nadya zhafira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Teknologi dalam Kemajuan Prestasiku

Peran Teknologi dalam Kemajuan Prestasiku

Peran Teknologi dalam Kemajuan Prestasiku

Oleh : Nadya Zhafira

“Teknologi”, ya kata itu mungkin sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Menurutku, teknologi dapat diartikan dengan sebuah alat atau mesin canggih yang dapat membantu kegiatan kita sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman, kini teknologi telah memiliki banyak sekali macam dan jenisnya. Saat ini, hampir setiap hari dalam aktivitas yang kita lakukan selalu berkaitan dengan teknologi. Karena dengan adanya teknologi, maka aktivitas yang kita lakukan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Salah satu alat teknologi yang selalu kita gunakan sehari-hari adalah handphone atau sering disebut juga dengan gadget. Gadget merupakan salah satu alat teknologi yang sangat mudah untuk digunakan. Gadget bersifat fleksibel, karena bentuknya yang cukup kecil dan tipis. Di dalam gadget sendiri, memiliki banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan. Apabila kita dapat mengaplikasikannya dengan baik, maka kita juga akan mendapatkan manfaat baiknya.

Namun, apabila kita menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dengan tidak bijak, aplikasi-aplikasi itu malah membuat kita terjerumus ke hal-hal yang tidak kita inginkan. Salah satu contoh aplikasi yang kini marak dikalangan remaja adalah aplikasi TikTok. Aplikasi ini menyediakan berbagai video yang dapat kita tonton. Video yang diunggah oleh content creator di aplikasi ini berdurasi paling lama 1 menit. Video ini berisi hiburan, mulai dari konten yang bermanfaat, hingga ke konten yang menurut saya tidak bermanfaat bagi orang-orang. Namun, seiring berkembangnya zaman, aplikasi tiktok ini dapat membantu kita untuk mengetahui berbagai hal yang belum kita ketahui. Kini, sudah banyak sekali orang-orang yang membuat konten mengenai materi-materi pembelajaran dan video-video motivasi lalu diunggah ke aplikasi ini.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, jujur saya pernah mengalami yang namanya kecanduan dengan gadget. Saat itu, saya bisa menggunakan gadget lebih dari 12 jam sehari. Hal itu tidak hanya terjadi selama sehari, namun itu terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Waktu itu, saya kecanduan menggunakan aplikasi TikTok. Saat saya kecanduan dengan aplikasi tersebut, saya tidak merasa kalau saya kecanduan. Saya melihat aplikasi ini hanya untuk hiburan, sehingga saya merasa biasa saja dan seolah-olah tidak terjadi apa-apa dengan saya.

Hingga pada suatu hari, saya mulai merasa buram ketika saya melihat papan tulis di sekolah. Saat itu, saya masih tidak ingin memberitahu orang tua saya akan hal itu. Namun, lama kelamaan, saya sudah lelah menyipitkan mata hanya untuk melihat papan tulis. Akhirnya, saya memberanikan diri untuk memberitahu orang tua saya. Pada awalnya, saya sempat dimarahi karena saya sering bermain gadget terlalu lama. Namun, saya juga menyadarinya. Akhir-akhir ini memang saya terlalu lama menggunakan gadget.

Pada akhirnya, saya diajak kedua orang tua saya untuk periksa mata di salah satu optik yang cukup terkenal di kota saya. Disana, mata saya diperiksa secara detail. Di akhir pemeriksaan, dokter yang memeriksa saya mengatakan bahwa saya mengalami mata silinder dan disarankan untuk menggunakan kacamata. Tepat setelah dokter mengatakan itu, saya langsung merasa bersedih. Selama perjalanan pulang, saya hanya memikirkan, “kok bisa ya aku terkena silinder?”. Akhirnya, sesampainya dirumah, saya menyadari bahwa salah satu faktor utama saya terkena silinder adalah karena akhir-akhir ini, saya menggunakan gadget terlalu lama. Dari sinilah saya menyadari bahwa ternyata akhir-akhir ini saya telah kecanduan dengan gadget.

Setelah kejadian itu, kini saya sedang berada di fase mencoba untuk menggunakan gadget secara bijak. Saya memanfaatkan salah satu aplikasi yang sangat terkenal. Aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi TikTok, namun di aplikasi ini, tidak ada batasan waktu untuk satu video. Ya, saya memanfaatkan aplikasi YouTube untuk menambah wawasan saya.

Hampir setiap pagi, saya selalu menyalakan murottal Al-Qur’an dari aplikasi YouTube. Dari situ, saya terbiasa untuk mendengar murottal Al-Qur’an. Secara tidak sengaja, ternyata, setiap pagi, saya telah murajaah hafalan Al-Qur’an. Sejak saat itu, saya bisa merasakan hati saya menjadi tentram saat mendengar murottal Al-Qur’an itu.

Di sisi lain, saya menggunakan aplikasi YouTube untuk menambah dan mengasah pengetahuan yang telah saya miliki. Salah satu youtuber yang sering membagikan konten-konten bermanfaat dan memotivasi banyak orang adalah Jerome Polin, atau terkenal dengan nama channel YouTube nya Nihongo Mantappu. Dari konten-kontennya, saya bisa mempelajari banyak hal. Terutama, saya bisa belajar Bahasa Jepang. Saat ini, saya cukup mahir berbahasa Jepang karena channel youtube itu. Selain itu, sejak saya duduk di bangku SD, saya memang sangat minat di bidang akademik matematika. Minat saya ini juga diasah melalui channel youtube Nihongo Mantappu ini. Hingga saat ini, saya telah berhasil menguasai banyak sekali materi mengenai bidang matematika.

Selain itu, dengan adanya gadget, saya bisa menggunakan media sosial untuk mencari informasi mengenai lomba-lomba yang bisa saya ikuti. Apalagi semenjak adanya pandemi virus Covid-19, banyak sekali lomba-lomba yang dilaksanakan secara online. Dengan adanya media sosial, ternyata saya juga bisa menambah pengalaman dan meningkatkan prestasiku juga.

Dari sinilah, saya bisa menyimpulkan bahwa, semakin berkembangnya teknologi, seharusnya kita juga bisa semakin mengembangkan kemampuan dan prestasi kita. Namun, hal itu tidak mudah dilakukan oleh semua orang, apabila seseorang bisa menggunakan alat teknologi yang kini semakin canggih dengan tidak bijak, maka orang tersebut juga akan merasakan dampak negatifnya, begitupun sebaliknya.

Hai teman-teman!! Perkenalkan namaku Nadya Zhafira, atau kerap dipanggil Zhafira. Zhafira lahir di kota Jember, tepatnya di tanggal 25 April 2009. Saat ini, Zhafira tengah duduk di bangku kelas 9 MTsN 2 Jember. Nah, sekian dulu perkenalan singkat dari aku. Kalau ingin mengenal lebih jauh tentang aku, kalian bisa contact aku di akun instagram @callmennaaa atau bisa juga di akun email [email protected]. Stay healthy and stay happy yyaaa, see u semuaaa-!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post