RIFFA ZAHROTUL ILLIYYIN

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangatku meningkat prestasiku berlipat

Semangatku meningkat prestasiku berlipat

MENINGKATKAN PRESTASI DEMI MASA DEPAN

Oleh: Riffa Zahrotul Illiyyin

Semangat meningkat prestasi berlipat, kalimat itu mampu membuatku termotivasi untuk saat ini. Mengapa? Karena saat ini aku sudah duduk di kelas IX. Aku harus berubah. Aku harus bersemangat meningkatkan prestasi demi masa depanku sendiri. Alhamdulillah, prestasi akademikku bagus, tapi aku ingin berprestasi di bidang lainnya. Pernah mengikuti lomba riset siswa madrasah tsanawiyah tingkat nasional tahun 2022 (Myres) namun gagal maju ke jenjang final, adalah modal awal bagiku untuk mulai belajar menulis.

Mengikuti lomba Myres merupakan pengalaman pertama bagiku sebagai salah satu wakil siswa madrasah. Pengalaman pertama yang cukup menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Aku harus meluangkan waktu untuk membaca buku yang berkaitan dengan fokus penelitian, termasuk menulis dari apa yang telah kubaca dan membuat laporan dari yang kuteliti di lapangan. Bagiku itu adalah pekerjaan yang berat karena aku belum pernah mengikuti lomba seperti itu. Diawali dengan pembuatan proposal lomba yang membuatku kesulitan memulai dari mana dan berakhir sampai mana, terkadang sampai muak melihat kata-kata di buku yang kubaca. Kurangnya ilmu menulis dan meneliti tentang sesuatu hal mungkin merupakan salah satu penyebab tidak bisa lolos menjadi pemenang lomba. Hikmah dari lomba yang telah kuikuti adalah pikiranku menjadi terbuka karena sering membaca dan keluar masuk perpustakaan untuk meminjam dan menelaah buku.

Namun, mengikuti jejak teman-teman yang aktif menulis setiap bulan di Media Guru Indonesia belum mampu memacu semangatku untuk mengikuti lomba menulis yang digaungkan di madrasah. Pikiranku mulai berubah setelah mengetahui banyak dari kakak kelasku yang telah lulus dari madrasah mampu masuk ke sekolah yang diinginkan melalui prestasi menulis dari lomba yang diikuti setiap bulan di Media Guru. Ternyata sertifikat lomba juga diperhitungkan ketika mendaftar di sekolah lanjutan.

Akupun mulai bersemangat saat temanku, wali kelasku, dan guru penggerak literasi di madrasah mengajak siswa untuk mengikuti lomba menulis bulanan di Media Guru. Saatnya aku harus berubah dan berwawasan luas serta memiliki berbagai macam pengalaman khususnya menulis demi menata masa depanku sendiri. Akupun jadi teringat salah satu ayat dalam QS. Ar-Rad ayat 11 yang sering dibaca oleh wali kelasku untuk memotivasi kami, yang menegaskan bahwa Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka sendiri yang merubah keadaannya. Dari ayat tersebut, aku semakin termotivasi untuk berubah menjadi seseorang yang memiliki prestasi, tidak hanya di bidang akademik tapi juga di luar akademik. Aku harus semakin dewasa berpikir tentang masa depanku. Apalagi hanya ibu yang menyemangatiku di rumah karena ayah sudah meninggalkan kami berpulang ke Rahmatullah.

Aku mulai mengikuti kegiatan-kegiatan literasi yang ada di madrasah, walaupun belum terbiasa tapi aku harus berusaha dan bertekad untuk bisa. Kalimat bijak memotivasiku bahwa: Struggle the you do today is the single way to build a better future (Perjuangan yang kamu lakukan adalah salah satu cara untuk membangun masa depan yang lebih baik). Menulis dengan hati senang membuat aku semakin tertantang dan berusaha menampilkan tulisan yang bagus. Semoga ke depan aku semakin bisa berprestasi di berbagai bidang agar bisa membuat bangga orang tua. Walaupun ayah tidak bersamaku saat ini, tapi aku yakin beliau bisa melihat dari tempat terindah.

Biodata penulis

Hai teman-teman literasi se-Nusantara! Perkenalkan nama saya Riffa Zahrotul Illiyyin. Saya lahir di Jember, 18 November 2008. Saya adalah seorang pelajar kelas 9 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Hobi saya adalah berenang, bermain basket dan menulis. Bila kalian ingin kenalan, bisa hubungi saya via

Wa : 0895-2083-8054

Instagram : @rfilyyn

Tik tok : rflyyin

Email : @therooster125.gmail.com

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post