Naili shobrina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pengaruh Perpustakaan Digital di Era Moderen

Pengaruh Perpustakaan Digital di Era Modern

Oleh: Naili Shobrina

Perpustakaan tradisional harus berubah menjadi perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki koleksi buku sebagian besar dalam bentuk digital yang bisa di akses melalui internet. Agar kita bisa mengakses informasi dengan mudah, cepat, dan berbagai cara. Tujuannya untuk mendorong generasi milenial yang awalnya tidak suka membaca menjadi gemar membaca. Perpustakaan moderen harus dapat mengikuti perubahan zaman karna perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan sudah mengikuti perubahan zaman dan pola pikir masyarakat.

Perpustakaan digital bisa memberikan dampak positif bagi diri kita. Apalagi dengan orang-orang yang suka membaca, karena dengan seringnya membaca maka pengetahuan kita lebih banyak dari pada orang-orang yang jarang sekali membaca. Di perpustakaan digital pasti masih menyimpan koleksi buku-buku lama, dan dengan adanya koleksi buku tersebut kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Kelebihan perpustakaan digital:

1. Minimnya kehilangan dan kerusakan buku.

2. Tidak memerlukan biaya yang banyak.

3. Dapat mengurangi biaya transportasi menuju ke perpustakaan.

4.dapat menggunakan perpustakaan digital kapan saja dan dimana saja.

5.Perpustakaan digital lebih menarik dan lebih memudahkan kita mengakses berbagai jenis literatur.K

Kekurangan perpustakaan digital:

1. Mengandalkan jaringan internet.

2. Tidak dapat merasakan suasana perpustakaan yang nyaman.

Dampak perpustakaan digital:

1.Banyaknya anak-anak muda yang ingin menjadi penulis.

2. Meningkatkan literasi anak bangsa.

3.Dapat menyebabkan radiasi karna lama menghadap layar komputer atau handphone.

Aku juga memiliki pengalaman tentang perpustakaan digital. Pada suatu hari aku mengisi waktu luang ku dengan membaca novel digital di aplikasi digital. Di aplikasi tersebut terdapat berbagai cerita yang bergenre romantis, horor, komedi,sejarah, dan sebagian.

Saat itu aku membaca cerita fiksi tentang kisah seorang laki-laki yang selalu di pandang sebelah mata oleh papanya dan menyembunyikan kesedihannyanya dari orang lain. Dari cerita yang ku baca aku mendapatkan pelajaran bahwa kita harus berbuat baik kepada semua orang walau pun orang tersebut menjahati kita dan orang lain tidak perlu mengetahui aib keluarga kita.

Kalau kata Mahen Algrafa:

"Ngeluh boleh,tapi jangan nyerah, kebahagian Lu masih jauh, jadi lu harus sampai di titik itu.

Dari cerita tersebut aku mendapatkan banyak kata-kata motivasi, salah satunya kita tidak boleh menyerah karna kebahagiaan kita pasti akan datang.

Jadi,dengan adanya perpustakaan digital membawa banyak manfaat bagi kita,dengan perpustakaan digital akan memudahkan kita untuk terus ber literasi dengan cara yang menyenangkan,berbagai macam wawasan dapat kita ambil dari berliterasi,maka dari itu,mari kita membaca,di manapun kita berada,mengisi waktu luang,dengan adanya perpustakaa digital menjadikan kegiatan berliterasi menjadi lebih mudah.

Dengan itu" mari kita membangun generasi yang cinta literasi"dan jika kita cinta literasi maka kita mampu "meraih masa depan cemerlang melalui perpustakaan".

Biodata penulis:

Saya Naili shobrina, bisa di panggil Naili. Saya bersekolah di MTsN 10 Jember, saya menempati kelas 9. Saat lahir di Jember pada tanggal 31-juli-2009. Alamat karangduren. Email [email protected] Nomor WhatsApp 081-930-118-290

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post