Naurah Shifa Nadia Rahmah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Raih Prestasi Dengan Literasi Digital
memanfaatkan tehnologi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan merupakan suatu tuntutan zaman yang semakin maju dan berkembang.

Raih Prestasi Dengan Literasi Digital

Raih Prestasi Dengan Literasi Digital

Halo, nama saya Naurah Nadia Rahmah, yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 8 Maret 2010. Saya adalah pelajar di SMPN 1 Mayang dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler Pena dan Kertas, yang secara tidak langsung telah memberikan wadah bagi kami siswa-siswinya untuk dapat menyalurkan ketertarikan dalam dunia literasi, seperti menulis dan membaca. Namun dalam hal ini penulisan essay merupakan hal yang pertama dalam kehidupan saya. Namun memiliki kesan yang sangat mendalam karena dapat menyelesaikan penulisan essay ini dengan amat sangat baik. Dan dalam hal ini pula saya menyadari bahwasanya penulisan ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu perlu adanya kritik dan saran agar tulisan ini dapat menjadi lebih baik.

Prestasi adalah sesuatu yang sangat didambakan oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi ini. Namun dalam praktiknya masih banyak dari masyarakat khususnya di desa yang minim informasi mengenai adanya event ataupun ajang perlombaan baik yang diadakan oleh pemerintah maupun non-pemerintah. Padahal di zaman yang modern ini seluruh informasi dapat kita akses dan dapatkan dengan mudah di media sosial yang ada seperti Google, Instagram, Facebook, YouTube, dan berbagai aplikasi lainnya. Sehingga memang perlu adanya kesadaran bagi umat manusia bahwasanya kemajuan teknologi ini telah menawarkan dunia dalam satu gengamanya.

Kemajuan zaman yang telah memanjakan umat manusia untuk dapat melakukan akses internet yang sangat luas, ternyata juga sejalan dengan adanya dampak baik dan buruk. Dengan adanya kemajuan teknologi ini seluruh manusia sangat ketergantungan pada smarthphone yang seolah dunia telah ada pada genggamanya. Dengan kecanggihan teknologi ini semua hal dapat diakses dengan mudah tanpa ada batasan. Maka dengan tidak adanya batasan bagi seseorang untuk mengakses internet, perlu adanya kebijaksanaan agar terhindar dari segala bentuk dampak buruk.

Kebijaksanaan berteknologi dalam hal ini dapat diartikan dengan adanya kesadaran mengenai modernisasi edukasi seperti literasi digital. Literasi digital adalah salah satu komponen dalam lingkungan belajar, akademis, dan profesional. Literasi digital adalah pembelajaran dan kemampuan untuk berpikir inovatif dengan mengkolaborasikan antara Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Literasi digital juga memudahkan segala bentuk aktivitas belajar dan akses informasi melalui komputer atau bisa juga menggunakan smartphone bagi siswa-siswi yang ada di lingkungan sekolah. Sehingga dengan adanya kolaborasi antara teknologi dan ilmu pengetahuan, maka secara tidak langsung akan terwujud sekolah dengan siswa – siswi yang berprestasi.

Pemanfaatan teknologi digital ini sebenarnya sangat baik untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Tetapi masih sering orang tua ketakutan jika putra putrinya menggunakan gawainya untuk belajar, mereka para orang tua masih ketakutan karena khawatir anaknya menyalah gunakan gawainya untuk bermain game atau mengakses berita atau gambar-gambar yang kurang pantas bagi anak-anaknya. Karena itulah pentingnya peran orang tua dan lingkungan sekitar anak untuk mengedukasi baik buruknya teknologi.

Manfaat positif literasi digital salah satunya bisa meningkatkan kemampuan di dunia internet. Kita bisa memanfaatkan internet dengan lebih menyeluruh dan maksimal. Misalnya menyaring informasi hoax, berselancar mengetahui dunia luar sehingga wawasan kita semakin luas. Meningkaatakan kemampuan untuk menjadi individu yang kritis dan di jaman sekarang pun kita di sekolah juga belajar menggunakan internet untuk mencari literasi pelajaran. Begitu banyaknya manfaat positif dari literasi digital, sebagai siswa kita harus bijak dalam menggunakannya. Kita manfaatkan hal baik ini untuk meraih prestasi, untuk belajar, untuk mengenal dunia luar. Dengan teknologi dan literasi digital membuka jendela mata hati kita untuk menjadi siswa yang berprestasi. Maka dari itu perlu adanya kesadaran seluruh tenaga pengajar untuk dapat menerapkan sistem edukasi yang modern seperti halnya literasi digital.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap keren sekali pembahasanya

26 Mar
Balas



search

New Post