sayyida alin alfarikha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

BIJAK BERINTERNET, HADAPI TANTANGAN DAN JANGAN LUPAKAN LOCAL WISDOM

Perkembangan teknologi ke arah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan apapun tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.

Teknologi digital masa kini yang semakin canggih menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia. Manusia telah dimudahkan dalam melalukan akses terhadap informasi melalui banyak cara, serta dapat menikmati fasilitas dari teknologi digital dengan bebas, namun dampak negatif muncul pula sebagai mengancam. Tindak kejahatan mudah terfasilitasi, game online dapat merusak mental generasi muda, pornografi, dan pelanggaran hak cipta mudah dilakukan, dan lain-lain.

Dunia digital tidak hanya menawarkan peluang dan manfaat besar bagi publik dan kepentingan bisnis. Namun juga memberikan tantangan terhadap segala bidang kehidupan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam kehidupan.Penggunaan bermacam teknologi memang sangat memudahkan kehidupan, namun gaya hidup digital pun akan makin bergantung pada penggunaan ponsel dan komputer. Apapun itu, kita patut bersyukur semua teknologi ini makin memudahkan, hanya saja tentunya setiap penggunaan mengharuskannya untuk mengontrol serta mengendalikannya. Karena bila terlalu berlebihan dalam menggunakan teknologi ini kita sendiri yang akan dirugikan, dan mungkin juga kita tak dapat memaksimalkannya.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa yang akan membawa perubahan, tentunya kita harus memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan dan berpartisipasi untuk menyelesaikan tantangan dalam bidang sosial dan lingkungan khususnya di era digital saat ini.

Generasi muda yang saat ini hidup di era digital yang terus berkembang. Perkembangan teknologi memberikan peluang besar bagi generasi muda dalam menciptakan peluang usaha. Namun, banyak tantangan bagi generasi muda dalam perkembangan digital pada saat ini. Berikut beberapa tantangan dan peluang yang dihadapi oleh generasi mudamuda di era digital.

Tantangan yang harus dihadapi generasi muda saat ini:

1.kesenjangan digital: masih banyak masyarakat yang belum memiliki akses atau keterampilan dalam menggunakan teknologi digital pada saat ini. Generasi muda dapat mengambil peran aktif dalam mengatasi fenomena digital dengan menginisiasi program pelatihan digital bagi masyarakat.

2.informasi negatif: generasi muda harus mampu memilah dan memfilter informasi yang diterima dari berbagai platform digital. Penguatan literasi digital baik dari sisi teknis maupun dalam etika berbudaya didunia digital sangat penting untuk menghadapi informasi negatif.

3.ketergantungan: penggunaan teknologi digital yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Orang tua dan masyarakat juga memiliki peran penting dalam membimbing anak-anak mereka dalam menghindari dampak negatif dari penggunaan teknologi yang berlebihan.

4. tata krama: Hal yang harus dimiliki generasi di masa depan adalah attitude atau sebuah sikap profesional agar mampu mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Memiliki attitude yang baik itu sangat penting daripada aptitude atau bakat. Di era yang serba digital ini, kegiatan apapun tidak harus saling bertatap muka. Walaupun tidak bertemu langsung dengan orang lain, seseorang harus tetap memiliki tata krama. Sebagai contoh, dalam komunikasi menggunakan internet harus menggunakan bahasa yang soapan dan baik, juga tidak menjudge kreasi orang lain dengan kata yang tidak layak. Walaupun seseorang tersebut memiliki passion dan kreativitas tinggi, tapi attitude-nya nol, banyak yang tidak akan menyukai dirinya.

Namun Tantangan utama generasi muda dalam perkembangan digital adalah untuk tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi. “Untuk itu, para pemuda harus bertanggungjawab kepada dirinya, membangun masa depan yang lebih baik kedepan,”tegas Wabup Kubar Edyanto Arkan. Maka sebaik nya kita sebagai genrasi muda di era digital ini selalu bijak menggunakan teknologi informatika atau internet dan tidak terjerumus terhadap hal hal yang negatif juga tidak meninggalkan local wisdom

Haloo perkenalkan saya sayyida alin alfarikha, saya lahir di jember pada tanggal 12 september 2008. Saat ini saya sedang duduk di kelas 9 MTsN 1 Jember. Salam kenall

no: 081259203264

user ig: lovelin4_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post