Naisha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Buku Membuka Duniaku

Buku Membuka Duniaku

Buku Membuka Duniaku

Aku teringat, pernah aku mengambil suatu buku yang tampak menarik dari salah satu rak buku di rumahku. Ukurannya cukup besar dengan sampul berwarna putih dan terlukis sebuah Piramida di tengahnya. Pada bagian atas, tertulis judul yaitu ‘Mesir’ dengan huruf berukuran besar dan berwarna hijau. Buku tersebut sangat menarik perhatianku.

Sebenarnya sejak dulu aku tertarik dengan buku tentang Negara Mesir. Hal itu berawal ketika kelasku menampilkan drama bertema Mesir saat pembagian raport dua tahun yang lalu. Sejak itu aku tertarik untuk mengetahui kehidupan di sana.

Aku pun melangkah masuk menuju kamarku. Sembari duduk di bangku belajar, kubuka satu persatu lembaran buku. Ilustrasi yang sangat realistis, membuatku sangat suka buku tersebut. Selain itu penjelasannya yang sangat lengkap, hingga sudah berulang kali kubaca buku tersebut.

Sejak itu aku suka membaca buku tentang dunia. Aku merasa seperti benar-benar sedang menjelajah ke Negara di buku yang aku baca. Aku juga bisa mengetahui berbagai hal yang terdapat di seluruh dunia hingga ke pelosok-pelosok. Menurutku itu saja sudah membuatku merasa cukup dan sangat puas. Bagaimana ya jika benar-benar bisa pergi ke sana? Wah pasti sangat menyenangkan.

Sesuai pepatah yang mengatakan “Buku adalah jendela dunia”, di mana kita bisa menjelajahi dunia tanpa melakukan perjalanan. Hanya dengan membaca sebuah buku, kita bisa mengetahui berbagai wawasan di berbagai wilayah tanpa pergi langsung ke sana.

Ketika membaca sebuah buku, terkadang aku suka mencatat pengetahuan ataupun hikmah yang bisa kuambil dari buku tersebut. Selain itu, aku juga mencatat hal-hal yang menurutku menarik. Misalnya hal-hal penting yang harus diperhatikan jika kita berkunjung ke sebuah negara serta tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di negara tersebut. Aku merasa hal itu akan bermanfaat bila suatu saat aku mengunjungi negara itu.

Selain membuat kita menjadi tahu berbagai wawasan dan rahasia tentang dunia nyata, buku juga bisa membuka dunia imajinasi. Seperti kita tahu, ada berbagai macam jenis buku. Ada jenis buku yang menggunakan ilustrasi untuk menceritakan isi buku tersebut, misalnya buku bergambar dan komik. Ada juga buku dengan sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada ilustrasinya. Buku-buku tersebut dapat membuka dunia imajinasi. Karena buku yang tidak bergambar dapat merangsang kreativitas kita untuk membangun imajinasi dalam otak kita.

Karena tidak ada ilustrasi yang menceritakan isi buku tersebut, secara tidak langsung kita akan menggambarkan isi cerita tersebut di dalam pikiran dengan gambar-gambar kita sendiri. Mulai dari tokoh, latar belakang, hingga hal-hal kecil lainnya. Dengan itu kita sudah membuka dunia imajinasi yang dapat membuahkan manfaat bagi kita, salah satunya yaitu meningkatkan kreativitas.

Biasanya buku fiksi dengan ilustrasi yang sedikit, atau nyaris tanpa ilustrasi, dapat membuat pembaca membuka dunia imajinasi. Dengan menceritakan objek yang sedang dibicarakan secara detail, para pembaca akan merasa masuk ke dalam alur cerita tersebut. Tergambar dalam pikiran suasana latar belakang cerita, keadaan lingkungan sekitar, wajah para tokoh, semua hasil kreativitas otak kita dalam berimajinasi dari cerita yang disajikan. Pembaca lalu akan terbawa alur cerita dan menyukai cerita buku tersebut.

Jadi dari ceritaku tadi, kita bisa tahu kan, dengan membaca buku terasa dunia seperti dalam genggaman. Buku bisa memberi wawasan yang kita tidak tahu sebelumnya dan seperti yang kubilang tadi, buku juga dapat membuka dunia imajinasi.

Tentang Penulis

Hai! Perkenalkan namaku Naisha Syifa Ramadhani. Aku lahir di Cimahi pada tanggal 5 September 2010. Sekarang aku duduk di kelas 4 SD Firdaus Percikan Iman, Kab. Bandung Barat. Hobiku adalah membaca buku, melukis, menggambar, dan sekarang aku juga suka menulis. Kalau kalian mau berkorespondensi, boleh hubungi aku ke email [email protected] ya. Terima kasih!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post