Muhammad Ataya Mahya Nadhif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaksimalkan Teknologi Membuahkan Prestasi

Memaksimalkan Teknologi Membuahkan Prestasi

Memaksimalkan Teknologi Membuahkan Prestasi

Oleh : Muhammad Ataya Mahya Nadhif

Pada zaman sekarang ini, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Mungkin zaman dulu hanya beberapa orang saja yang dapat memiliki handphone. Tetapi, pada masa sekarang hampir semua orang memiliki barang itu, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Perkembangan teknologi memberi banyak dampak positif, seperti mempermudah pekerjaan. Namun, pastinya teknologi juga tidak terlepas dari dampak negatif.

Teknologi sering kali disalahgunakan oleh banyak orang, khususnya oleh anak-anak atau remaja. Mereka menggunakan teknologi hanya untuk bermain gim atau kegiatan yang tidak ada manfaatnya. Bermain gim adalah hal yang wajar, tetapi mereka terlalu asik bermain. Mereka jadi malas untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti belajar. Saat diingatkan, mereka akan cenderung membantah. Hal seperti ini bisa terjadi karena kurangnya kontrol orang tua dalam penggunaan gadget pada anak.

Dulu aku juga salah satu anak yang kecanduan bermain gadget. Aku bisa menghabiskan belasan jam hanya menatap layar handphone atau komputer. Aku bisa jadi seperti itu karena saat pandemi aku melakukan pembelajaran secara online. Namun, setelah masuk MTsN 2, aku jadi tidak bisa berlama-lama bermain handphone atau komputer. Aku tidak memiliki banyak waktu untuk bermain gim selama berjam-jam, karena masih ada tugas.

Pada Agustus 2022, aku mulai belajar cara menulis. Saat itu temanya tentang kemerdekaan dan tulisannya berupa puisi. Akhirnya aku membuat puisi, lalu mengirimnya ke link lomba MediaGuru. Alhamdulillah, pada percobaan pertama aku bisa langsung menang. Setelah itu, aku menjadi lebih semangat menulis dan selalu mengikuti lomba setiap bulannya. Aku selalu menulis menggunakan komputer atau handphone. Akhirnya, aku dapat melakukan hal positif menggunakan teknologi. Dulu aku hanya bisa bermain gim, tetapi sekarang aku bisa menghasilkan karya. Bahkan aku bisa membuat buku solo, dan mengetiknya menggunakan komputer yang dulu selalu digunakan untuk bermain gim. Selain lomba menulis, aku juga pernah mengikuti lomba Matematika online. Alhamdulillah, aku juga bisa menang lomba ini.

Selain mengikuti lomba, juga ada banyak hal positif lain yang bisa dilakukan dengan teknologi, seperti belajar. Pada era digital ini, kita bisa mengakses banyak informasi secara mudah. Maka dari itu, kita bisa belajar banyak hal menggunakan teknologi. Jika kita tidak mengerti suatu pelajaran, kita bisa mempelajarinya lagi melalui Google atau sumber lainnya. Selain Google, ada banyak aplikasi lain yang menyediakan layanan untuk belajar secara online. Diantara beberapa aplikasi yang menyediakan layanan tersebut adalah Ruang Guru dan Zenius.

Dari cerita itu, bisa dicermati jika bisa menggunakan teknologi dengan bijak, banyak sekali keuntungan yang didapat. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan teknologi. Kita harus bisa menggunakan teknologi dengan semaksimal mungkin. Kita harus bisa mengontrol penggunaan teknologi supaya mendapat dampak positif. Bukan kita yang dikontrol teknologi hingga kecanduan.

Biografi

Muhammad Ataya Mahya Nadhif, dilahirkan di Kabupaten Jember Jawa Timur pada 14 Oktober 2009. Ia adalah putra kedua dari Nugroho Hadi Prasetyo dan Ika Iffah Ilmiah.

Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di MTsN Jember 2 kelas VII H. Buku antologi yang pernah di tulis adalah “Merdeka” (2022), “Aksara Menjadi Karya” (2022), “Pemuda Harapan Masa Depan” (2022), “Guruku, Pahlawanku” (2022), “Untuk Cinta dan Kasih Sayangmu, Ibu” (2022), “Wujudkan Impianmu” (2023), “Stop Pergaulan Bebas! Fokus Berkarya untuk Masa Depan yang Cerah” (2023).

Ia dapat dihubungi melalui email: [email protected] dan No.Wa: 085230249084.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post