Nadia Risma Akmal

Haiii semuaa-!! Nama saya Nadia Risma Akmal, kerap dipanggil Nadia. Saya tinggal di kota Jember. Saat ini saya bersekolah di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menempuh Pendidikan Untuk Raih Kesuksesan

Menempuh Pendidikan Untuk Raih Kesuksesan

Menempuh Pendidikan Untuk Raih Kesuksesan

Penulis: Nadia Risma Akmal

Sukses merupakan sebuah pencapaian yang sangat didambakan oleh semua orang. Definisi sukses menurut KBBI adalah berhasil atau beruntung. Untuk mencapai kesuksesan, tentu ada usaha demi usaha yang harus dilakukan, entah akan berjalan lurus sesuai keinginan, atau banyak rintangan yang akan dialami. Terlepas dari itu semua, ada sebuah faktor yang menjadi salah satu pendorong utama dari kesuksesan, yaitu Pendidikan. Pendidikan dapat dimaknai sebagai upaya untuk memajukan bertumbuhnya pendidikan budi pekerti meliputi kekuatan batin dan karakter, pikiran, serta tubuh anak. Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional mencetuskan 3 semboyan mengenai pendidikan yaitu, ”Ing Ngarsa Sung Tuladha” yang bermakna “sebagai guru atau pendidik harus bisa menjadi teladan untuk semua peserta didik”, “Ing Madya Mangun Karsa” yang bermakna “pendidik mampu menciptakan ide bagi peserta didik”, dan “Tut Wuri Handayani” yang bermakna “pendidik harus mampu memberikan motivasi dan arahan untuk peserta didik”.

Setiap orang tentu mempunyai keinginan menjadi pribadi yang sukses, namun mirisnya akhir-akhir ini, banyak anak-anak dan remaja yang tidak menempuh pendidikan karena lingkungan yang kurang sehat dan juga penghasilan ekonomi keluarga yang tidak mencukupi. Akibatnya, anak-anak yang tidak sekolah tersebut terjerumus ke dalam pergaulan bebas seperti merokok, mengamen, dan mengemis di jalanan karena kurangnya pendidikan. Kesuksesan yang mereka inginkan juga pupus karena kurangnya pendidikan. Lantas, bagaimana negeri ini akan maju apabila masih banyak para calon penerus bangsa yang tidak menempuh pendidikan?. Di sisi lain, terdapat anak-anak yang kesusahan mengakses jalan menuju sekolah karena akses jalan yang kurang memadai. Mereka rela menerjang jalan yang rusak dan bahkan arus banjir yang deras demi menempuh pendidikan. Saya berharap, pemerintah lebih mengedepankan masalah pendidikan ini demi menciptakan generasi penerus bangsa yang sukses dan dapat mewujudkan impian mereka yang tertunda.

Saat ini, pemerintah telah menerapkan Pendidikan wajib 12 tahun karena dampak pendidikan yang dihasilkan sangat besar untuk masa depan. Meskipun pendidikan memberi pengaruh besar dalam kehidupan seseorang, namun nyatanya tak sedikit masyarakat yang masih meremehkan manfaat dari pendidikan, padahal dengan adanya pendidikan, seseorang mampu mempelajari berbagai hal di dunia. Pendidikan bukan hanya tentang belajar membaca dan menulis, tetapi pendidikan juga sebagai tempat untuk kita belajar akan etika, akhlak, dan moral. Selain itu, pendidikan merupakan wadah untuk menambah wawasan dan pengetahuan seseorang. Pendidikan tentu sangat dibutuhkan, terlebih lagi jika melihat zaman sekarang yang semakin berubah dan perkembangan yang semakin maju, sehingga menuntut generasi muda untuk terus belajar agar bisa beradaptasi dan berinovasi kedepannya.

Dahulu saat Indonesia belum merdeka, pendidikan masih sangat minim, terutama bagi rakyat biasa, karena hanya rakyat berdarah biru yang dapat menempuh pendidikan layak. Minimnya pendidikan saat itu, menjadi salah satu faktor pemicu negara Indonesia belum merdeka. Tidak sedikit rakyat Indonesia yang masih terkurung dalam kebodohan akan ilmu. Oleh sebab itu, kita sebagai generasi penerus bangsa yang telah hidup terbebas dari penjajahan sudah sepatutnya untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin agar tidak termakan dalam kebodohan. Melalui pendidikan juga seseorang dapat mengangkat derajat keluarga, bahkan dapat berkontribusi membangun negara yang semakin maju. Terdapat banyak ilmuwan terkenal yang berhasil menciptakan dan mengembangkan hal-hal baru. Dibalik itu semua, tentu ada sebuah usaha yang mereka tempuh, salah satunya dengan pendidikan. Usaha tersebutlah yang harus kita terapkan dalam diri kita agar dapat meraih kesuksesan di masa depan. Mari tempuh pendidikan setinggi-tingginya, dan jangan biarkan impian kita menjadi pupus!

Biografi Penulis

Halo semua-!! Perkenalkan, nama saya Nadia Risma Akmal. Saya berusia 14 tahun. Saya lahir di kota Banyuwangi pada tanggal 19 April 2009. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di MTsN 1 Jember dan menduduki bangku kelas 8. Ini adalah essai ke-empat milik saya. Saya harap, essai saya ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Terima Kasih!

Nomor Whatsapp: 085607396412

Email: [email protected]

Instagram: ndya.raa_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post