M. Syafiq Wildan Madani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Visit The School Library dengan TNGP

Visit The School Library dengan TNGP

Visit The School Library dengan TNGP

(Mengaktualisasi, Meningkatkan, Mengembangkan, Mengeksplorasi)

Oleh: M. Syfiq Wildan Madani

MAN 3 Jember, Jawa Timur

Visit The School Library, merupakan kunjungan ke perpustakaan sekolah. Banyak sekali manfaatnya, khususnya siswa. Kunjung Perpustakaan diperingati setiap tanggal 14 September. Dengan diperingatinya hari kunjung perpustakaan, diharapkan dapat membiasakan diri dan cinta membaca. Mengingat adanya pandemi yang dialami negara ini, tentunya kegiatan tersebut tak dapat dilakukan. Solusi tepat di masa pandemik, dapat melakukan kunjung perpustakaan online (digital).

Perpustakaan menurut KBBI V adalah tempat, gedung, ruang yang disediakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku dan sebagaiya. Di perpustakaan sekolah, tersedia berbagai macam buku bacaan. Diantaranya; buku pelajaran, buku fiksi dan non fiksi, ensiklopedi, dll. Dengan danya perpustakaan sekolah, diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Sebagai upaya menumbuhkan minat baca bagi siswa dan guru, serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Desain ruang dan penataan koleksi buku, akan berpengaruh pada kenyamanan pengunjung. Bila ruang asri dan kondusif, pengunjung pun akan betah dan nyaman membaca. Sehingga, tujuan adanya perpustakan tersebut tercapai. Saat berkunjung, ada tata tertib yang harus dipatuhi. Tentunya antar perpustakaan, tata tertibnya pun berbeda. Sesuai kebijakan pimpinannya. Saat kunjung perpustakaan, saya juga menjumpai adanya strutur organisasi perpustakaan yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Hal tersebut untuk memudahkan dalam pencapaian tujuan dari perpustakaan itu sendiri. Disinyalir dari https://duniaperpustakaan.com/2016/08/pengertian-dan-fungsi-perpustakaan-menurut-ahli.html, bahwa perpustakaan merupakan pusat pendidikan, pusat informasi, pusat penelitian, dan pusat rekreasi.

Jember, Jawa Timur, berada di level 2. Maka, pembelajaran tatap muka (PTM) dapat dilakukan. Otomatis kunjung perpustakaan pun juga dapat dilakukan. Tentunya menggunakan protokol kesehatan ketat dan telah vaksin. Kesempatan tersebut, saya manfaatkan dengan sebaik mungkin. Banyak manfaat dalam kegiatan kunjung ke perpustakaan sekolah, diantaranya.

· Mengaktualisasi diri.

Dengan membaca, kita peroleh ilmu pengetahuan dan wawasan. Sehingga, kita dapat menyadari akan kemampuan diri kita. Dapat memanfaatkan dan mengontrol berbagai potensi yang ada dalam diri untuk mencapai tujuan.

· Meningkatkan pengetahuan.

Dengan membaca, kita dapat mengupdate ilmu pengetahuan kita serta pertumbuhan dan perkembangan dunia. Janganlah pernah merasa puas dan pintar, sehingga kita selalu haus akan ilmu pengetahuan. Menatap jauh ke depan, demi masa depan yang akan kita lalui. Sehingga, kita memiliki tanggung jawab pada diri untuk terus belajar dan meningkatkan potensi diri.

· Mengembangkan kemampuan.

Dengan membaca, kita sedang berproses mencari dan mengetahui potensi, serta kebutuhan diri. Kita dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif, sehingga siap menghadapi tantangan, dan menjadi individu yang lebih baik.

· Mengeksplorasi diri.

Dengan membaca, kita dapat belajar dan memberdayakan diri untuk suatu perubahan. Selalu berusaha mengembangkan dan memperkaya kualitas dengan cara kreatif konstruktif.

Dokumentasi Pribadi: Perpustakaan MAN 3 Jember

Dukungan penuh adanya kunjungan ke perpustakaan sekolah dari plt. Kepala MAN 3 Jember, Bapak Drs. Mohammad Iskak, M.Pd.I., bahwa melalui kunjung perpustakaan sekolah, diharapkan tumbuh dalam diri cinta buku dan suka membaca, serta berkaryalah. Tebarkan kebermanfaatan dari karya yang dihasilkan. Maka, hidupmu akan ermanfaat dan dikenang sepanjang masa.

Dokumentasi Pribadi:

Bersama Kepala MAN 3 Jember, di Perpustakaan MAN 3 Jember

PROFIL PENULIS

M. Syafiq Wildan Madani adalah seorang anak laki-laki yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 6 September 2005. Dia adalah anak sulung dari dua bersaudara. Dia memiliki adik perempuan yang bernama Vina Dzakiyyatun Nisa’. Ibunya bernama Ummi Royhana, S.Pd., M.Pd.I., M.Pd. ayahnya bernama Masudi, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan dasarnya di MIN 2 Jember. Pendidikan menengah di MTs. Irsyadun Nasyi’in, Kasiyan Timur – Puger – Jember. Sekarang dia sedang menempuh pendidikan di MAN 3 Jember. Pelangi di Pesantrenku, merupakan karya solo perdananya. Beberapa antologi bersama pemenang lomba menulis, Aku Cinta Buku, Kami Rindu Bersua, Ramadan Ceria, Yuk Membuka Dunia dengan Buku, Aku Cinta Lingkunganku, Rumahku Istanaku, dan Bapak-Ibu Guru, Kami Rindu Bersua.

Dia dapat dihubungi melalui WA. 085204952649. E-mail [email protected].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post