Salma Novia Sari

Salma Novia Sari, lahir di Padang, 27 November 2007. Saat ini bersekolah di SMPN 24 Padang. Memiliki hobi olahraga, menulis, membaca, dan menonton film. Bercita...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membangun Masa Depan dengan Teknologi
Mediaguru

Membangun Masa Depan dengan Teknologi

Kita semua mungkin sudah mengetahui apa itu teknologi. Namun, saya akan sedikit menjelaskan tentang dasar teknologi itu. Teknologi menurut laman wikipedia.org adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan perubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Jadi, pada dasarnya teknologi adalah sebuah kebutuhan sekunder untuk menunjang kehidupan manusia. Namun, pada abad ini teknologi sudah menjadi kebutuhan primer manusia. Jika sudah seperti ini, apa dampaknya bagi manusia?. Dampak yang terasa sekarang adalah manusia menjadi techno - addict, yaitu orang yang sangat bergantung dengan teknologi. Sehingga jika teknologi itu rusak si pengguna akan menjadi panik atau stress.

Nah, setelah mengetahui dasar dari teknologi, apa sih manfaat dan kekurangan dari teknologi terhadap kehidupan manusia?

Dalam kehidupan sehari-hari teknologi memberikan berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia. Teknologi mampu mempermudah proses, mempersingkat waktu, sehingga mengurangi biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, teknologi juga dimanfaatkan dalam berbagai bidang, misalnya dalam bidang komunikasi, dalam bidang bisnis dan dalam bidang pendidikan.

Teknologi untuk bidang komunikasi

Dengan teknologi, komunikasi menjadi semakin mudah dan cepat. Terlebih, akses alat komunikasi sudah bisa didapatkan oleh setiap orang sehingga mendorong penyebaran informasi yang lebih cepat lagi.

Teknologi untuk bidang bisnis

Dengan terjadinya komunikasi yang tidak terpaut oleh waktu dan jarak, pelaksanaan bisnis menjadi lebih optimal. Para penjual dapat menjajakan barangnya melalui sosial media atau e-commerce untuk meraih calon pembeli dari mana saja. Proses transaksi bisnis menjadi lebih mudah dan tentunya menguntungkan kedua belah pihak.

Teknologi untuk bidang Pendidikan

Manfaat teknologi informasi di bidang pendidikan adalah dapat meningkatkan daya saing masyarakat secara global. Akses informasi yang dipermudah memungkinkan kesamaan pendidikan antara siswa-siswi di kota besar dan di daerah. Dengan pengawasan orang tua, proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah dimengerti.

Selain memiliki manfaat, teknologi ini juga menimbulkan dampak bagi manusia. Diantaranya adalah :

Produktivitas

Penggunaan teknologi yang tidak tepat melalui perangkat seluler dapat menyebabkan masalah dalam pekerjaan dan belajar karena mendorong gangguan dan penundaan

Sulit untuk membedakan mana yang nyata dan tidak nyata

Perkembangan teknologi fotografi, audio, dan video editing menyulitkan pengguna non-ahli membedakan peristiwa nyata dan tidak nyata.

Masalah dengan privasi dan keamanan

Saat ini penggunaan teknologi melibatkan pertukaran data pribadi dengan imbalan menikmati layanan tertentu. Hal ini membawa berbagai konsekuensi negatif, seperti penipuan digital, pemerasan, pencurian identitas, dan masalah lainnya yang merusak privasi dan keamanan pengguna.

Untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan dari teknologi, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi dampak teknologi tersebut, diantaranya :

Menggunakan teknologi untuk menjalin hubungan dengan orang yang sudah dikenal Cari komunitas positif yang sering melakukan pertemuan nyata Perbanyak membaca buku-buku edukatif Perlunya pengaturan waktu untuk berada di depan komputer atau televisi Mengawasi penggunaan telepon seluler yang diberikan pada anak

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat membaca!

21 Mar
Balas



search

New Post