Naisya Nabilah Agatha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bacalah Meskipun Hanya Satu Kalimat

Bacalah Meskipun Hanya Satu Kalimat

Bacalah Meskipun Hanya Satu Kalimat

Oleh: Naisya Nabilah Agatha

Halo teman-teman semua! Sudah lama aku tidak menuliskan beberapa karya kecilku. Ya, benar hanya karya kecil. Tetapi, coba bayangkan. Jika kita memulai sesuatu secara perlahan-lahan, sedikit demi sedikit dan konsisten, lalu apa yang akan kita hasilkan? Akan mendapatkan hasil yang luar biasa tak terduga? Ya, benar! Kita akan mendapatkan sesuatu yang luar biasa tak terduga. Kita mungkin bisa lebih baik dari detik sekarang karena hanya melakukan hal yang kecil atau sepele.

Tentu kita tidak tahu apa yang akan terjadi di detik atau menit kedepannya. Tetapi, selalu ingatlah pekerjaan baik akan menghasilkan yang baik, sebaliknya pekerjaan buruk mungkin akan menghasilkan yang buruk juga. Maka dari itu, mulai sekarang detik ini juga kita harus bisa merubah sifat kita yang awalnya hanya malas-malasan mencoba untuk menjadi seseorang yang produktif. Ini akan sangat memengaruhi kita untuk kedepannya loh teman-teman.

Salah satu hal kecil yang bisa kita mulai saat ini yaitu membaca buku. Pasti diantara kalian ketika mendengar kata-kata membaca buku langsung merasa bosan ya? It's okey guys, i feel you. Aku ngerti kok sama kalian, soalnya aku pernah ngerasain juga hehe. Rasanya berat banget ya baca-baca buku gitu. Rasanya males banget bikin ngantuk gitu kan teman-teman.

Tetapi, sebenarnya teman-teman membaca buku itu penting banget loh. Meskipun hanya satu kata aja itu ngaruh banget buat kita. Ngaruhnya dalam segi apa sih? Jujur banyak banget sih teman-teman, bisa dari segi pengetahuan, pengalaman, pendalaman, pengembangan, dan masih banyak lagi deh pokoknya. Membaca satu halaman aja secara konsisten setiap hari kalian akan pasti beda dengan orang lain. Bedanya kalian akan memiliki pengetahuan yang lebih luas dari mereka. Keren banget kan!.

Nah, bagaimana sih cara agar kita itu tidak malas untuk membaca? Caranya yang paling sederhana adalah membiasakan untuk membaca hal-hal yang ringan. Jadi, teman-teman kalau memang belum hobi baca coba deh mulai baca buku yang ringan-ringan dulu aja. Bisa buku cerita inspiratif dan lain-lainnya yang bisa meningkatkan pengetahuan atau wawasan kita.

Teman-teman tidak perlu keburu baca buku yang berat-berat. Maksudnya berat itu misal kita membaca buku yang lumayan menguras otak kita untuk mencerna apa yang kita baca. Misal kita baca tentang politik. Nah, misal di situ ada istilah kata yang sulit untuk dimengerti nih kan jadi pusing ya nantinya teman-teman. Ada saatnya nanti kita akan terbiasa membaca buku sehingga kita akan ketagihan untuk membaca terus. Kalau sudah ketagihan kita biasanya baca yang mulai berat-berat gitu.

Coba deh mulai sekarang ubah mindset atau pola pikir kita mengarah kepada hal-hal yang positif. Contohnya ya itu tadi yaitu, membaca buku. Dengan sering membaca buku masa depan kita terjamin cerah. Kenapa? Karena jelas kalau orang sering membaca buku dia pasti akan memiliki banyak pengetahuan atau wawasan yang mungkin tidak dimiliki atau diketahui oleh orang lain.

Untuk usia remaja seperti kita ini alangkah lebih baiknya kita menyisihkan waktu untuk rutin membaca buku. Meskipun itu hanya satu kalimat atau bahkan satu kata. Kita tidak tahu manfaat apa kedepannya yang kita peroleh setelah membaca buku itu. Tetapi, aku yakin pasti ada manfaat-manfaat nantinya yang akan membantu kita. Mungkin diantara kalian ada yang pernah mendengar tentang investasi?. Atau mungkin belum tahu apa itu investasi?. Jadi, secara umum investasi adalah meluangkan atau memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan atau manfaat pada masa datang.

Nah, salah satu bentuk investasi terbaik kita pada usia remaja ini adalah membaca buku. Mungkin jika kita mendapatkan uang saku lebih alangkah baiknya kita menyisihkan uang itu untuk membeli sebuah buku. Ini adalah salah satu bentuk investasi itu tadi. Kita bisa membeli buku-buku yang akan merubah mindset atau pola pikir kita mengenai kehidupan dan lain-lainnya. Kita akan menjadi lebih dewasa dengan membaca buku seperti itu. Pikiran kita tidak lagi seperti pikiran anak-anak yang pikirannya hanya menguntungkan dirinya saat itu, bukan untuk masa depan.

Mari, bersama-sama kita meluangkan waktu untuk sering membaca. Meskipun itu hanya sebentar, dan hanya sedikit yang dibaca. Percayalah ini akan membantu kita untuk masa depan kita. Kita tidak mau kan masa depan kita terlihat suram. Kita semua ingin masa depan kita adalah masa depan yang cerah. Masa depan yang kita mimpi-mimpikan selama ini. Coba bayangkan betapa bersyukurnya kita ketika satu-persatu keinginan kita tercapai karena sering membaca buku. Jadi, mari kita ubah pola pikir atau mindset kita untuk hal-hal yang positif. Supaya akan membuahkan hasil yang positif juga untuk kedepannya.

Profil penulis:

Nama: Naisya Nabilah Agatha

Kelas: IX D

Sekolah: MTs NEGERI 9 JEMBER

Tempat, Tanggal Lahir: Jember, 3 Maret 2008

Alamat Email: [email protected]

No. Telepon: 085737388990

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post