Nabilatul Najah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pengalaman saat Pramuka

Pengalaman saat Pramuka

Pramuka, Momen tak Terlupakan

Oleh: Nabilatul Najah

Saat saya kelas 1 SD, saya tidak mengenal apa itu Pramuka. Saya belum pernah mengetahui sama sekali waktu itu. Ketidaktahuanku tentang pramuka begitu lama hingga aku duduk di kelas 4 Sekolah Dasar. Baru pada saat kelas 5 SD, saya baru tahu bahwa Pramuka itu sebuah organisasi yang juga berada di tingkat sekolah yang disingkat Praja Muda Karana. Untuk mengetahui lebih banyak tentang pramuka, saya mencoba mencari informasi di berbagai sumber buku bacaan. Saya pun baut baru tahu bahwa Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Ternyata, Pramuka itu tidak hanya ada di sekolah dasar saja, tapi di berbagai sekolah mulai tingkat dasar, menengah, atas serta di perguruan tinggi juga ada. Bahkan, di lembaga lembaga instansi atau kantor pemerintahan juga ada organisasi yang bernama Pramuka.

Mengikuti kegiatan Pramuka memang sangat menyenangkan. Saya sangat senang bisa bergabung dengan Pramuka. Saya pikir, Pramuka itu sangat sulit dan menakutkan. Ternyata, dugaanku salah. Mengikuti kegiatan pramuka itu tidak begitu asik dan dan menyenangkan. Saya banyak belajar dari kakak-kakak pembina pada waktu itu. Saya dilatih oleh kakak-kakak pengajar Pramuka Bagaimana seorang siswa menjadi anggota pramuka yang baik dan bijaksana serta memiliki kedisiplinan tinggi. Sejak saat itu, saya pun menikmati ikut Pramuka bersama teman-teman di sekolah dan juga teman dari sekolah lainnya.

Satu hal yang menarik dalam kegiatan pramuka bagiku adalah ketika mengikuti perkemahan. Saat saya masih kelas 5 SD, sekolahku mengadakan kegiatan berkemah bersama. Berkemah adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksanakan secara terbuka di lapangan. Kegiatan ini merupakan salah satu sarana atau media pertemuan untuk anak Pramuka. Bagi teman-temanku, mereka merasa sangat gembira saat mengikuti perkemahan. Saya pun mempunyai banyak temen dari teman SD lainnya. Kami bisa saling berbagi pengalaman dan kegiatan dalam bentuk pramuka.

Pada saat saya dan teman-teman sedang mengikuti perkemahan, kami diajari oleh kakak pembina bagaimana cara-cara mendirikan tenda serta mendirikan tenda yang baik dan benar. Pada saat malam telah tiba, semua siswa-siswi sedang berkumpul di tengah lapangan. Mereka sedang mengadakan upacara api unggun. Saat itu, api unggunnya sangat besar dan banyak kakak-kakak pembina dan anggota yang lain memberikan berbagai atraksi atau kegiatan dalam rangka memeriahkan perkemahan tersebut. Hingga tak terasa, malam pun semakin larut. Seluruh anggota beristirahat di dalam tendanya masing-masing.

Esokan harinya, kemahpun berakhir. Saya dan teman-teman melakukan kegiatan bersih-bersih dan senam pagi. Kami semua sangat senang dan gembira. kami mendapatkan banyak pengalaman baru dari teman-teman SD yang lain. Menurutku, mengikuti kegiatan pramuka khususnya perkemahan banyak memiliki manfaat. Manfaat yang saya rasakan adalah kekompakan dan kedisiplinan. Kita diajarkan bagaimana ketika kita mendirikan sebuah tenda. Tanpa bantuan teman-teman, kita sulit rasanya membangun tenda secara mandiri atau sendiri. Selain itu, kedisiplinan sangat terasa pada saat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Siswa dituntut untuk mengatur waktu dan tidak boleh terlambat dalam mengikuti kegiatan perkemahan. Teman-temanku, Saya berharap di saat sekarang ini, semoga pandemi segera berakhir. Semoga kegiatan pramuka dapat kembali dijalankan seperti biasanya. Saya bangga dan suka mengikuti Pramuka.

Biodata:

Nama : Nabilatul Najah

TTL : Situbondo, 27-07-2008

Sekolah : SMPN 1 Suboh - Situbondo

Email : [email protected]

No. HP : 082139648300

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post