Rossa Emiliana Dwi Saraswati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jembatan menuju keberhasilan

Jembatan menuju keberhasilan

Membaca adalah suatu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi semua orang khususnya para pelajar seperti kita. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan kita membaca. Salah satunya adalah menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai sesuatu yang belum kita ketahui sebelumnya.

Membaca dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun kita mau. Membaca tidak hanya terdapat wujud buku saja tetapi, di era canggihnya teknologi saat ini kita dapat membaca melalui internet seperti artikel-artikel ilmiah, dan lainnya. Jadi, jika kita bepergian dan tidak memungkinkan untuk membawa buku, kita tetap bisa membaca dengan internet. Bahkan bisa dibilang materi di internet lebih luas daripada buku.

Banyak orang bilang membaca itu membosankan, sehingga mereka tidak memiliki minat atau ketertarikan untuk membaca. Berdasarkan data UNESCO minat baca di Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0.001% yang jika di ibaratkan hanya 1 orang yang memiliki minat untuk membaca di antara 1000 orang. Mereka lebih suka melakukan praktik daripada membaca teori. Padahal, praktik dan teori haruslah seimbang.

Dulu saya sangat anti sekali dengan kegiatan membaca. Setiap kali saya diperintahkan oleh guru maupun orang tua saya untuk membaca, saya terus menolak. Karena saya merupakan salah satu di antara banyaknya orang yang lebih menyukai praktik dibanding membaca. Selain itu, saya juga lebih menyukai buku yang berwarna. Hal itu termasuk sebab yang menyurutkan minat saya akan membaca. Pada akhirnya, ketika ujian saya hanya memfokuskan kepada kisi-kisi yang ada tanpa membaca materi tambahan yang saya kira tidak mungkin ada di ujian nantinya. Ternyata materi yang keluar tidak sesuai dengan kisi-kisi yang ada. Dari situ saya sangat menyesal tidak membaca materi di buku sebagai tambahan.

Dari peristiwa tersebut, saya mulai sering membaca buku. Awalnya memang ada rasa membosankan, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat saya untuk membaca. Dan ketika ujian diadakan saya belajar membaca buku pelajaran, membaca di internet, dan mempelajari kisi-kisi yang berkaitan dengan pelajaran tersebut. Akhirnya saya dapat mengerjakan ulangan dengan lancar. Cara seperti itu juga saya lakukan saat mengikuti beberapa olimpiade. Dan bersyukur saya memenangkannya.

Banyak orang yang bilang buku adalah jendela dunia, artinya buku diibaratkan seperti kita membuka sebuah jendela dan kita dapat melihat apapun yang ada di balik jendela atau diluar. Hal tersebut terbukti dengan kita membaca, kita dapat melihat segala hal baik pengetahuan maupun lainnya. Pengetahuan itu juga yang dapat menambah wawasan kita yang juga dapat membantu kita dalam melewati jembatan menuju masa depan yang lebih baik.

Maka dari itu, luangkan waktu kita untuk membaca. Meskipun terkadang membosankan, lawanlah, cari tempat yang nyaman untuk membaca, hal itu bisa membuat kita lebih menikmati kenyamanan saat membaca

Perbanyaklah rasa ingin tahu, karena rasa ingin tahu itulah yang akan membangkitkan rasa ingin membaca dan mencari pengetahuan.

Jika ingin meraih masa depan yang lebih baik, maka perbanyaklah belajar dan membaca.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post