Rossa Emiliana Dwi Saraswati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Remaja tangguh tanpa pergaulan bebas

Remaja tangguh tanpa pergaulan bebas

Masa remaja adalah masa dimana anak mulai mengalami pertumbuhan fisik, psikis yang dapat memengaruhi aktivitas sehari hari. Dan pada saat itu lah para remaja membutuhkan peran orang terdekat sebagai pendamping dirinya. Jika tidak ada pendampingan maka sebagian anak belum bisa mengolah pola pikirnya sendiri. Karena masa remaja, adalah dimana pikiran mereka masih labil dan perlu bimbingan untuk menentukan sikap dan keputusan keputusannya. Karena jika langkah yang mereka ambil salah akan mengakibatkan hal tidak diinginkan yang dapat merusak kepribadiannya. Hal itu mengingatkan saya tentang apa yang telah terjadi di sekitar saya, maupun di media massa. Banyak dari mereka yang melakukan sex bebas, meminum minuman beralkohol, mencuri dan masih banyak lagi.

Salah satu yang sedang beredar di media massa adalah sex bebas. Sex bebas ini terjadi karena persepsi dan pemahaman yang kurang tepat mengenai hubungan lawan jenis. Mereka tidak mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal yang dapat merusak norma-norma keagamaan. Hal itu mengingatkan saya pada kejadian yang ada di lingkungan sekitar. Akibat dari sex bebas tersebut mereka menanggung beban yang sangat berat seperti, perkawinan di usia dini, hamil diluar nikah, hamil diusia yang sangat dini. Hal ini adalah salah satu dari akibat pergaulan bebas yang beredar di Indonesia. Di Al-Qur’an telah dijelaskan larangan melakukan zina salah satu ayatnya berbunyi “sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan keji dan jalan yang sangat buruk”.

Penyebab dari adanya pergaulan bebas yang pertama adalah kondisi lingkungan sekitar dan hubungan pertemanan. Kita harus pintar dalam memilih suatu pertemanan atau pergaulan yang bersifat positif, karena dapat membawa kita kepada hal-hal yang bersifat positif juga. Yang kedua adalah adanya pengaruh teknologi yang saat ini banyak digunakan oleh para remaja. Banyak aplikasi maupun tayangan di media massa yang mempertontonkan dengan jelas hal-hal yang tidak patut untuk dilihat apalagi dicontoh. Yang ketiga adalah karena kurang kasih sayang dari orang tua sehingga menyebabkan para remaja menjadi brutal karena kurang bimbingan dan pengawasan dari orang tua. Yang keempat adalah kurangnya nilai-nilai agama dan kesadaran dalam diri mereka sendiri. Dan masih banyak lagi penyebab dari pergaulan bebas.

Dampak pergaulan bebas di lingkungan misalkan di gunjing orang sekitar, dijauhi orang sekitar dan masih banyak lagi. Bahkan dapat mengakibatkan kita mengalami depresi karena tidak tahan dengan gunjingan orang-orang sekitar.

Ada beberapa cara agar terhindar dari pergaulan bebas diantaranya adalah selektif dalam memilih teman, mendekatkan diri kepada tuhan, berpendirian teguh, dan menyibukkan diri melakukan kegiatan positif agar tidak ada peluang untuk kita melihat ataupun melakukan pergaulan bebas.

Pergaulan bebas akan merugikan bagi diri sendiri, bahkan negara karena generasi penerus bangsa mereka, melakukan hal-hal yang tidak baik dan tidak patut dicontoh untuk generasi selanjutnya, kita sebagai generasi muda harusnya mengasah kemampuan yang ada dalam diri kita, dan jangan terpengaruh oleh pergaulan bebas yang memberi banyak sekali dampak negatif bagi diri kita sendiri. Pergaulan bebas dapat membuat kita mengalami penyesalan yang sangat buruk pada diri kita. Ayo kita kobarkan semangat kita untuk meraih cita-cita kita, maju terus generasi muda songsong masa depan yang lebih cerah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post