Maulida Mys.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Siapa ya Penemu Internet? (Beserta Sejarahnya)
Siapa ya Penemu Internet?; THUMBNAIL>

Siapa ya Penemu Internet? (Beserta Sejarahnya)

Dalam kegiatan sehari-hari, pasti kita membutuhkan internet. Untuk melihat tugas, menonton youtube, bermain sosial media, dan banyak lagi. Internet sangat berpengaruh pada hidup kita apalagi saat pembelajaran jarak jauh ini. Kalau tidak ada internet, apa kalian bisa membuka saisabu.id? Tidak bisa tentunya. Karena, kita memerlukan internet untuk membuka blog sasisabu.id.

Bahkan, internet termasuk penemuan yang paling berpengaruh menurut situs yang kubaca. Yaitu saintif.com. Teman-teman sasisabu, penasaran gak sih sama penemunya? Simak berikut ini ya! Ingat jangan di skip karena ini bermanfaat banget buat kalian!

Penemu Internet

Leonard Kleinrock adalah seorang insinyur dan ilmuwan Amerika Serikat yang disebut sebagai Bapak Internet. Ia lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 13 Juni 1934 (umur 86 tahun). Seorang profesor ilmu komputer di UCLA Henry Samueli Sekolah Teknik dan Sains, ia membuat kontribusi penting beberapa bidang jaringan komputer, khususnya untuk sisi teoretis jaringan computer.

Ia dikenal karena kontribusinya dalam dunia jaringan. Karyanya yang paling terkenal dan signifikan adalah teori pertukaran paket melalui makalahnya pada tahun 1959 dan pada tahun 1961 tentang pertukaran paket dalam kaitannya dengan paket teknologi.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pendahuluan

Sebelum Internet muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah satunya adalah sistem telegraf yang sering kali dianggap sebagai pendahulu Internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas pada tahun 1990-an. Teknologi telegraf sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer modern pertama diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu menghubungkan maksimal dua perangkat.

Kejadian Penting

Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Keyword:

Penemuan Paling Berpengaruh di Dunia - Saintif.com

Sejarah internet - id.wikipedia.org

Leonard Kleinrock - id.wikipedia.org

Assalamualaikum, halo semuanya!

Kali ini, aku gabut aja sebenarnya, cuma kalo kalian baca sampe habis hebat banget sih! Dan artikelnya aku cuma copy paste, hehe..Nah, di artikelku ini membahas tentang Internet. Sebenarnya, penemunya gak cuma Leonard Kleinrock, ada lainnya. Cuma artikelnya berbahasa Inggris, dan aku agak males aja translatenya. Kalo mau tahu lebih lengkap, keyword (kata kunci) -nya sudah aku letakkan di atas yah! (Aku gak tau gimana cara copy link dari google kalo di laptop. Kalo di hp tentu tau)

Kalian suka artikel kaya gini gak? Kalo banyak yang suka, ya aku banyakin, kalo ga suka ya, gapapa. Btw makasih ya, sudah mempopulerkan artikel Horror Story! Makasih banyakkk! Lopp~ Jangan lupa bagikan artikelku yah!

Segini dulu ya, terima kasih buat yang sudah baca!

Wassalamualaikum,

HAVE A NICE DAY!🦋

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Huhu..ternyata tulisannya ada yang warna oren:( maap ya, soalnya aku juga copy paste dari google:D

20 Nov
Balas

Gak papalah, jadi bisa sekalian klik. Makin jelas deh

20 Nov

Oh...iya ya hehe:D

21 Nov

Hai salam kenal aku Radhwa

22 Nov
Balas

Halo Radhwa, salam kenal juga! Semoga suka artikelku yah^^

22 Nov

Waaah. Hebat. Jadi tahu nih aku

20 Nov
Balas

Makasih! Hehe...semoga bermanfaat ya♡

20 Nov



search

New Post