M. Syafiq Wildan Madani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cinta Lingkungan melalui DKK

Cinta Lingkungan melalui DKK

Cinta Lingkungan melalui DKK

(Disiplin, Komitmen, Konsisten)

Oleh: M. Syafiq Wildan Madani

MAN 3 Jember, Jawa Timur

Lingkungan indah, bersih dan berseri adalah idaman semua orang. Bila lingkungan kotor akan menimbulkan penyakit. Bukan hanya itu, lingkungan kotor juga menimbulkan bencana alam. Seperti; banjir, tanah longsor, ataupun kebakaran. Bencana alam yang ditimbulkan akan berdampak pada manusianya. Kehidupan menjadi tidak nyaman.

Bila lingkungan bersih, tentunya kita akan nyaman dan kehidupan akan tenteram. Namun, perlu adanya usaha dan upaya untuk mewujudkannya. Perlu adanya gotong royong dan kerjasama dengan orang lain. Bila kita berupaya sendirian, tentunya nihil hasilnya. Akan tetapi, perlu dimulai dari diri sendiri untuk melakukannya. Sehingga dapat memberikan contoh kepada orang lain.

Sebagaimana ajaran islam yang tertuang dalam hadits bahwasannya “kebersihan itu sebagian daripada iman.” Dampak positif dari menjaga kebersihan antara lain.

· Udara yang kita hirup bersih dan segar, badan kita menjadi sehat.

· Terhindar dari kuman yang menyebabkan penyakit pada tubuh kita.

· Indah dan nyaman dipandang mata.

· Sebagai terapi pikiran agar terhindar dari kejenuhan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan lingkungan indah, bersih dan berseri, yakni dengan DKK (Disiplin, Komitmen, Konsisten).

1. Disiplin

Terkadang sulit untuk mendisiplinkan diri. Namun, perlu keinginan yang kuat untuk melakukannya. Disiplin yang aku lakukan dalam hal ini adalah dengan tepat waktu melakukannya. Menyapu dan menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Memisahkan sampah organik dan anorganik, sehingga mudah untuk mendaur ulang. Sampah organik dapat kita gunakan untuk pupuk tanaman. Sedangkan sampah anorganik dapat kita pisah antara yang dibakar dan yang dapat didaur ulang. Sehingga, lingkungan kita terhindar dari banjir karena sampah.

2. Komitmen

Komitmen diperlukan untuk menunjukkan dedikasi tinggi terhadap tujuan. Bila kita suka akan lingkungan bersih, tentunya kita harus terlibat langsung dalam mewujudkannya. Komitmen yang aku lakukan, karena ingin hususnya lingkungan sekitar rumah tampak indah dan bersih. Sehingga, siapapun yang melihatnya akan suka. Berawal dari suka, maka lambat laun ia akan menirunya. Selain itu, kita perlu kerjasama dengan orang lain. Di lingkungan keluarga, kita dapat mengajaknya untuk menjaga kebersihan, menciptakan lingkungan indah dengan tanaman bunga, pohon, boga, atau sayur. Tanaman tersebut juga banyak manfaatnya.

3. Konsisten

Konsisten menurut KBBI adalah tetap, selaras, sesuai. Dalam menjaga lingkungan sekitar, perlu adanya konsisten. Apa yang menjadi kesepakaan bersama, maka perlu kita laksanakan. Berbagi dan saling kerjasama akan meringankan tugas kita. Selain itu kita dapat hemat waktu, sehingga waktu yang tersisa dapat digunakan untuk kegiatan lain yang bermanfaat.

Cinta lingkungan melalui DKK (Disiplin, Komitmen, Konsisten), akan meminimalisir akan terjadinya bencana alam dan polutan. Dengan kata lain, melalui DKK (Disiplin, Komitmen, Konsisten), akan tercipta lingkungan yang bersih, indah, nyaman, sejuk dan sehat.

PROFIL PENULIS

M. Syafiq Wildan Madani adalah seorang anak laki-laki yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 6 September 2005. Dia adalah anak sulung dari dua bersaudara. Dia memiliki adik perempuan yang bernama Vina Dzakiyyatun Nisa’. Ibunya bernama Ummi Royhana, S.Pd., M.Pd.I., M.Pd. ayahnya bernama Masudi, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan dasarnya di MIN 2 Jember. Pendidikan menengah di MTs. Irsyadun Nasyi’in, Kasiyan Timur – Puger – Jember. Sekarang dia sedang menempuh pendidikan di MAN 3 Jember. Pelangi di Pesantrenku, merupakan karya solo perdananya. Beberapa antologi bersama pemenang lomba menulis, Aku Cinta Buku, Kami Rindu Bersua, Ramadan Ceria dan Yuk Membuka Dunia dengan Buku.

Dia dapat dihubungi melalui WA. 085204952649. E-mail [email protected].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Semoga barakah. Aamiin.

17 Jun
Balas

Keren. Semoga barakah. Aamiin.

17 Jun
Balas



search

New Post