Muhammad Ataya Mahya Nadhif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesehatan Penunjang Keberhasilan

Kesehatan Penunjang Keberhasilan

Kesehatan Penunjang Keberhasilan

Oleh : Muhammad Ataya Mahya Nadhif

Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi semua orang. Tidak ada orang yang ingin dirinya terkena penyakit. Syukur kalau hanya penyakit ringan yang menyerang. Masih mudah untuk disembuhkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Beda halnya jika penyakit berat yang menyerang, seperti stroke, kanker, HIV, dan masih banyak lagi. Sangat banyak biaya yang dibutuhkan untuk menyembuhkannya. Terlebih lagi, kemungkinan besar kita hanya bisa terbaring di ranjang. Sehingga, kita tidak bisa melakukan apapun.

Meskipun kita hanya terjangkit penyakit ringan yang banyak dialami seperti flu dan batuk. Aktivitas kita sehari-hari tetap akan terganggu. Kita merasa sulit untuk bermain, bekerja, dan belajar. Misal, kita terkena flu dan harus mengerjakan sesuatu. Pastinya saat mengerjakan hal tersebut kita akan bersin-bersin dan menyebabkan pekerjaan kita akan terhambat. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus menerapkan pola hidup sehat. Salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat adalah mengatur pola makan dan mengisi piring dengan makanan yang kaya akan protein dan gizi. Selain itu, kurangi membeli jajanan yang kurang sehat. Biasanya jajanan seperti itu banyak ditemukan di sekitar sekolah dan banyak peminatnya, terutama kaum pelajar. Mereka sangat menggemari makanan tersebut karena harganya sesuai dengan kantong pelajar dan memiliki rasa yang enak. Padahal mereka tidak menyadari bahwa makanan tersebut mengandung zat-zat yang tidak baik untuk tubuh.

Selain sehat secara fisik, mental yang sehat juga penting. Karena fisik dan mental sudah menjadi satu kesatuan. Sehingga, meskipun fisik kita sehat, tetapi jika mental tidak sehat maka akan sama saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Mental yang tidak sehat dapat mengakibatkan stres dan menggangu pikiran kita. Beberapa penyebab mental kita tidak sehat adalah pengalaman traumatis dan kelelahan secara mental. Beberapa kegiatan supaya mental kita tetap sehat adalah melakukan hal-hal positif, menjaga hubungan sosial dengan baik, dan kegiatan-kegiatan yang dapat mengisi rohani.

Saat ini ada sebuah fenomena yang terjadi di kelasku. Banyak teman-temanku yang terkena penyakit. Hampir semuanya mengalami gejala yang sama yaitu, batuk, flu, panas, dan pusing. Dampaknya, mereka tidak bisa masuk sekolah dan akhirnya tertinggal materi pelajaran.

Berdasarkan pengalaman tersebut, para pelajar menjadi tidak bisa belajar dengan maksimal. Jika belajar saja tidak bisa, lalu bagaimana caranya mereka bisa mengembangkan diri dalam bidang lain? Padahal seharusnya waktu muda mereka digunakan untuk menjelajahi hal-hal baru dan bisa menghasilkan karya. Inilah permasalahan yang banyak dihadapi oleh pelajar di Indonesia.

Maka dari itu, sebagai pelajar kita harus lebih memperhatikan lagi tentang kesehatan. Teknologi semakin canggih, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari informasi terbaru seputar dunia kesehatan. Tidak lupa juga untuk menyebarkan informasi tersebut kepada orang-orang terdekat sebagai bentuk kepedulian.

Biografi

Muhammad Ataya Mahya Nadhif, lahir di Kabupaten Jember Jawa Timur pada 14 Oktober 2009. Ia adalah putra kedua dari Nugroho Hadi Prasetyo dan Ika Iffah Ilmiah.

Saat ini, ia sedang menempuh pendidikan di MTsN Jember 2 kelas IX H. Buku solo yang pernah ditulisnya adalah “Sketsa Alur Kehidupan.” Untuk antologi sudah belasan jumlahnya.

Ia dapat dihubungi melalui email: [email protected] dan No.Wa: 085172087501.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post