Shofiyah Syifa Mujahidah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kutitipkan Gelimang Impian Pada-Mu

Kutitipkan Gelimang Impian Pada-Mu

Kutitipkan Gelimang Impian Pada-Mu

Oleh: Shofiyah Syifa Mujahidah

Impian. Mimpi. Dua kata itu yang kupahami sejak menginjak bangku sekolah menengah. Saat itu aku mulai menyusun dan memikirkan impianku kelak. Ingin menjadi apa aku di masa mendatang? Inginkah aku menjadi dokter, cita-citaku masa kecil dulu? Atau menjadi guru, sebuah profesi mulia?

Sejak menduduki bangku sekolah menengah, aku mulai mencari jati diriku. Sebenarnya, apa bakatku? Apa kemampuanku? Apa yang bisa aku banggakan dari diriku? Aku mendapatkan jawaban itu tak lama berselang. Aku cinta pada dunia angka, aku juga cinta pada dunia kata-kata. Aku suka bergelut dengan angka-angka yang memanaskan otak. Aku juga suka menggali otak untuk menemukan sebuah ide cerita. Ya, aku tak bisa memungkiri, bahwa aku cinta dunia matematika dan dunia cerita. Aku menyukai keduanya, bahkan sejak sekolah dasar.

Akhirnya, aku memutuskan untuk fokus dalam dunia cerita. Apalagi, saat itu masih belajar online. Aku lebih sering menggunakan laptop. Ketika ada waktu luang pun, aku menggunakan laptop. Untuk menulis tentunya.

Aku mengikuti pelatihan tulis-menulis. Aku juga mengikuti perlombaan-perlombaan. Saat itu, aku tidak berpikir bahwa aku harus memenangkan perlombaan itu. Yang aku pikirkan hanyalah bagaimana caranya agar aku bisa mengasah keterampilanku itu sehingga aku benar-benar mahir dalam dunia yang aku sukai.

Aku tidak hanya memokuskan diri pada cerita-cerita fiksi, tetapi juga kisah nyata yang aku alami sehari-hari. Bagaimana cara aku mendapatkan ide? Ah, ide itu mudah dicari. Dari lingkungan kita, dari kebiasaan kita, bahkan dari pelajaran kita. Bahkan, aku bisa membuat puisi berjudul “Apa Salahnya” yang terinspirasi dari pelajaran biologi tentang pemanasan global.

Tak terasa, sudah ribuan rintangan kulewati, sejuta kata yang menusuk hati, dan berbagai perlombaan yang kumenangi, kini aku dapat lancar dalam menulis. Jemariku tidak lagi kaku ketika menari di atas keyboard. Otakku tidak lagi ‘nge hag’ ketika disuruh mencari ide. Bahkan, berlembar-lembar kertas telah kutuliskan dengan cerita-ceritaku. Berbelas-belasan perlombaan yang telah kuikuti dengan riang hati.

Aku bahagia menulis. Aku senang dengan kemampuanku dalam menulis cerita. Setidaknya, aku dapat menghibur diriku sendiri, bahkan menghibur orang lain dengan tulisanku.

Lantas, apa impianku?

Tems, jawabannya tentu saja menjadi penulis yang kreatif dan bermanfaat bagi umat dan bangsa. Aku tak ingin tulisan-tulisanku mengundang kericuhan bagi para pembaca. Aku juga tak ingin tulisanku sia-sia dimakan masa. Aku ingin, tulisan-tulisanku dikenang orang sebagai tulisan berfaedah dan enak dibaca.

Kini, aku sedang menempuh jalan untuk menggapai impianku itu. Tentunya dengan iringan doa dari kedua orangtua, nenek dan kakek, teman-teman, dan guru-guru yang selalu memotivasi. Aku menitipkan impian kecilku itu dalam doa-doa mereka. Karena, aku tidak tahu doa siapa yang akan diijabah oleh Allah nantinya.

Tapi, bagaimana dengan dunia matematikaku?

Tentu aku tidak akan meninggalkannya begitu saja. Aku akan berusaha juga agar dunia menulisku akan sejalan dengan dunia matematikaku.

Nah, teman-teman, apa kalian mengira impianku hanya itu?

Tentu tidak! Impianku beribu banyaknya mengambang di langit. Impian-impian masa kecil, impian masa mendatang, dan impian masa kini. Aku tidak akan pernah menghapus barang satu impian dari yang sudah terbubung di langit. Akan kutitipkan impian itu pada-Nya. Aku titipkan doaku pada-Nya. Biarlah Dia yang menentukan, impian mana yang akan berhasil kuraih, dan impian mana yang akan menjadi kenangan agar aku tetap kuat.

Allah, titip impian-impianku, ya.

***

Profil Penulis:

Assalamu’alaikum, salam literasi semuanya. Namaku Shofiyah Syifa Mujahidah, bisa dipanggil Shofiyah. Aku lahir pada 09 Oktober 2009 (ditunggu doa terbaiknya) di Pekanbaru. Aku pernah menimba ilmu di TKIT Al-Fikri IGS Pekanbaru, dan MIM Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Saat ini, aku berada di kelas 8 MTs Al-Ittihadiyah Pekanbaru. Prestasi yang pernah kuraih di antaranya, Pemenang Lomba Tulis Cerpen SMP dalam rangka FESTA 2021 IGBS Darul Marhamah; 5 kali menjadi Pemenang Lomba Menulis MediaGuru; Pemenang lomba tahfizh ketika SD; dan lain-lainnya. Aku mempunyai blog tempat aku menulis cerita, kalian bisa mengunjungi https://shofiyahsyifamujahidah.sasisabu.id/. Alamat emailku [email protected]. Salam kenal semua!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post