Naisha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar yang Menyenangkan Saat di Rumah Saja

Belajar yang Menyenangkan Saat di Rumah Saja

Desember 2019, dikabarkan muncul virus baru dari Wuhan, China. Yaitu virus corona atau covid-19. Saat itu Indonesia belum dilanda virus tersebut. Bahkan aku masih berkegiatan seperti biasa. Hingga pada tanggal 2 Maret 2020, dikabarkan covid-19 masuk ke Indonesia. Namun aku masih sekolah dan beraktivitas seperti biasa, belum berdiam diri di rumah saja seperti sekarang.

Hingga suatu hari aku mendapat kabar dari sekolahku bahwa aku libur selama dua minggu. Yey! Di saat itu aku senang sekali, tak tahu apa yang sebenarnya akan terjadi ke depannya.

Dua minggu berlalu, tapi aku heran, mengapa sekolah masih saja daring? Ternyata sekolah dari rumah itu sangat membosankan sekaligus sangat melelahkan. Saat itu aku masih duduk di kelas 3 SD dan tugas sekolahku masih tetap banyak seperti saat sekolah luring. Namun aku masih mencoba menikmati saat-saat itu, aku bisa seharian di rumah. Masih belum merasa bosan meskipun aku tidak bisa pergi keluar rumah. Akan tetapi sejak Juli 2020 saat aku naik ke kelas 4 SD, tugasku makin sedikit. Katanya karena ada penyesuaian kurikulum dengan kondisi belajar daring. Aku merasa jadi memiliki lebih banyak waktu luang.

Lama-kelamaan aku menjadi rindu dengan sekolah, teman-teman, dan guruku. Aku tak bisa bermain bersama temanku lagi. Berbeda dengan dulu, ketika aku bisa bermain bersama dengan teman-teman tanpa khawatir akan terserang oleh covid-19. Aku rindu bersua dan bermain dengan teman-temanku.

Suatu hari, aku diajak oleh temanku untuk mengikuti virtual trip atau perjalanan virtual ke Jepang melalui live streaming di Youtube. Aku pun mengikuti kegiatan tersebut. Aku belajar banyak di sana, mulai dari pakaian tradisional Jepang, Bahasa Jepang, tempat-tempat wisata di Jepang, makanan khas di Jepang dan lain-lain. Perjalanan virtual tersebut sangatlah seru. Aku mulai berniat untuk mengikuti acara seperti itu lagi.

Setelah sekian waktu menunggu, aku belum mendapatkan informasi lagi mengenai perjalanan virtual lainnya. Sampai aku hampir lupa dengan keinginanku untuk mengikutinya. Hingga suatu hari, bundaku menawarkanku untuk mengikuti acara seperti itu lagi. Kalau tidak salah itu adalah perjalanan virtual ke luar angkasa. Namun perjalanan virtual kali ini melalui zoom meeting.

Hari saat perjalanan virtual pun tiba. Aku sudah sangat tidak sabar. Akhirnya acara tersebut pun dimulai. Aku mendapatkan lebih banyak pengetahuan baru. Mulai dari perbandingan ukuran manusia dengan benda-benda di luar angkasa, lalu mengetahui hal-hal yang ada di luar angkasa seperti black hole, berbagai nama galaksi, dan sebagainya.

Sejak itu, aku mulai membangun kembali niat yang sudah memudar dari diriku. Aku berkata pada bundaku, “Bun, nanti kalau ada kegiatan sepeti itu lagi, aku mau ikut, ya!”.

Setelah itu aku pun banyak mengikuti perjalanan virtual lainnya. Selain ke luar angkasa, aku juga mengikuti perjalanan virtual ke Belanda, Pakistan, Jepang (penyelenggaranya berbeda dengan yang sebelumnya), dan bulan ini rencananya aku juga akan melakukan perjalanan virtual ke Majene dan tempat-tempat bersejarah bagi umat Muslim.

Oh ya, selain perjalanan virtual, aku juga turut mengikuti beberapa kegiatan eksperimen sains yang dilakukan secara daring. Menurutku tak kalah menyenangkan dengan eksperiman sains yang dilakukan secara luring di sekolahku dulu.

Jadi, menurutku belajar di rumah saja itu tak selalu membosankan. Selama pandemi ini, kita bisa banyak belajar hal baru meskipun belajarnya secara daring di rumah saja. Kita bisa belajar dengan berbagai metode yang menyenangkan.

Meski begitu, aku tetap rindu bertemu dan bermain dengan teman-temanku. Kekesalan juga seringkali datang padaku. Mungkin itu karena aku jenuh, tak tahan berdiam diri di rumah.

Hingga saat aku menulis tulisan ini, yaitu tanggal 2 Maret 2021, Corona belum kunjung menghilang. Hari ini bahkan tepat setahun Covid 19 masuk ke Indonesia. Selamat ulang tahun Corona di Indonesia, semoga ini adalah ulang tahun pertama dan terakhir bagimu.

Tentang Penulis

Hai! Perkenalkan namaku Naisha Syifa Ramadhani. Aku lahir di Cimahi pada tanggal 5 September 2010. Sekarang aku duduk di kelas 4 SD Firdaus Percikan Iman, Kab. Bandung Barat. Hobiku adalah membaca buku dan sekarang aku juga suka menulis. Kalau kalian mau berkorespondensi, boleh hubungi aku ke email [email protected] ya. Terima kasih!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cerita nya bagus banget. Aku juga jadi pengen ikut tour virtual kayak kamu ')

05 Mar
Balas

Makasih Kak Tiara... Iya seru2 virtual trip-nya

08 Mar



search

New Post