Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
  HATI HATI DALAM BERGAUL, PINTARLAH KAMU MEMILIH PERGAULAN
infinitees.id

HATI HATI DALAM BERGAUL, PINTARLAH KAMU MEMILIH PERGAULAN

HATI HATI DALAM BERGAUL,

PINTARLAH KAMU MEMILIH PERGAULAN

Oleh : Maqhfirotul Yulia Fajariyanto

Apa itu pergaulan bebas??

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pergaulan artinya proses bergaul, sedangkan bebas yaitu lepas sama sekali (tidak terhalang, terganggu, dan sebagainya), sehingga boleh bergerak, berbuat dengan leluasa, serta tidak terikat oleh aturan-aturan yang ada. Dengan demikian, pergaulan bebas dapat diartikan sebagai tindakan atau sikap yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tidak terkontrol dan tidak dibatasi oleh norma-norma atau aturan yang berlaku didalam masyarakat.

Di zaman modern saat ini banyak pola tingkah yang dilakukan para remaja seperti pergaulan bebas. Apa saja sih pergaulan bebas??? Pergaulan bebas diantaranya seks bebas, narkoba, kehidupan malam, minum-minuman keras, merokok, durhaka dan lain-lainnya. Pergaulan bebas sangat berbahaya bagi remaja, sebab, masa remaja adalah masa yang belum memiliki kesadaran untuk memilih mana yang salah dan mana yang benar. Pergaulan bebas bisa menjerumuskan remaja pada konsumsi narkoba, alkohol, maupun melakukan seks bebas. Untuk kasus seks bebas, perempuan memiliki nilai kerugian yang lebih terlihat karena dapat terjadinya kehamilan usia dini yang dapat menyebabkan melanggar aturan sekolah dan dikeluarkan. Selain itu, seks bebas juga harus diwaspadai karena dapat menyebabkan penyakit menular seksual yang mempengaruhi kesehatan seumur hidup.

Menurut buku LKS PJOK kelas 8, yang diterbitkan oleh VIVA PAKARINDO, Pergaulan bebas mempunyai faktor penyebab diantaranya, ketegangan identitas, kontrol diri yang lemah, keluarga yang tidak harmonis, serta teman seumuran dan komunitas atau lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.

Adapun dampak negatif dari pergaulan bebas seperti, merenggangkan hubungan antaranggota keluarga, ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang, menurunnya tingkat kesehatan, meningkatkan kriminalitas, menyebarkan penyakit, menurunnya prestasi, kurangnya nilai keagamaan yang ditanamkan dalam diri kita.

Masalah apa pun dapat diatasi, termasuk juga pergaulan bebas. Hal ini dapat diatasi dan dicegah dengan berbagai cara diantaranya memperbaiki cara pandang, menanamkan nilai-nilai agama, menjaga keseimbangan pola hidup, berkomunikasi dengan baik, sosialisasi tentang bahaya pergaulan bebas, jujur pada diri sendiri, menegakkan aturan hukum, dan kita harus banyak beraktifitas secara positif.

Menanamkan nilai-nilai agama, kita bisa melakukan dengan cara mengikuti kajian mingguan atau mengaji ke masjid. Dan kita bisa menyibukkan diri dengan beraktifitas hal positif seperti mengikuti ekstrakurikuler non akademik disekolah, semacam olahraga, teater dan sebagainya. Kita juga bisa mengikuti ekstrakurikuler akademik seperti bimbel yang ada disekolah kita masing-masing untuk bisa meraih prestasi. Dengan itu semua kita bisa terhindar dari pergaulan bebas.

Tetapi kita juga hati-hati dalam bergaul dengan orang sekitar, pintar-pintarlah kamu dalam memilih pergaulan. Bedakan mana yang baik dan yang buruk sebelum semuanya sudah terlanjur dilakukan. Itu semua tergantung pada diri kita sendiri untuk memilihnya. Pergaulan kita ini menentukan masa depan. Jika kita bergaul dengan orang yang baik, kita akan bersikap yang baik juga, masa depan kita pun baik, sebaliknya jika kita bergaul dengan orang yang salah atau buruk, maka kita bersikap buruk, dan pasti masa depan kita buruk.

Gaya berbicara orang disekitar juga perlu diperhatikan. Gaya berbicara yang sopan dan santun dalam bergaul lebih baik dari pada cara ugal-ugalan atau ketenaran semata. Jadi cobalah memberanikan diri untuk mengungkapkan apa yang ada didalam isi hati kita.

Riawani Elyta berkata “Kenalilah karakter positif yang kita miliki, pertahankan, dan upgrade karakter itu dengan banyak membaca buku-buku yang bermanfaat, senantiasa mendekatkan diri kepada ALLAH, agar pertolongan-Nya tidak akan pernah meninggalkan kita dalam kondisi se-desperate apa pun. Juga biasakan bergaul dalam lingkungan pergaulan yang sehat dan positif.” Dari situlah kita perlu menjaga diri kita sebaik mungkin dengan cara bergaul yang sehat dan positif.

Biodata Penulis

Halo nama aku Maqhfirotul Yulia Fajariyanto kalian bisa panggil Ifroh, aku siswi kelas IX SMPN 5 PAMEKASAN, aku tinggal di dsn.lombang, desa.buddagan, kabupaten pamekasan, provinsi jawa timur. Aku lahir di pamekasan, 08 Juli 2008. Aku ingin bercita-cita menjadi guru. Jika ada yang mau berkanalan denganku bisa saja hubungi aku dinomor 085334857668 atau DM di Instagram @hey_its.ifrh. Email ku [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post