Sherlyna Lusiana Evalyn

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpustakaan Sebagai Rumah ke Duaku

Perpustakaan Sebagai Rumah ke Duaku

By: Sherlyna Lusiana Evalyn

Siswa SMP Negeri 2 Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya

Buku....Jika kita perhatikan buku itu hanya lah lembaran kertas berisi tulisan ataupun gambar yang digabungkan menjadi satu. Mungkin bagi sebagian orang itu hanya terdengar sepele, tetapi justru mempunyai banyak manfaat.

Saya adalah seorang pelajar yang tinggal di desa. Tentu saja saya sangat akrab dengan buku. Buku merupakan kebutuhan pokok bagi kami yang tinggal di pedesaan. Karena disini kita belum memanfaatkan teknologi modern secara maksimal.

Disekolahpun kami menggunakan buku sebagai sumber utama dalam belajar. Berbicara tentang buku pasti akan terbayang dengan tempat dimana kita bisa mendapatkan buku. Salah satu tempat yang terdapat banyak buku adalah perpustakaan. Biasanya saya mengunjungi perpustakaan hanya sekedar untuk meminjam buku pelajaran. Pada saat itu saya masih belum tertarik untuk membaca buku selain buku pelajaran.

Saat hendak meminjam buku di perpustakaan, saya bertemu dengan ibu Dra.Eliyarni. Beliau memperlihatkan kepada buku-buku karya kakak kelas saya. Setelah membaca nya saya berkeinginan untuk menerbitkan buku seperti itu juga.

Mulai saat itu saya meluangkan waktu mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku selain buku pelajaran. Saya merasa perpustakaan adalah rumah kedua. Tidak hanya di jam istirahat saja saya mengunjunginya, tetapi disetiap ada waktu luang saya menyempatkan diri mengunjunginya. Apalagi sebagai pengurus OSIS, ruangan kami ada di samping perpustakaan. Tak jarang kamipun menjadikan perpustakaan sebagai basecamp rapat kami. Sembari menanti kegiatan rapat dimulai biasanya saya membaca buku yamg ingin saya baca.

Awalnya saya tidak pernah berpikir untuk menjadi seorang penulis. tetapi karena sering membaca buku di perpustakaan saya berkeinginan untuk menjadi seorang penulis. Berharap tulisan saya bisa dicetak dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Setelah itu buku tersebut bisa di sumbangkan ke perpustakaan. Agar orang lain bisa membacanya.

Saat itu saya bingung akan memulai dari manakah untuk bisa menjadi seorang penulis. Hingga pada akhirnya ada seorang guru datang menghampiri saya. Beliau menawarkan saya untuk mengikuti lomba menulis. Ada keraguan dalam diri saya untuk menerima tawaran tersebut. Apakah saya mampu untuk menyelesaikan lomba itu? . Sedangkan ini pertama kali nya saya mengikuti lomba seperti itu. Tetapi di sisi lain saya berpikir mungkin inilah jalan agar impian saya menjadi seorang penulis bisa terwujud.

Setelah saya pikir-pikir dan mempertimbangkannya saya memutuskan untuk menerima tawaran lomba tersebut. Lomba itu bernama ” Anak Indonesia Cinta Buku” yang diselenggarakan oleh media guru. Dengan sering membaca ide-ide saya bisa lahir dan saya bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan Alhamdulillah...atas kerja keras saya dan bimbingan dari ibu Dra. Eliyarni saya menjadi salah satu pemenang dalam lomba itu. Saya sangat tidak menyangka bisa memenangkan lomba ini tetapi disatu sisi saya merasa sangat senang karena perjuangan saya selama ini tidak sia-sia. Sekarang buku itu sudah diletakkan di perpustakaan sekolah saya. Impian saya untuk menerbitkan sebuah buku sudah terwujud.

Tidak hanya sampai disitu, kali ini saya mengikuti lomba lagi yang berjudul “ Kami, Buku dan Perpustakaan. Saya berharap bisa memenangkan lomba ini. Semoga cerita ini terpilih dan bisa dibukukan. Kemudian bisa di sumbangan ke berbagai perpustakaan yang ada di daerah saya. Saya akan sangat senang jika ada yang terinspirasi setelah membaca cerita ini.

Biodata Penulis

Nama : Sherlyna Lusiana Evalyn

Tempat/ Tanggal Lahir : Dharmasraya, 21 Januari 2008

No HP : 082132977030

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post