Ren

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka Seseru Apa, Sih?

Pramuka Seseru Apa, Sih?

Kalian tahu, kan kalau pramuka itu singkata dari Praja Muda Karana. Kenapa, sih di sekolah itu ada pramuka? Karena, dengan adanya organisasi pramuka ini, para anggotanya dilatih untuk disiplin, mandiri, dan berani. Meskipun, terkadang ada beberapa siswa yang meremehkan pramuka tidak dapat dipungkiri bahwa angota pramuka itu sangat mandiri dan berani.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari ikut kepramukaan ini. Beberapa contoh yang sudah dialami sendiri oleh saya, yaitu berani mengambil keputusan, sigap ketika menjadi pemimpin, tidak mudah putus asa ketika sedang kesusahan. Selain itu, pramuka juga melatih kreatifitas anggotanya.

Serunya pramuka ada di mana?

Di kegiatannya. Contohnya persami atau perjusa. Sudah lama memang sejak aku terakhil kali aku mengikuti kegiatan tersebut. Tapi, mari aku ingat-ingat lagi hal seru apa yang tercipta dari kegiatan itu.

Persami, seingatku ini terjadi sewaktu aku masih SD. Kegiatan pos to pos, sih yang paling menyenangkan dari serangkaian acara persami ini. Dengan di pandu salah satu kakak pembimbing, kamu menyanyikan yel-yel sambil bertepuk tangan sepanjang perjalanan. Ini melelahkan, sih tapi, percaya, deh rasa lelahnya terbayarkan dengan serunya kegiatan ini. Saling bercanda dengan kakak pembimbing kami. Tertawa dengan lepas dan puas hari itu. berjalan mengelilingi desa, jadi pusat perhatian seluruh penduduk kampong yang menajdi rute perjalanan ini. Kapan lagi, kan, jadi pusat perhatian?

Sesi malam degan api unggun juga tidak halah menyenangkannya. Melihat tegangnya upacara api unggun dilaksanakan menjadi pengalaman menyenangkan bagi diri sendiri. Upacaranya sangat tegang tapi, terbayarakan ketika melihat api unggun itu menyala dengan indahnya. Menambah kehangatan bagi anggota pramuka.

Perjusa, yang satu ini agak lebih menantang. Sama saja, sih tidak beda jauh dengan persami. Hanya beda tingkatan saja. Yang ini agak menguras air mata tapi tetap seru. Justru tambah seru. Di perjusa ini aku diajarkan cara memimpin yang tegas, cara bertanggungjawab, serta memiliki empati terhadap sesama.

Nggak hanya di persami dan perjusa saja serunya. Masih banyak kegiatan kepramukaan lain yang seru. Belajar semaphore, baris berbaris. Seru, deh. Bercandanya juga banya di pramuka ini. Nggak akan nyesel kalau ikut pramuka.

Satu lagi, kegiatan Jambore. Meskipun aku tidak mengikuti kegiatan ini, mendengar dari ceita teman-temanku katanya kegiatan ini seru sekali. Bisa mengenal banyak orang dari sekolah lain. Ya, disambi dengan basa-basi siapa tau bisa akrab, kan, ya. Juga, katnya yang paling seru itu saat saat mendirikan tenda. Berpikir bagaimana cara agar tenda itu bisa kokoh berdiri di atas tanah.

Pramuka itu menyenangkan kalau kamu bisa patuh dan disiplin dengan aturan yang ada. Pramuka itu berguna untuk masa depan yang kreatif. Yakin masa muda kamu nggak mau ikut Pramuka? Rugi lho, nanti.

***

Biodata penulis:

Penulis ini biasa di sapa Ren oleh teman-temannya. Memiliki nama lengpak Laurencia Narambi Desta Maharani. Lahir di Ngawi, 28 Desember 2005. Penulis ini sedang menempuh pendidikan di SMK Al Muslim. Dan yang paling penting, penulis yang sangat suka susu stroberi dan mochi ini bisa dikenal lebih lanjut via

Instagram: @mochiesren

E-mail: [email protected]

WhatsApp: +6282123143454

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post