Putri chakiki

Tetap semangat dalam menulis,ingat tujuan utama kita menulis untuk apa? saat kita mempunyai tujuan dalam menulis, seberapa besar hambatan yang ada, kita akan me...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tak Ingin Sakit! Jaga Kebersihan Lingkunganmu

Tak Ingin Sakit! Jaga Kebersihan Lingkunganmu

Lingkungan yang bersih, aman dan nyaman adalah harapan kita semua. Terkadang karena kesibukan dan berbagai alasan lainnya. Kita jadi kurang memperhatikan kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah kita. Menciptakan lingkungan yang bersih, aman dan nyaman adalah tugas kita bersama.

Lingkungan mempunyai peran penting dalam mendukung kehidupan kita. Segala sesuatu yang dibutuhkan telah tersedia di lingkungan sekitar kita. Seperti makanan, minuman, dan obat-obatan. Kita bisa menanam TABULAPOT dan TOGA di halaman rumah kita. Selain untuk memperindah halaman rumah, tanaman buah dalam pot (TABULAPOT) juga baik bagi kesehatan. Buahnya juga dapat menambah vitamin, bagi orang yang memakan tanaman buah tersebut akan bertambah sehat. Tanaman obat keluarga (TOGA) ini juga bisa digunakan sebagai obat atau juga untuk bahan tambahan bumbu masakan.

Kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah. Sangatlah penting bagi kesehatan kita. Jangan sampai karena lingkungan kita kotor, akan banyak menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang bisa ditimbulkan dari lingkungan yang kotor, antara lain Diare, Penyakit Kulit, Batuk, Flu, dan Demam Berdarah. Dari sekian banyak penyakit yang disebutkan tadi, yang paling berbahaya adalah Demam Berdarah yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk betina Aedes Aegypti.

Serupa dengan apa yang baru saja dialami oleh kedua kakak saya, dua minggu yang lalu saat menderita penyakit demam berdarah. Awalnya setiap malam badannya panas, setelah minum obat keesokan harinya sembuh dan ini terjadi berulang selama 5 hari. Hari keenam badan panas disertai mual terus menerus sampai makanan tidak bisa masuk dalam perut. Hari ketujuh dibawa ke rumah sakit badan panas tapi menggigil kedinginan, sakit kepala yang sangat, sekujur tubuh rasanya sakit semua tulang rasanya seperti patah-patah. Pada waktu darahnya diperiksa di laboratoriun, hasilnya positif demam berdarah, dan harus di opname. Trombositnya turun 90.000 dan semakin hari semakin menurun hingga mencapai 53.000, kalau trombosit normalnya 150.000-400.000.

Lingkungan dalam kondisi bersih serta sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan menjaga lingkungan tetap terlihat bersih dan rapi. Lingkungan yang bersih akan membuat kita jauh dari sumber penyakit yang bisa berkembang biak di sekitar kita. Hal itu tentu berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, dengan adanya lingkungan yang bersih, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di rumah.

Jadi, sudah selayaknya menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga kebersihan serta memelihara lingkungan rumah. Meski ada banyak faktor lain di luar lingkungan rumah yang juga bisa mempengaruhi kondisi kebersihan maupun kesehatan tubuh, tapi lingkungan rumah termasuk paling penting yang harus dijaga lebih dulu.

Membuat jadwal rutin untuk melakukan aktivitas pembersihan lingkungan secara teratur. Melalui jadwal, maka kita akan membiasakan diri disiplin menjaga kebersihan lingkungan rumah kita. Tidak masalah meski ada kendala di tengah pelaksanaannya. Tapi, yang terpenting adalah keseriusan dalam menjalankan hidup bersih serta sehat. Kita tidak akan mendapatkan atau merasakan manfaat dari lingkungan yang bersih tanpa adanya kemauan dari diri kita sendiri untuk melakukan pembersihan lingkungan. Dan hal ini seharusnya dijadikan sebagai sebuah kebiasaan hidup, bukan lagi sebagai hal yang hanya dilakukan sesekali namun, haruslah di jadwal atau diagendakan secara rutin.

Profil Penulis

Putri chakiki, biasa dipanggil kiki. Kiki lahir di kediri, 21 September 2008. Saat ini dia berumur 12 tahun. Hobinya adalah menggambar dan Cita citanya ingin menjadi seorang seniman.

Kiki adalah anak ke 7 dari 7 bersaudara. Saat ini dia sedang menempuh pendidikannya di MTsN 7 Kediri. ia juga aktif dalam kegiatan jurnalistik.

E-mail : [email protected]

No WA : 081938987733

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren... Kakak..

06 Jun
Balas

Terimakasihヾ(^-^)ノ

06 Jun

Keren... Kakak..

06 Jun
Balas

Bagus kak! Keren..! Semoga menang! Hamasah!

06 Jun
Balas

Aamiin(≡^∇^≡)

06 Jun

Terimakasihヾ(^-^)ノ

06 Jun

Sama sama kak

07 Jun



search

New Post