Rani ramadhani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berkarya melalui Kegiatan Literasi

Berkarya melalui Kegiatan Literasi

Berkarya melalui Kegiatan Literasi

Oleh: Rani Ramadani

SMPN 3 Bangsalsari

 

Karya adalah sebuah hasil pemikiran kreatif seseorang yang biasanya dalam bentuk gagasan baik itu dari gambar maupun tulisan. Seperti pada dasarnya sebuah karya sangatlah bermacam macam . Karya juga sangat terkenal dikalangan masyarakat. Salah satunya seperti karya tulisan . Contohnya adalah sebuah artikel yang berfungsi untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Bukan hanya itu, adapun juga karya melalui gambar seperti lukisan yang biasanya berfungsi sebagai hiasan. Karena mempunyai gambar yang cukup indah dan adapun juga yang unik . Sehingga cocok sekali sebagai hiasan rumah. Bukan hanya karya lukisan yang sangat mencolok di kalangan masyarakat. Tetapi juga karya berupa tulisan. Karya tulisan juga bermacam macam seperti berupa cerpen, esai, dan banyak lagi. Karya berupa tulisan banyak sekali ditemukan di lingkungan masyarakat. Sehingga bisa sebagai bentuk minat baca pada anak . Minat baca pada anak sangatlah penting. Karena membaca juga membantu mengembangkan imajinasi dan kemampuan kognitif anak. Serta anak-anak yang rajin membaca, dinilai mempunyai kemampuan berbahasa yang lebih baik dibanding mereka yang tidak membaca.

Kali ini aku ingin menceritakan pengalaman ku .Berupa sebuah karya tulisan yang dibuat olehku melalui kegiatan literasi di sekolah ku ,yang dijuluki sekolah pelopor literasi. Disaat aku berumur 13 tahun dan aku masih duduk dibangku kelas 1 SMP aku adalah anak yang tidak mencolok di sekolahku. Karena diriku tidak mengikuti ekstra apapun. Tetapi saat itu aku diajak oleh salah satu guruku untuk mengikuti ekstra komputer. Sehingga aku pun menyetujui. Serta ikut ekstra tersebut dengan baik. Karena diriku sama sekali tidak ikut ekstra apapun. Aku juga mengikuti ekstra tersebut karena tertarik kepada komputer. Setelah sekian lamanya aku hanya mengikuti ekstra komputer. Banyak sekali guru yang mengajak ku untuk mengikuti ekstra yang lain tetapi aku menolak .Karena aku mudah kelelahan dan mudah pingsan. Aku seperti itu karena aku kekurangan darah. Sehingga aku hanya mengikuti ekstra yang tidak begitu melelahkan dan tidak banyak meluangkan tenaga. Meskipun keadaan ku begitu aku ingin membahagiakan kedua orang tuaku. 

Awalnya aku merasa putus asa . Tetapi perasaan itu hilang di saat pada hari itu ketua osis di sekolah ku mengajakku untuk mengikuti kegiatan literasi. Aku yang mengetahui kegiatan itu merasa tertarik. Tetapi aku takut bila aku tidak bisa melakukan dengan sempurna. Tetapi ketua osis itu tetap mengajakku dan salah satu temanku juga mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan itu. Akhirnya aku juga merasa tertarik dan tidak takut lagi. Keesokan nya aku pun mulai berlatih. Sehingga pada akhirnya ada perlombaan menulis aku pun mencoba ikut perlombaan itu bersama anak literasi lainnya. Awalnya aku sangat ragu tapi kedua orang tuaku selalu memberi dukungan kepadaku. Sehingga pada akhirnya ternyata aku salah satu orang yang menang dalam perlombaan itu. Sungguh aku masih tidak percaya tetapi aku sangat bersyukur . Aku juga sangat berterima kepada guruku yang membimbingku selama ini. Aku juga sangat berterima kasih kepada kedua orang tua ku yang selalu memberikan dukungan untukku. Sungguh aku sangat lah senang dan sungguh aku masih tidak percaya dengan ini semua. Tetapi aku sangat bersyukur atas segalanya. Sehingga sekarang aku tau ternyata orang lemah belum tentu tidak bisa meraih keinginan nya. Oleh karena itu “ ayo kita semangat meraih keinginan kita mulai dari sekarang! ” . Serta “ Ayo mulai dari sekarang kita harus percaya diri dan tidak boleh takut mencoba hal baru di kehidupan kita ! ”

 

 

Profil penulis :

 

Namaku Rani Ramadhani. Aku lahir di jember , 25 Agustus 2009.Aku bersekolah di SMPN 03 BANGSALSARI.Sekarang aku duduk di kelas 8B.Alamat rumahku petung krajan. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau no wa ku 082257520421

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post