Pasma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pustaka Mini

Pustaka Mini

By: Pasma

Siswa SMP Negeri 2 Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya

Saya adalah seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama. Saya tinggal di daerah perkebunan sawit yang jaraknya 55 km dari sekolah. Butuh waktu lebih dari 30 menit jika jalan tidak didera hujan. Pagi-pagi saya berangkat sekolah bersama teman membelah dinginnya pagi di tengah perkebunan sawit.

Saat hujan turun saya tidak dapat berangkat ke sekolah sebab jalanannya akan sangat licin. Jika saya memaksa untuk melewatinya maka saya akan terjatuh sehingga membuat saya harus kembali ke rumah. Sebenarnya takut juga melewati perkebunan sawit yang sepi, tetapi keinginan saya untuk sekolah mengalahkan semuanya.

Bukan kendala jalan saja, saat saya belajar secara daring pun juga banyak kendala yang saya alami seperti jaringan yang susah untuk di dapatkan. Kalau ingin mendapatkan internet, saya harus pergi mencarinya ke atas bukit. Jika hari hujan saya juga tidak bisa belajar daring karena saat hujan turun jaringan nya akan menghilang, sehingga saya harus menunggu hujan tersebut sampai berhenti baru lah saya bisa mengikuti pembelajaran

Jumlah rumah di sekeliling rumah saya tidaklah begiti banyak, sehingga tidak mungkin didirikan sekolah. Dengan sendirinya juga pasti tidak ada perpustakaan. Kalau ingin mendapatkan buku saya hanya bisa mendapatkannya di perpustakaan sekolah. Saat daring saya perlu buku, sinyal tidak ada saya sangat kesulitan mengikuti pelajaran.

Saya sangat suka membaca buku tapi sementara saya sulit mendapatkan buku. Anak- anak sekolah dan adik-adik di dekat rumah saya juga sering menanyakan buku, sayang saya tidak punya. Oleh karena keterbatasan itu saya punya mimpi ingin mendirikan sebuah perpustakaan mini di rumah saya. Saya ingin membantu teman-teman dan anak-anak yang tinggal di tempat saya agar mereka dapat lebih leluasa membaca buku. Agar mereka lebih mencintai dan menghargai sebuah buku.Untuk mewujudkan perpustakaan itu saya ingin meminta bantuan kepada kakak saya untuk membelikan buku bekas yang masak layak untuk dibaca. Bisa juga kepada teman-teman saya menyumbangkan bukunya yang tidak dipakai lagi. Saya juga akan meminta bantuan kepada guru-guru saya yang mau menyumbangkan buku apa saja yang cocok untuk anak seusia kami.

Saya akan sebut pustaka mini itu sebagai pojok literasi. Semoga keberadaannya dapat bermanfaat bagi semua orang. Saya akan mengajak teman-teman saya dan anak-anak di sekitar rumah saya untuk membaca di pojok literasi itu. Meski tampilannya sederhana tapi setidaknya dapat bermanfaat bagi orang banyak. Semoga kelak saya akan bisa membangun perpustakaan yang bagus

Dengan banyak membaca maka kita akan banyak mengetahui informasi tentang dunia. Semua kesuksesan tidak akan datang secara tiba-tiba tapi dia akan datang jika kita mau berusaha dan berjuang. Jangan mudah putus asa.

Yuk membaca buku, buku akan bisa mengubah dunia.

Biodata Penulis

Nama : Pasma

Tempat dan Tanggal Lahir : Dharmasraya, 07 Oktober 2007

No HP : 082286966399

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post