Nanda Putri Farradhia

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Jika Tidak Dipaksa, Tidak Akan Berhasil

Dari dulu aku sangat jarang membaca, lebih tepatnya tidak suka. Aku lebih suka menonton. Tetapi kehidupan ini segalanya memaksaku untuk membaca. Belajar jika tidak membaca, apa namanya itu? Kita harus rajin membaca. Mengerjakan segala sesuatu juga kita harus membaca dulu. Seperti aku akan menghadapi ujian sekolah bagaimana aku bisa mengerjakan soalnya, jika aku tidak membaca materinya terlebih dahulu. Jika aku ingin membuat kue, bagaimana kue itu akan jadi jika aku tidak membaca cara membuatnya. Dari sini bisa kita simpulkan secara singkat bahwa jika kita menginginkan suatu keberhasilan, baiknya kita rajin membaca.

Secara tidak langsung isi dari kepala orang yang rajin membaca dengan yang tidak pasti sangat berbanding sekali. Aku sendiri tidak ingin menjadi orang yang isi kepalanya kosong dari segala ilmu. Kemauanku sendiri mengharuskanku untuk membaca. Apalagi kali ini aku bersekolah di sekolah model literasi, MTsN 02 Jember. Kelasku juga menjadi pelopor terbanyak untuk lomba menulis. Setiap bulannya aku harus menyetor tulisan. Lagi-lagi darimana aku bisa menghasilkan tulisan jika aku tidak membaca dan mencari inspirasi terlebih dahulu. Karena kebiasaan itu, membaca sudah menjadi hal yang tidak lagi jadi paksaan bagiku. Meskipun kadang kala merasa sangat malas untuk membaca.

Aku tidak akan berniat untuk membuat masa depanku hancur. Daripada aku harus mengulang segalanya dari awal jika ada kegagalan nantinya, lebih baik aku belajar hingga lelah untuk hasil yang pasti. Bagaimana juga aku bisa berkembang dengan dunia sekarang ini jika aku tidak sering membaca informasi. Bisa-bisa aku tenggelam dari ribuan orang pintar di sekitarku. Mana mungkin aku akan bersaing dengan isi otak yang kosong. Aku juga akan bersaing untuk mendapatkan sekolah impianku. Tentunya tidak mudah. Segala tes pasti akan mudah jika IQ kita tinggi. Karena dimasa lalu aku sudah sering menang lomba menulis. Aku berharap dengan hasil kerja kerasku dari membaca dan menulis akan memudahkan aku untuk daftar ke sekolah impianku nanti.

Selain itu aku juga sangat kagum dengan orang-orang yang sangat pintar menciptakan sebuah dialog. Orang-orang yang pintar memberikan sebuah solusi, dan dapat membantu orang lain. Ada rasa ingin seperti mereka. Tetapi aku yakin bahwa semua yang terucap dari mulut mereka adalah cerminan isi dari otak pintar mereka. Dengan segudang ilmu dan pengetahuan mereka. Tidak hanya itu. Aku juga kagum dengan orang yang bisa menciptakan sebuah buku, novel. Indah sekali karangan mereka. Hebat sekali imajinasi mereka dalam merangkai kata demi kata hingga menjadi ribuan kata yang ada dalam satu buku itu.

Aku ingin kecanduan membaca. Sehingga aku dapat mengisi waktu kosongku dengan membaca. Dengan hal positif, dan dengan hal yang bermanfaat bagi diriku sendiri juga. Mungkin saja aku bisa mengikuti karir seperti orang yang aku kagumi karyanya. Aamiin. Tentu tidak mudah untuk menggapainya. Asalkan kita rajin, usaha, dan mempunyai niat, insyaAllah semua tidak ada yang tidak mungkin. Mungkin ini bisa jadi langkah awalku untuk bisa menjadi seperti mereka, dengan rajin mengikuti dan menang lomba menulis.

Di kamarku, 19 April 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post