Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resensi Buku Atomic Habits

Resensi Buku Atomic Habits

Salam literasi untuk kita semua, berjumpa lagi dengan tulisan saya, kali ini saya akan mengulas Resensi salah satu buku yang sangat bermanfaat bagi kita semua. Simak baik baik dan selamat membaca.

A. IDENTITAS BUKU:

Judul buku: Atomic Habits

Pengarang: James Clear

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal Terbit: Juni 2021

ISBN: 9786020633183

Tebal halaman: 340 halaman

B. SINOPSIS BUKU:

Buku Atomic Habits adalah buku tentang bagaimana mengubah kebiasaan-kebiasaan kita menjadi lebih baik dan tentunya menjadi perubahan yang permanen. James Clear mengajarkan kita untuk mencapai tujuan jangka panjang kita melalui kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap harinya. Ia menggali teori psikologi dan neuro sains paling baruuntuk menerangkan mengapa semua itu penting. Ia menceritakan kisah inspiratif para atlet peraih mendali emas di Oimpiade, para CEO terkemuka, serta para ilmuwan-ilmuwan istimewa yang telah menggunakan sains dalam kebasaan-kebiasaan kecil untuk tetap produktif.

Menurut James Clear, kebiasaan adalah bunga majemuk dalam proses perbaikan diri. Menjadi 1% lebih baik setiap hari ikut berperan dalam kemajuan besar jangka panjang. Cara paling efektif untuk mengubah kebiasan adalah berfokus bukan pada apa yang anda ingin capai, melainkan tipe orang yang diinginkan. Tujuan akhir kebiasaan adalah mencerminkan masalah-masalah dalam hidup dengan energi dan upaya sekecil mungkin. Dengan latihan yang memadai, otak akan mengambil petunjuk yang meramalkan hasil-hasil tertentu tanpa secara sadar memikirkannya. Sejalan dengan waktu, perubahan-perubahan kecil dalam konteks dapat mengantar ke perubahan-perubahan besar dalam perilaku. Dan begitu suatu kebiasaan terbentuk,mustahil untuk anda anda melupakannya.

C. MENGAPA HARUS MEMBACA BUKU INI?

Menurut saya, buku ini benar-benar worth it untuk dibaca, karena isinya yang tidak hanya sekadar teori atau omong kosong, tetapi dapat langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini direkomendasikan untuk anda yang sedang berusaha membangun kebiasaan baru untuk mempertahankan kebiasaan baru tersebut agar tetap berjalan.

Satu hal yang penting, tidak ada kebiasaan yang bisa langsung menjadi kebiasaan, jika tidak diawali dengan perbuatan awal, dilanjutkan secara konsisten, dan tetap menjaga gairah untuk melakukannya. Buku ini benar-benar sumber jawaban bagi siapapun yang bertanya-tanya mengapa ada orang yang bisa mempertahankan suatu kebiasaan terus-menerus.

Buku Atomic Habits merupakan jenis buku yang detail serta memiliki pemaparan yang mudah untuk dimengerti seperti setiap strategi yang diberikan memiliki contoh dan ada hasil riset, latar cerita, teori tokoh, fakta ilmiah, juga ide-ide dari James Clear itu sendiri. Pembaca juga akan dimanjakan dengan grafik, tabel, diagram, dan kurva.

Setiap bab akan diakhiri dengan rangkuman yang akan memudahkan pembaca untuk kembali mengingat point-point penting yang ada dalam bab. Cara penulisan yang dipilih oleh James Clear juga dalam bentuk dialog, story telling, dan pemaparan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Buku ini juga menggunakan konsep dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembaca menjadi relate dengan isi dari buku ini dan juga penekanan dalam buku ini berfokus pada perubahan dari hal kecil juga mudah untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari pembacanya

Demikian ulasan saya mengenai Resensi Buku Atomic Habits semoga bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa, dan salam literasi, literasi untuk kesejahteraan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post