SITI LAILA RIZKIA ZALFA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Generasi Melek Hoax Untuk Indonesia Bermartabat

Generasi Melek Hoax Untuk Indonesia Bermartabat

Pada tahun 2020, Indonesia tercatat sebagai Negara pengguna smartphone terbesaR di dunia. Hal tersebut dijelaskan oleh Newzoo di artikel yang berjudul “10 Negara dengan Pengguna Smartphone Terbanyak (2020)”. Laporan Newzoo menunjukkan bahwa pengguna smartphone terbesar urutan ke-4 dimiliki oleh Indonesia, dengan pengguna kurang lebih mencapai 170,4 juta. Penetrasi smartphone di bumi ibu pertiwi telah mencapai 61,7% dari total populasi.

Berbicara mengenai smartphone, penulis akan mengulas secara singkat apa yang disebut smartphone tersebut. Smartphone adalah handphone cerdas dengan kelebihan dibandingkan alat telekomunikasi lainnya. David Wood menyebutnya sebagai handphone cerdas, sementara Williams dan Sawyer mendefinisikannya sebagai alat seluler dengan beragam layanan seperti layar, mikroprosesor, dan lain-lain, sehingga memiliki fitur yang lebih lengkap daripada handphone biasa.

Saat ini, gadget atau smartphone telah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan, terutama kaum milenial. Hampir semua kegiatan kaum milenial tak lepas dari peran gadget. Teknologi yang satu ini memang terbilang cukup penting, karena melalui teknologi ini memiliki banyak manfaat dan mudah dijumpai. Menurut beberapa artikel, gagdet sangat bermanfaat dalam mencari informasi yang ada. Melalui informasi yang disebarkan melalui gadget, kita mampu untuk meng-update pikiran kita mengenai dunia dan juga mampu untuk mempermudah aktivitas kita.

Namun dibalik kelemahan pasti akan ada kekurangan, selain tersebarnya informasi yang benar-benar akurat, terdapat pula beberapa informasi hoax yang juga ikut beredar. Hoax adalah informasi yang sudah direkayasa yang seolah-olah meyakinkan, akan tetapi tidak dapat diverifikasi kebenarannya. Dan saat ini yang menjadi permasalahan, tidak semua masyarakat terutama kaum milenial mampu untuk memilah berita atau informasi yang diterima. Lantas apa dampak buruk dari penyebaran informasi hoax? Dampak buruk dari penyebaran informasi hoax diantaranya adalah dapat menimbulkan kecemasan bahkan sampai tindak kekerasan.

Penyebaran informasi hoax berdampak buruk bagi masyarakat, bahkan dapat menimbulkan kecemasan dan tindak kekerasan. Oleh karena itu, kaum milenial sebagai generasi yang dianggap memiliki kecerdasan intelektual tinggi dan pemikiran terbuka, harus menjadi penangkal luasnya berita hoax. Terdapat tiga langkah antisipasi yang dapat dilakukan oleh kaum milenial:

Pertama, budayakan penggunaan internet yang beretika Kebebasan kita dalam menggunakan media sosial, bukan berarti kita bisa melakukan apa pun yang terkesan melewati batas. Termasuk menyalahgunakan fungsi bahasa sebagai penyalur dari informasi. Kebebasan berinternet harus juga diimbangi dengan etika yang baik dalam penggunaannya.

Kedua, meningkatkan kualitas diri. Kaum milenial Indonesia yang dinilai sebagai generasi penerus dan dianggap sebagai agen perubahan, diharuskan untuk selalu meng-upgrade diri dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang bisa menguatkan karakter sehingga mampu untuk menjadi tameng ketika hendak berbuat negatif.

Ketiga, dan yang terakhir adalah menjadi filtrasi informasi. Sebagai kaum milenial yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi diharapkan mampu untuk menyaring informasi yang diperoleh. Dengan cara, membaca informasi tersebut dengan seksama, mengecek portal yang diperoleh serta mengecek kebenaran dari informasi tersebut sebelum disebarluaskan.

Dengan menggabungkan dan mengimplementasikan ketiga langkah tersebut, kita dapat membentuk anak-anak Indonesia yang hebat. Anak-anak yang melek akan informasi hoax ini akan berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia bermartabat. Mari bersama-sama menciptakan masa depan Indonesia yang gemilang dengan menghadapi dan mengatasi informasi hoax.

Biodata Singkat

Hallo sahabat hebat... Perkenalkan, nama saya Siti Laila Rizkia Zalfa. Saya lahir di Pasuruan Jawa Timur, pada tanggal 18 Juli 2005. Saya saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kejayan. Teman-teman biasa memanggil saya dengan Ella, kalian juga bisa memanggil saya Ella. Teman-teman dapat menghubungi saya melalui email [email protected] atau no wa 0881027322795.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post