Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMUDA, BELAJAR DAN BERKARYA

PEMUDA, BELAJAR DAN BERKARYA

Anak muda boleh pandai beretorika, tapi juga harus sadar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cita." Quotes tersebut dikemukakan oleh salah satu seorang intelektual, perintis, dan tokoh revolusioner kemerdekaan Indonesia yaitu Sutan Syahrir. Maksud dari pernyataan tersebut adalah pemuda memiliki peran sangat penting bagi kemajuan dan perkembangan suatu bangsa. Pemuda diharapkan dapat mengambil peran untuk mewujudkan cita cita luhur bangsa. Hal ini juga sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045, bahwa pemuda dapat menjadi pendorong utama dalam berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial, dan politik. Dengan kreativitas, semangat, dan tekad yang kuat, pemuda dapat menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

Tindakan nyata yang dapat dilakukan generasi muda dalam mewujudkan cita cita bangsa salah satunya dengan cara terus berkarya. Dengan berkarya, kita dapat menghasilkan sesuatu yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri sekaligus memberi inspirasi atau bahkan memberi teladan kepada pemuda lain di seluruh penjuru nusantara. Dengan kata lain melalui karya yang kita hasilkan akan dapat mendatangkan dua keuntungan sekaligus baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Lalu apakah definisi sebenarnya dari berkarya? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkarya bisa diartikan sebagai kegiatan mengerjakan suatu pekerjaan sampai menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang. Menurut pendapat saya, berkarya dapat mengembangkan kemampuan berkreasi dan berimajinasi sekaligus meningkatkan kreativitas. Berkarya juga dapat bermanfaat untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif dan juga menguntungkan secara finansial seperti misalnya mengolah limbah menjadi barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Secara pribadi saya sangat suka berkarya khususnya dibidang sastra dan olahraga. Bagi saya, menghasilkan berbagai karya sastra adalah suatu hal yang menyenangkan. Kesenangan saya terhadap karya sastra menuntun saya untuk selalu belajar membuat berbagai karya sastra seperti puisi, cerpen, dan esai yang dikumpulkan kedalam bentuk buku antologi yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas menulis. Berkat dukungan dari sekolah dan keluarga, saya mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya Parasamya Praja Nugraha, yaitu penghargaan penggiat literasi untuk remaja yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Pelajar Jawa Barat atau dikenal dengan KPPJB dan meraih juara 3 lomba Cipta Puisi Anti Perundungan yang diselenggarakan oleh MGBP Kabupaten Kuningan.

Sedangkan dibidang olahraga, saya menyukai olahraga renang. Saya berlatih renang selama kurang lebih 6 tahun, dengan durasi latihan 3 kali seminggu. Pada awalnya saya berenang karena saya ingin meningkatkan daya tahan tubuh akantetapi lama kelamaan saya lebih serius menekuni olahraga renang sehingga berhasil mewakili sekolah dalam kejuaraan O2SN cabang olah raga renang tahun 2023 dan meraih juara ke 3. Selain itu, pada kejuaraan akuatik tingkat kabupaten masih di tahun yang sama, saya meraih Prestasi berupa 1 mendali emas dan 4 mendali perak.

Sebagai pemuda kita harus bersemangat untuk berkarya agar menjadi penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki masa depan yang cerah. Berkarya dapat dimulai dengan hal hal yang sederhana dan tentu saja sesuai dengan minat dan bakat kita masing masing. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menumbuhkan sifat gigih, tidak mudah menyerah, serta berfikir positif bahwa kita diberi anugerah oleh Allah SWT memiliki kemampuan untuk mewujudkan cita-cita.

Profil Penulis:

Halo teman teman, nama saya Sabrina Elysia Maharani. Umur saya 14 tahun. Sekarang, saya menginjak kelas 9 bangku SMP. Hobi saya mendengarkan musik klasik, menyanyi dan membaca novel. Saya bersekolah di SMPN 7 Kuningan. Saya bertempat tinggal di Jl. Balonggede, Ciomas, Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat. Email: [email protected] WA: 0895321177763

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post