Safinatunnajah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MERAIH ASA DAN CITA DENGAN MEMBACA

MERAIH ASA DAN CITA DENGAN MEMBACA

MERAIH ASA DAN CITA DENGAN MEMBACA

BY: SAFINATUNNAJAH

Dunia bergerak dengan cepat dan dinamis, perubahan perubahan terjadi secara revolusioner. Imajinasi dan pengetahuan adalah penggerak utama, the rolling machine perubahan perubahan. Pengetahuan adalah nutrisi kognitif yang perlu disuplaikan ke otak yang merupakan ruang berfikir dan berimajinasi. Salah satu cara untuk mensuplai pengetahuan kognitif adalah aktifitas baca. Menurut Dalman (2014:5) menyatakan “Membaca merupakan suatu kegiatan atau proses kognitif yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Hal ini berarti membaca merupakan proses berpikir untuk memahami isi teks yang dibaca. Begitu pentingnya membaca sehingga wahyu yang diturunkan kepada nabi Muhammad ketika di gua Hira adalah perintah membaca yakni " iqra". Sehingga seringkali banyak hadist nabi atau Kalam Al Qur'an yang memberikan apresiasi proses ta'lim karena dalam aktivitas ta'lim pasti mempersyaratkan aktivitas membaca. Dengan membaca kita akan kaya akan literasi, memahami berbagai disiplin ilmu dan informasi informasi up-to-date. Kekayaan akan literasi pengetahuan akan membuat kita cukup percaya diri dalam kancah pergaulan dunia. Semakin banyak yang kita baca maka semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang kita ketahui yang dikemudian hari akan memudahkan kita dalam banyak hal.

Maka tidak salah jika dikatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. Misalnya ketika kita ingin berkunjung ke suatu negara jika kita ingin mendapatkan kemudahan kemudahan ketika kita sudah berada di negara yang kita kunjungi ada baiknya kita mencari literatur tentang negara tersebut sebagai bahan bacaan yang memuat informasi tentang letak geografis, cuaca, hukum, adat istiadat setempat, makanan tradisional dan lain lain yang berhubungan dengan negara tersebut sehingga kita bisa memastikan diri kita untuk beradaptasi dengan cepat di negara tersebut. Atau misalnya kita sedang melanjutkan studi keilmuan spesialis di perguruan tinggi maka untuk memperkaya pengetahuan kita akan objek spesialisasi yang kita pelajari kita dituntut untuk banyak membaca supaya kita memiliki pengetahuan yang memadai dan bahkan surplus yang akan memudahkan kita dalam penguasaan spesialisasi pendidikan kita.

Teknologi informasi digital telah mempermudah kita untuk melakukan aktivitas membaca. Misalnya di hp android kita yang telah menyediakan fitur fitur dan aplikasi bacaan dengan berbagai macam genre. Ada ilmu pengetahuan, ada news, komedi, kesehatan dll. Hal itu merupakan anugerah yang sepatutnya kita syukuri. Cara sederhana untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi aplikasi bacaan tersebut secara tepat guna. kita juga harus bijak dalam memilih topik bacaan, karna tidak semua genre selalu patut dibaca. Dengan memilih topik bacaan yang tepat, ilmu yang didapat juga lebih bermanfaat. Dengan demikian insya Allah asa dan cita kita akan kita raih dengan banyak membaca.

Banyak tokoh tokoh besar nasional maupun internasional yang sukses memiliki hobby membaca seperti Gus Dur yang memiliki kegilaan membaca. Bahkan saking gilanya dengan membaca beliau ketika ke toiletpun dikisahkan membawa buku bacaan. Mari kita jadikan kisah sukses orang orang yang memiliki kegemaran membaca menjadi semacam provokasi supaya kita memiliki habit dan selera membaca yang kuat.

BIOGRAFI PENULIS

Hai semua!!! perkenalkan nama saya Safinatunnajah, biasa dipanggil Safina. Saya lahir di Banyuwangi, Jawa Timur pada tanggal 7 Juli 2010. Saat ini saya tinggal di Jember dan sedang berada di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tepatnya di MTsN 1 JEMBER. Saya menduduki bangku kelas 7 saat ini.

Jika ingin mengenal saya lebih lanjut, silahkan hubungi saya di:

• Nomer WhatsApp 083111802646.

• E-mail [email protected]

• Instagram @esteena7

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post