Siti Zakiyah Arrahmah Mohammad

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Membaca Buku, Memperluas Pengetahuanmu
Sebagai seorang manusia yang diberi kelebihan yakni akal dan pikiran, kita harus memanfaatkan sebaik mungkin guna tidak menyesal di kemudian hari.

Membaca Buku, Memperluas Pengetahuanmu

Membaca Buku, Memperluas Pengetahuanmu

Manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia dibanding makhluk lainnya seperti jin, tumbuhan, dan hewan. Hal tersebut dikarenakan Tuhan menciptakan kita sebagai manusia dengan dibekali keistimewaan yakni akal dan pikiran. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita harus manfaatkan kelebihan yang Allah SWT berikan kepada kita supaya di kemudian hari kita tidak menjadi orang yang merugi. Cara memanfaatkannya adalah dengan melakukan salah satu kegiatan positif contohnya yaitu membaca buku.

Sudah tidak asing lagi bukan bagi kalian mendengar pepatah "buku adalah jendela dunia" ? Ya, pepatah itu memang benar adanya. Sebagai jendela dunia, buku bisa kita ibaratkan sebagai jendela dunia dan 'membaca' bisa kita ibaratkan sebagai kunci. Dengan membaca buku, tentunya kita dapat membuka jendela dunia. Hal tersebut berarti, dengan membaca buku, membuat kita membuka jendela dunia, mengetahui permasalahan atau informasi yang terbaru dari seluruh belahan dunia.

Jika kita ingin membaca buku, tidak ada aturan yang begitu ketat untuk dilakukan. Usia berapapun kita, mau kita remaja, mau kita dewasa, mau kita lansia pun membaca buku diperbolehkan. Dimana pun, kapan pun kita ingin membaca buku pasti diperbolehkan. Hanya saja, bila kita berada di tempat umum, kita harus memperdulikan kenyamanan orang lain dengan cara membaca buku di dalam hati atau hanya komat-kamit mulut saja. Yang terpenting adalah ada ilmu bermanfaat yang bisa kita ambil dan kita aplikasikan di kehidupan bermasyarakat dari apa yang kita baca.

Membaca buku, tentunya memiliki banyak manfaat yang salah satunya memperluas wawasan pengetahuan kita. Mengingat bahwa buku adalah sumber pengetahuan informasi baik itu dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. Baik mencakup nasional maupun mencakup internasional, membaca buku dapat memperluas wawasan pengetahuan kita. Dengan meluasnya wawasan pengetahuan yang kita miliki, hal tersebut akan membuat kita nyaman dan membuat percakapan nyambung ketika membahas suatu topik bersama lawan bicara. Selain itu, dengan meluasnya wawasan pengetahuan kita, dapat membuat kita berpikir secara kritis yang nantinya dapat mempermudah kita mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan sesuatu.

Pernah mendengar dan tahu makna dari pepatah " Tong kosong nyaring bunyinya " ? pastinya kita tidak mau diri kita seperti itu ya :). Maka dari itu, perbanyaklah membaca buku supaya kita banyak mendapatkan informasi baru yang selama ini belum kita ketahui. Semakin banyak pengetahuan yang didapat, maka kita pun lebih siap menghadapi tantangan hidup di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Ilmu yang kita dapatkan dari membaca buku bisa membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia yang berbeda.

Dengan memiliki wawasan yang luas, dapat kita saluran bakat kita dengan cara berpatisipasi lomba, baik itu tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi, tingkat nasional bahkan tingkat internasional yang nantinya akan memperkaya pengalaman hidup kita serta dapat membanggakan keluarga, agama, nusa, bangsa serta diri sendiri.

Jadi, ayo kita perbanyak baca buku supaya pengetahuan kita makin luas, pikiran kita semakin kritis dalam menyikapi suatu permasalahan, sejalan atau searah ketika berbincang dengan lawan bicara dan dapat bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Biodata Penulis :

Seorang yang bernama lengkap Siti Zakiyah Arrahmah Mohammad ini lahir di Indramayu, 4 Agustus 2003. Ia tinggal di Jalan Pengairan Lakbok – Langensari Dusun Kedungwaringin RT07 / RW06 Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar Jawa Barat 46342 Indonesia. Alhamdulillaah atas izin Allah SWT, ia telah menamatkan serta dinyatakan lulus di SMA Negeri 2 Banjar kelas XII jurusan Bahasa. Memiliki hobi makan dan menyukai bermain bulutangkis. Ia memiliki ketertarikan mempelajari bahasa Korea dan bahasa Jerman. Kegiatan positif yang ia lakukan adalah membantu orang tua membereskan rumah, memasak dan mendengar kajian islam secara online. Ia memiliki cita-cita menjadi orang sukses di dunia maupun di akhirat. Ia bisa dihubungi melalui email: [email protected] .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post