Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBACA UNTUK BERKARYA

MEMBACA UNTUK BERKARYA

Pramoedya Ananta Toer, seorang sastrawan terkenal Indonesia pernah menuliskan kutipan dalam salah satu karyanya yang berjudul Anak Semua Bangsa, Dia berkata: “Tahu kau kenapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” Maksud dari pernyataan Pram adalah jika seseorang hanya menceritakan suatu informasi maka nantinya informasi tersebut akan mudah dilupakan, sehingga lebih baik jika seseorang tersebut menuliskan informasi tersebut agar kelak berguna untuk masa yang akan datang. Intinya jika kita menulis atau menerbitkan sebuah karya, maka kelak kita akan selalu dikenang walaupun nanti kita sudah tiada.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, menulis merupakan kegiatan melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Menulis berarti menuangkan ide si penulis ke dalam bentuk tulisan, sehingga maksud penulis dapat diketahui orang banyak. Untuk mendapatkan kemampuan menulis yang baik tentu saja harus didukung oleh kemampuan membaca yang baik. Dengan memiliki kemampuan membaca yang baik, seseorang akan mendapatkan informasi yang lebih luas, pengalaman yang didapatkan pun lebih banyak sehingga kosakata yang dimiliki seseorang akan lebih beragam. Lalu apa maksud dari membaca? Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Kemampuan seseorang dalam membaca akan berbanding lurus dengan kepandaian menulis, karena semakin kaya bahan bacaan seseorang maka akan semakin luas wawasan dan pengetahuan yang didapatkan sehingga memiliki cukup referensi dan tidak kehabisan ide saat kegiatan menulis berlangsung.

Diantara banyaknya genre tulisan, karya sastra merupakan salah satu alternatif bagi kita dalam menuangkan imajinasi, terlebih bagi individu yang suka berkhayal. Dengan menulis sebuah karya sastra, maka orang lain dapat menikmati apa yang telah kita tuangkan. Akan lebih baik lagi jika karya kita dapat mempengaruhi perasaan mereka, entah itu takut, sedih, ataupun bahagia. Terdapat beberapa manfaat dari menuliskan karya sastra diantaranya: membantu otak manusia lebih fokus untuk merencanakan suatu kegiatan, memberi semangat dan energi positif pada diri sendiri dan orang lain di sekitar kita, dan juga dapat mengondisikan seseorang untuk berani menyampaikan gagasan serta merumuskan kesimpulan-kesimpulan sekaligus menyajikan makna dan pesan moral pada pembacanya.

Salah satu karya sastra yang saya sukai adalah novel, terutama karya Pramoedya Ananta Toer dan Tere Liye. Saya tertarik membaca karena orang tua saya yang membelikan saya buku novel. Setelah membacanya, saya menyadari bahwa aktivitas membaca adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Menurut saya sebuah novel akan sangat menarik dibaca ketika menceritakan problematika dalam hidup meskipun tentu saja baik tokoh maupun latar cerita hanya berbentuk imajinasi saja. Karena itulah saya sangat menyukai jenis novel fiksi. Semenjak itu, saya belajar membuat berbagai karya sastra baik itu puisi maupun cerpen.

Meskipun pada awalnya hanya sekedar hobi, namun lama-kelamaan jika kita serius menekuni akan berbuah prestasi. Setelah kurang lebih satu tahun aktif membaca dan menulis, berkat dukungan dari sekolah dan keluarga, saya mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya Parasamya Praja Nugraha, yaitu penghargaan penggiat literasi untuk remaja yang diselenggarakan oleh Komunitas Penulis Pelajar Jawa Barat atau lebih dikenal dengan sebutan KPPJB dan meraih juara 3 lomba Cipta Puisi Anti Perundungan yang diselenggarakan oleh MGBP Kabupaten Kuningan. Saya juga mendapatkan beberapa sertifikat atau piagam dari perlombaan menulis yang diselenggarakan oleh sasisabu.id. dan aktif mengunggah karya di laman sasisabu.id.

Profil Penulis:

Halo teman teman, nama saya Sabrina Elysia Maharani. Umur saya 15 tahun. Sekarang, saya menginjak kelas 9 bangku SMP. Hobi saya mendengarkan musik klasik, menyanyi dan membaca novel. Saya bersekolah di SMPN 7 Kuningan. Saya bertempat tinggal di Jl. Balonggede, Ciomas, Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat. Email: [email protected] WA: 0895321177763

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post