Naylah Zahirah Alatas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SADARNYA SANG PEMBULLY MERAIH PRESTASI

SADARNYA SANG PEMBULLY MERAIH PRESTASI

SADARNYA SANG PEMBULLY MERAIH PRESTASI

Penghujung bulan Sya’ban, saatnya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan umatnya agar mempersiapkan diri menyambut kedatangan tamu mulia dengan memperbanyak ibadah, pentingnya mensucikan hati dari keburukan.

Berawal dari kisah di sekolah, Namanya Ramdani, lahir di kota Surabaya, dan sekarang duduk di kelas 9. Kisah diawali dari satu Minggu sebelum ramadhan tiba, Ramdani adalah murid yang malas, sering melawan guru dan membully teman temannya. Sehingga keberadaannya sangat tidak disukai oleh teman temanya, bukan hanya disekolah, dirumah pun orang tua ramdani sudah kehabisan kesabaran menghadapi Kelakuan Ramdani.

Pada suatu hari murid baru Bernama Adi, dia adalah murid pindahan dari sekolah lain, adi adalah anak yang pintar, dan berprestasi, adi dari keluarga sederhana, orang tuanya bekerja sebagai penjual nasi pecel, sebagai murid baru disekolahnya adi kerap mendapat bullyan dari ramdani, terkait sikapnya yang terkesan sok pintar dikelas.

Saat jam istirahat, adi membuka buku dan mempersiapkan ulangan, dan Ramdani datang merampas buku adi, membuang dan menginjak bukunya, banyak yang melihat kejadian tersebut,dan ingin membantu, tapi mereka takut pada ramdani.

Kisah berlanjut di parkiran sepeda, sepeda Ramdani terhalang oleh sepeda temanya, dengan gaya jagoan ramdani membuat ulah sampai mendorong, memukul anak tersebut hingga berdarah, dan mengancam agar tidak melaporkan kejadian tersebut kepada siapapun, dan pada saat itu adi melihatnya, karena adi merasa tidak ingin ikut campur, adi bergegas pulang.

Dari kejadian itu orang tua dari anak yang di bullynya melapor kepada guru, hingga

ramdani diskors selama 1 minggu, ramdani pun merasa ini adalah ulah adi yang melaporkan dirinya, hingga ramdani marah lalu memukul, menonjok dan melontarkan perkataan kasar dan kotor. Disitu adi hanya terdiam dan berdoa agar ramdani mendapat hidayah di bulan Ramadhan.

Sebagaimana yang Diriwayatkan dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

Pada hari seseorang dari kamu berpuasa janganlah ia berkata kotor dan berbuat gaduh dan apabila ada orang mengajak berbantah dan bermusuhan hendaklah ia mengatakan: Saya sedang berpuasa " (HR. An-Nasa’i).

Selama masa skors ramdani banyak dinasihati, dan orang tuanya pun mengungkapkan rasa kekecewaannya, tiba hari jumat ramdani ikut ayahnya sholat jum’at, saat itu Ramdani tersentuh dengan ucapan ustad saat khutbah Jum'at, yang mengatakan bahwa hakikat potensi buruk dalam jiwa manusia adalah ketika dikotori dengan kejahatan atau hal-hal yang sudah dilarang dalam agama.

Allah SWT berfirman :

QS.Asy-Syura/40 yang artinya,“ maka barang siapa memaafkan dan berbuat

baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang zalim.”

Dari kutipan Ustadz, saat khutbah jum’at, Ramdani tersadar akan kelakuan buruknya yang sangat tidak disukai teman, guru dan orang tua. Selesai sholat jum’at ia pulang, dan langsung menghampiri kedua orang tuanya dan meminta maaf atas semua kesalahan yang diperbuat.

Keesokan harinya di sekolah, dengan keberaniannya ia menghampiri semua anak yang dibully dan guru untuk meminta maaf atas semua perlakuan buruk nya di sekolah, dan mulai saat itu ramdani berubah dan ingin memberikan prestasi yang membanggakan untuk orang tua dan sekolah.

Hari berlanjut, adi dan Ramdani mulai akrab dan saling mensupport dalam kegiatan positif, ramdani mengikuti lomba basket dan badminton, ia sangat bersemangat untuk Latihan, sehingga membuahkan hasil kemenangan, hingga orang tua, teman dan gurunya bangga terhadap prestasi ramdani.

Bulan Ramadhan yang membawa kemuliaan, berkah, dan hidayah, pentingnya mensucikan hati dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan, dari perubahan Ramdani semua anak dapat belajar bahwa sikap seseorang bisa berubah menjadi lebih baik jika ada keinginan serta doa dari orang tua dan sekitar.

God, help me to be kind and patient

Naylah Zahirah

Nama saya Naylah zahirah alatas, lahir di Jakarta, 29 september 2010, saat ini saya bersekolah di MTsN 6 Jakarta, alamat e-mail saya adalah [email protected] , dan nomor whatsaap saya 087800097257

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post