menduduki kelas tujuh saya menemukan bakatku sendiri, yaitu menggambar. Namun anehnya saat menduduki kelas delapan, saya memang ada tingkatan dalam menggambar, namun tetap saja rasanya seperti kata kata ini. "Apakah bakatku hanya ini?", "Dalam Islam ditunjukkan bahwa pada hari kiamat nanti para pelukis, terutama yang menggambar hal hal makhluk bernyawa, gambar tersebut akan diberi nyawa... Tidak mungkin gambaran ku diberi nyawa kan? Maksudku- gambaran ku tidak terlalu realistis, gambaranku hanya gambaran anime.. itu tidak apa kan?" Itulah isi pikiran ku. Walau begitu, beberapa ceramahan ustadz yang saya temukan di tiktok maupun youtube, ada yang mengatakan bahwa itu memang tidak diperbolehkan, namun beberapa juga ada yang mengatakan bahwa itu diperbolehkan asal tidak berlebihan, tapi saya tetap saja khawatir.

Saat ini saya berharap disaat memasuki SMA nanti akan menemukan bakat baru selain menggambar, ataupun mungkin hobi atau hal menarik lainnya. Mungkin aku ingin disaat SMA nanti menjadi youtuber gacha (permainan membuat karakter) yang akan memosting video drama pendek dari game tersebut, atau mungkin berharap menjadi penulis novel tertentu seperti orang orang diluar sana.

Tidak hanya itu, pelajaran yang lainnya pun juga saya masih berusaha untuk meningkatkan nilai pada pelajaran tersebut. Berbicara tentang pendidikan, saya menceritakan ini untuk menunjukkan perbedaan diriku berkat mempelajari pelajaran yang kusuka lebih dalam. Diriku yang saat kecil mungkin tidak akan sehebat diriku sekarang, walau keadaan lingkungan saya lebih toxic/kasar dibandingkan keadaan lingkungan saat kecil, tapi aku berusaha memikirkan hal positif dan menghindari hal hal negatif tersebut.

Tanpa adanya guru dan orang tuaku, mungkin saya tidak akan bisa tumbuh menjadi seperti ini, berkat mereka semua akhirnya aku bisa mengetahui bakat ataupun mengetahui tentang diriku lebih dalam.

Baiklah. Hanya segini yang bisa saya ceritakan, sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan kata (typo) ataupun kata kata yang kasar/tidak dimengerti, sekian cerita pengalaman yang sesuai dengan tema. Sedikit pengingat, cobalah untuk berdo'a sebelum belajar jika anda ingin sukses atau memasukkan materi pelajaran kedalam otak, saya tau tips ini dari beberapa ceramah ustadz di youtube maupun tiktok, tips ini akan bekerja jika anda mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan tanpa keluhan. Sekian, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post